Cara Pindahkan Chat WhatsApp ke Ponsel Baru Secara Manual

Cara Pindahkan Chat WhatsApp ke Ponsel Baru Secara ManualTeknologi.id – History percakapan/chat WhatsApp menjadi salah satu perhatian utama ketika kamu berganti dari ponsel lama ke ponsel baru. Entah itu chat penuh kenangan atau chat penting urusan pekerjaan, sehingga kamu benar-benar tidak ingin kehilangannya. Ada 2 cara pindahkan chat WhatsApp ke ponsel baru, yaitu via Google Drive dan secara manual.

Berikut ini kami bahas cara pindahkan chat WhatsApp ke ponsel baru secara manual yang bisa kamu coba.

Cara Pindahkan Chat WhatsApp ke Ponsel Baru Secara Manual

Selain secara otomatis via Google Drive, proses pencadangan dan pemulihan riwayat chat WhatsApp saat ganti ponsel juga bisa dilakukan secara manual. Situs resmi WhatsApp mencatat bahwa untuk itu kamu perlu mentransfer semua file ke hape yang baru dengan menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD.

Yang pertama-tama bisa kamu lakukan adalah mengecek apakah data-datamu tersimpan di kartu memory eksternal pada ponsel lama (folder/sdcard/WhatsApp/). Jika begitu, dan ponsel barumu juga akan menggunakan kartu memory eksternal sebagai penyimpanan utama, kamu bisa langsung memindahkan SD card tersebut dari ponsel lama ke perangkat baru.

Jika datamu tidak disimpan di folder/sdcard/WhatsApp/, situs WhatsApp menyebut besar kemungkinan data itu tersimpan di bagian penyimpanan internal smartphone.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan smartphone lama ke PC lewat kabel USB lalu masuk ke penyimpanan internal perangkat itu di bagian folder WhatsApp/Databases.

Baca juga: Cara Pindahkan Chat WhatsApp ke Ponsel Baru via Google Drive

Cara Pindahkan Chat WhatsApp kalau Kamu #2019GantiHape

Di sini semua data cadangan chat WhatsApp tersimpan disertai tanggal, semisal “msgstore-2018-12-29.db.crypt12”. Yang harus kamu lakukan adalah meng-kopi file macam itu dengan tanggal penciptaan paling baru dari hape ke PC. Akan ada pula file backup otomatis yang biasanya memiliki nama file semacam “msgstore.db.crypt12” di folder ponsel, tapi yang ini tidak perlu kamu utak-atik. Tak disarankan pula sembarangan mengubah-ubah ekstension crypt.

Cara Pindahkan Chat WhatsApp kalau Kamu #2019GantiHape

Baca juga: WhatsApp Hentikan Layanan di OS Lawas, Pengguna Diminta Upgrade

Langkah Berikutnya

Install WhatsApp ke hape barumu, tapi jangan dibuka dulu. Berikutnya hubungkan smartphone anyar itu ke PC via kabel USB. Karena WhatsApp sudah terinstall di perangkat baru, folder WhatsApp/Databases mestinya sudah ada. Tapi kalau belum, kamu bisa membuat folder “Databases” secara manual di dalam folder WhatsApp tersebut.

Berikutnya kamu tinggal mem-paste cadangan riwayat WhatsApp (yang sebelumnya sudah di-copy dari ponsel lama dan tersimpan di PC) ke dalam folder tersebut. Setelah beres, mulailah membuka aplikasi WhatsApp di perangkat baru dan verifikasi nomor teleponmu. Kamu mestinya akan mendapat notifikasi bahwa ada backup yang ditemukan dan kamu cuma perlu mengetuk Restore (Pulihkan).

Bagaimana kalau ganti hape dengan OS berbeda, semisal dari iPhone ke ponsel Android atau sebaliknya? Tanpa menggunakan aplikasi dari third party, yang memiliki risiko tersendiri, sejauh ini belum ada cara resmi untuk memindahkan chat WhatsApp dari OS berbeda.

Begitulah cara pindahkan chat WhatsApp ke ponsel baru, sangat mudah kalau kamu mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *