7 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2019

Teknologi.id – Bahasa pemrograman terus berkembang. Bahasa baru terus muncul sementara yang lain terhapus oleh waktu. Namun, ada beberapa bahasa yang tidak akan hilang keeksisannya.

Apakah Anda berencana untuk mengembangkan aplikasi seluler, aplikasi desktop atau situs web ? Berikut ini adalah bahasa pemrograman yang harus Anda pelajari pada 2019 :

1. Python

bahasa pemrograman python untuk pengenalan gambar

Berada di bagian atas daftar ini seharusnya tidak mengejutkan. Semua orang mempelajari Python, seharusnya Anda juga. Jika Anda belum menguasai bahasa pemrograman ini, jangan khawatir, 2019 adalah waktu yang tepat untuk mempelajarinya.

Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari dan  diterapkan. Python menggunakan bahasa Inggris normal dan Anda dapat menguasai sintaks tanpa masalah. Mungkin ini menjelaskan mengapa Python berada di peringkat teratas bahasa pemrograman paling populer.

Kekuatan dan fleksibilitas bahasa pemrograman Python yang sudah tidak diragukan. Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan berbagai aplikasi. Di pasar kerja pun permintaan untuk programmer Python sangat besar.

2. C#

c ikon tajam

C# adalah salah satu bahasa pemrograman yang erus menjadi lebih baik dan lebih kuat seiring dengan berlalunya waktu. Anda dapat menggunakan C# untuk membuat apa saja. Baik situs web, aplikasi seluler, atau perangkat lunak PC, C# tidak akan mengecewakan Anda. Aplikasi yang didasarkan pada C# dapat dijalankan di semua platform (Android, iOS, Linux, dan Mac).

C# juga telah berevolusi seiring waktu dan tetap sesuai dengan tuntutan teknologi modern. Mempelajari C# akan membantu Anda membangun landasan yang kuat untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya.

3. Java

Bahasa Pemrograman Java

Jika Anda menginginkan bahasa yang lebih teknis untuk mengembangkan aplikasi yang kompleks, pertimbangkan untuk mempelajari Java pada 2019. Ini adalah bahasa serbaguna yang dikemas dengan banyak fitur luar biasa. Ada banyak kesamaan antara C# dan Java yang kelihatannya lebih teknis.

Anda dapat bergantung pada Java untuk membuat aplikasi yang dapat bekerja pada sistem operasi apa pun (iOS, Mac, Windows, Linux, dan Android).

4. JavaScript

Bahasa Pemrograman JavaScript untuk Hacker Etis

JavaScript tidak akan pernah hilang dari daftar bahasa pemrograman yang begitu kompetitif. Jika Anda ingin menjadi pengembang, Anda tidak akan bisa terhindar dari JavaScript. Anda akan bergantung pada bahasa ini untuk membuat situs web yang responsif dan interaktif.

Selain digunakan di sisi klien, JavaScript memiliki peran penting untuk digunakan pada server. Bahasa ini dikemas dengan kerangka kerja yang dibutuhkan dalam pengembangan web modern.

5. PHP

PHP

PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman yang harus Anda pelajari di tahun 2019. Anda tidak akan pernah menyesal untuk mempelajari bahasa ini. Ada banyak alasan mengapa Anda harus belajar PHP sebagai bahasa pemrograman populer untuk pengembangan web.

Dengan PHP, Anda akan dapat membangun situs web yang kuat dari awal. Lihatlah situs web populer seperti Facebook dan Twitter. Paham kan kekuatan PHP ? Kabar baiknya PHP adalah salah satu bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari. Memiliki sintaks yang sangat sederhana dan cara menggunakannya pun mudah.

6. Swift

Swift_logo

Bila Anda memiliki impian untuk membuat aplikasi untuk iPhone, Swift adalah bahasa pemrograman yang perlu Anda pelajari pada tahun 2019. Banyak bisnis yang berupaya untuk memiliki aplikasi iOS. Ini berarti bahwa dengan mempelajari Swift, keterampilan Anda akan sangat diminati. Banyak bisnis akan memanggil Anda untuk mengembangkan aplikasi iOS dan membayar Anda dengan sangat mahal.

7. Kotlin

Kotlin-logo

Bila Swift untuk iOS, Kotlin adalah untuk Android. Ini adalah bahasa pemrograman baru untuk pemrograman Android. Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi Android. Kotlin menjadi alternatif dari Java yang agak lebih sulit ketika diterapkan dalam pengembangan aplikasi Android. Lebih mudah dipelajari dan digunakan daripada Java.

Pelajari bahasa pemrograman di atas dengan tekun maka karir Anda sebagai programmer akan naik ke level yang lebih tinggi.

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *