Apa Itu 'Gaming Burnout'? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Teknologi.id . October 27, 2020

What Are The Five Most Addictive Video Games? - Addiction Center
Foto: Addiction Center


Teknologi.id - Bermain game digital baik di platform konsol, PC, atau pun di HP merupakan kegiatan mengasyikkan yang mampu mengusir rasa stres dan kebosanan.

Namun pernahkah kalian mengalami kondisi dimana kalian merasa cepat bosan saat bermain game hingga tidak bisa menikmati serunya kegiatan bermain game tersebut?

Bila pernah, bisa jadi kalian mengalami yang namanya Gaming Burnout Syndrome. Apa itu Gaming Burnout Syndrome? Apakah berbahaya? Apa sebab terjadinya? Bagaimana cara mengatasi Gaming Burnout Syndrome agar tidak mengganggu aktivitas bermain game? Berikut ini Teknologi.id kupas tuntas tentang Gaming Burnout Syndrome.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Game Android

Pengertian Gaming Burnout Syndrome

Secara harfiah, Gaming Burnout Syndrome adalah sebuah kondisi di mana gamer merasa bosan bermain game sehingga membuat mereka mencari-cari game yang dirasa cocok untuk mereka mainkan.

Kondisi ini akan membuat mereka bergonta-ganti game sebelum game itu tamat. Selain itu, sindrom ini juga bisa diartikan sebagai kondisi di mana gamer bosan karena memainkan game-nya terlalu lama.

Irish 15-Year-Old's have Hearts of 60-Year-Old's
Foto: RTE

Intinya, Gaming Burnout Syndrome adalah kondisi saat gamer kebosanan dan tidak merasa senang memainkan sebuah game.

Kondisi ini tentu cukup memprihatinkan di mana seharusnya bermain game menjadi sesuatu yang menyenangkan bukan membosankan.

Sindrom ini terbilang cukup wajar dan tentunya hampir semua gamer pernah merasakan sindrom yang satu ini.

Baca juga: Tips & Trik Cara Main Among Us, Auto Win Tanpa Cheat!

Apakah berbahaya?

Karena memang wajar dan cukup sering terjadi, sindrom ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, kerugian yang didapatkan lebih dari segi waktu dan materi. Mengapa begitu?

Membeli game dengan uang yang tidak sedikit namun justru tidak kalian mainkan hingga tuntas, pastinya uang tersebut seakan sia-sia bukan?

2 Top Video Game Stocks to Buy in September | The Motley Fool
Foto: The Motley Fool

Selain itu, bila kalian mengunduh game dan bermain game menggunakan jaringan internet, tentu saja ada kerugian dari segi kuota internet yang digunakan. Meskipun beberapa tidak memakai kuota internet di rumahnya, namun sebagiannya lagi harus berusaha keras untuk mengunduh game yang mereka beli, mengunduh mod terbaru, serta memainkannya secara online. Ini adalah kerugian kedua yang kalian dapatkan jika terkena Gaming Burnout Syndrome.

Yang ketiga tentu saja adalah waktu. Bayangkan, berapa lama waktu kalian untuk sekadar jalan ke toko untuk membeli game ini atau melakukan top-up untuk membeli versi digital-nya. Jika kalian menggunakan jasa kurir, hitung, sudah berapa banyak jasa kurir yang kalian keluarkan?

Baca juga: Cara Ampuh Main Game Berat di HP Spek Kentang!

Penyebab Gaming Burnout Syndrome

Penyebab paling logis mengapa kalian mengalami Gaming Burnout adalah karena kalian telah memainkan terlalu banyak video game hingga bisa mengenali tiap klise, tiap mekanik, tiap pola gameplay yang ada di tiap game yang kalian mainkan.

Sebagai contoh, apabila kalian kebanyakan bermain game shooter, kemungkinan besar kalian tahu akan banyak musuh berdatangan di saat berada di tempat yang penuh cover. Atau ketika kalian kebanyakan bermain game horror, maka kalian telah mengantisipasi jumpscare ketika game memaksamu berjalan di koridor panjang dan tanpa musik.

5 Tipe Gamers ala Lenovo, Kamu Tipe yang Mana? — Skyegrid Media
Foto: Skyegrid Media

Singkatnya bosan video game atau Gaming Burnout ini terjadi ketika kalian terlalu menyenangi bermain game, hingga bisa bosan sendiri dengan apa yang kalian senangi karena sudah terlalu banyak memainkan game-game yang telah dirilis. Bahkan membuatmu hapal dengan setiap cabang yang akan terjadi pada game dari A sampai Z, serta membuatmu merasa bosan karena tak ada lagi kejutan yang akan menantang imajinasimu.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game, Ampuh!

Cara Mengatasi Gaming Burnout Syndrome

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika kalian merasa sudah bosan memainkan game. Kalian bisa melakukan kegiatan di luar rumah untuk mengusir kebosanan tersebut. Menjauhi game jika kalian bosan adalah hal yang wajib dilakukan. Kalian harus mengisi waktu luang kalian dengan hal-hal yang lebih baik dibandingkan hanya mengandalkan game saja.

Bukankah salah satu manfaat bermain game adalah mengusir kebosanan dalam melakukan kegiatan lain? Jadi, jika kalian justru bosan terhadap game, kalian bisa mengusir kebosanan tersebut dengan mengalihkan diri melakukan kegiatan yang lain.

Maka dengan mengganti aktivitas bermain game, gamer nantinya akan merasa kangen kembali untuk memainkan sebuah game. Harapannya, mereka bisa kembali menyelesaikan game yang mereka mainkan tanpa harus merasa bosan lagi.

10 Fun Things to do When You Are Sober | Steps to Recovery
Foto: Steps to Recovery

Selain itu, memainkan game-game ringan, tanpa adanya alur, tanpa misi yang terlampau sulit, juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi Gaming Burnout Syndrome. 

Game seperti Tetris tidak miliki cerita, misi, maupun mekanik gameplay yang kompleks, kalian hanya bermain menyusun balok membentuk satu garis penuh hingga kalian menyerah sendiri atau ketika seluruh balok tertumpuk sampai layar penuh.

Playing Tetris puts stress in its place | News | The Sunday Times
Foto: The Times

Dibalik kesederhanaan gameplay yang ada, game seperti Tetris memberikan relaksasi untuk membebaskan pemain dari kompleksitas dari game “besar” seperti Skyrim yang biasanya membutuhkan waktu agar menuju titik kesenangan untuk pemainnya.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler