Inilah Beberapa Role di Bidang UI/UX

Teknologi.id . March 27, 2018
Artikel ini merupakan repost dari artikel tulisan Dwinawan Hariwijaya. Baca artikel sumber.

Perkembangan teknologi saat ini menuntut suatu produk agar mudah dipahami dan digunakan oleh penggunanya. Untuk itulah peran UI/UX menjadi sangat vital sebagai penghubung kebutuhan pengguna dan juga tujuan suatu bisnis.

Di artikel kali ini kita akan berkenalan lebih dahulu dengan role atau posisi di bidang UI/UX.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk menjadi patokan, tapi hanya untuk referensi/gambaran mengenai role di bidang UI/UX.

1. UX Copywriter

Lihatlah desain di bawah ini, pilih mana desain yang membuat Anda nyaman?

Tentu desain yang kanan, karena kata kata nya memberikan Anda petunjuk.

UX Copywriter membuat teks pada website/aplikasi atau produk digital terasa bersahabat, informatif dan membuat user cepat menangkap pesannya tanpa kebanyakan berasumsi. Sehingga membuat user merasa percaya diri dalam menggunakan suatu produk


2. UX Designer (Interaction Designer)

Seorang UX Designer memikirkan bagaimana user menggunakan sebuah produk. Contohnya: Mereka memikirkan bagaimana agar orang nyaman membeli paket wisata hanya dengan beberapa klik.

UX Designer memikirkan bagaimana alur suatu produk terasa nyaman digunakan oleh pengguna.

Dalam membuat sebuah alur ataupun solusi tersebut mereka menggunakan berbagai cara. Mulai dari membuat wireframe, mengujikannya kepada orang orang, melakukan iterasi ketika dirasa solusi nya tidak tepat, dll.

Solusi yang didapatkan oleh UX Designer ini nanti nya akan dikomunikasikan ke stakeholder (UI Designer, Engineer, PM, dll) dan akan akan dikembangkan untuk menjadi sebuah produk ataupun fitur.


3. User Interface (UI) Designer

Saat menggunakan aplikasi digital seperti memesan paket wisata online, Anda akan dibawa melalui beberapa halaman hingga sistem menyatakan bahwa Anda berhasil memesan paket wisata tersebut.

Tugas UI Designer adalah mendesain halaman halaman tersebut, dan juga mendesain bagaimana interaksi setiap elemen yang ada di halaman sehingga Anda tidak kebingungan untuk melalui proses pemesanan paket wisata.

Sebelum mendesain halaman tersebut, seorang UI Designer biasanya bekerja dengan UX Designer untuk merancang alur dari proses tersebut.


4. Graphic Designer

Ketika Anda menggunakan suatu aplikasi/website, tentu Anda akan sering menemukan grafis yang cantik dan menarik mata yang membuat Anda nyaman menggunakan aplikasi tersebut.

Penggunaan grafik yang indah pada aplikasi Headspace, Duolingo, Marvel dan Nike Run Club

Dan kadang jika Anda melihat banner dengan desain yang cantik anda ingin sekali mengklik gambar tersebut.

Penggunaan Grafik yang indah pada website Bukalapak

Graphic Designer lah dibalik keindahan tersebut. Mereka membuat grafik cantik yang sesuai dengan brand perusahaan. Selain itu mereka juga membuat icons , marketing materials, dan hal lainnya.


5. UX Engineer

UX Engineer bisa dikatakan sebagai penghubung antara design dengan development. Mereka mengubah design menjadi sebuah prototype yang digunakan untuk keperluan uji coba. Yaitu tahap dimana mencari tahu apakah produk ini bisa digunakan dengan mudah atau tidak, sebelum masuk ke tahap development yang lebih dalam lagi.


6. Lead Designer

Ia adalah orang tua dari para designer. Dan sebagaimana seorang orang tua, ia bertanggung jawab dalam perkembangan para desainer.

Lead akan dengan senang hati terjun untuk membantu designer yang sedang kesusahan dalam menghandle suatu project

Lead akan dengan senang hati membuatkan suatu tools yang akan mempermudah proses kerja para desainer

Lead akan dengan senang hati membuatkan suatu dokumentasi atau wiki, Sehingga para desainer akan dengan mudah mengakses informasi di satu tempat.

Dan sebagaimana orangtua, seorang Lead akan dengan senang hati mendengarkan curhatan dari para designer.


7. Product Manager

Sebelum membahas tentang role Product Manager, mari kita bahas tentang proses pembelian barang di online shop.

1. User melihat lihat barang yang ada 2. User mencari barang yang dia inginkan lewat fungsi search 3. User memasukkan barang ke keranjang belanja 4. User melakukan proses checkout 5. User melakukan proses pembayaran 6. User menunggu barang datang dari penjual
Dalam proses tersebut setidaknya ada 3 fitur besar: - Inventory (Menampilkan data barang dan proses pencarian) - Payment (Memproses pembayaran) - Operational/Shipping (Memproses informasi pengiriman barang)

Product Manager adalah orang yang Bertanggung jawab dalam setiap fitur tersebut. Biasanya setiap fitur di pegang oleh seorang Product Manager. Jadi dalam skema online shop diatas, setidaknya ada 3 orang Product Manager untuk proses pembelian barang.

Product Manager bertanggung jawab memastikan fitur berjalan lancar, dan juga memikirkan visi kedepan dari fitur tersebut, serta apa yang bisa dikembangkan dari fitur tersebut untuk mendukung tujuan bisnis perusahaan tapi tetap memenuhi kebutuhan user.


Setiap role diatas memiliki kesamaan yaitu selalu mempertimbangkan user dalam setiap proses pengambilan keputusan maupun proses eksekusi nya.

Karena UX bukanlah tanggung jawab satu orang, tapi UX merupakan tanggung jawab semua orang di perusahaan tersebut. UX is a team effort.

Sebenarnya masih banyak role di bidang UI/UX yang belum dibahas. Semoga kita bisa membahasnya di artikel berikutnya

Sekali lagi ini bukanlah suatu patokan. Bisa saja dalam 1 bulan kedepan setelah artikel ini ditulis akan terjadi penambahan role di bidang UI/UX ataupun terjadi penambahan job description di tiap role.

Hal ini mungkin saja terjadi karena industri bergerak dengan cepat sehingga orang orang di dalamnya juga dituntut untuk selalu menyesuaikan.

Yang musti menjadi PR bagi kita semua adalah jangan lupa untuk mengikuti perkembangan dan yang lebih penting adalah selalu mengupdate ilmu dan skill.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih banyak untuk Thomas Budiman , steve lianardo dan Ghani Pradita dalam penulisan artikel ini.
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar