5 Tips Penting Menjadi Android Developer yang Sukses

Tips Penting Menjadi Android Developer yang Sukses
Tips Penting Menjadi Android Developer yang Sukses

Teknologi.id – Faktanya, banyak orang yang mendalami Android Developer setiap tahunnya tetapi hanya sedikit dari mereka yang meraih kesuksesan dan berkemampuan menonjol di antara banyak orang.

Menjadi Android Developer itu gampang, tetapi menjadi Android Developer yang sukses tentu membutuhkan semangat, kerja keras, dedikasi, dan wawasan luas untuk bergerak ke arah yang tepat. Sistem operasi Android itu sesuatu yang besar dan kompleks, tidak ada jalan pintas untuk mencapai kesuksesan hanya dalam semalam. Tetapi jika kamu berusaha keras dan konsisten, kamu pasti bisa menjadi Android Developer yang sukses.

Kali ini Teknologi.id akan membagikan beberapa tips penting untuk menjadi Android Developer yang sukses, yang tentunya akan membantu dalam pembelajaran maupun karirmu. Simak ya!

5 Tips Penting Menjadi Android Developer yang Sukses

1. Jangan Coba Belajar Semuanya Sekaligus

Android memiliki ribuan fitur, metode, pustaka, pintasan, dan sumber daya lainnya. Jadi, pertama yang harus diingat, kamu tidak bisa mempelajari sepenuhnya dalam beberapa hari atau bulan.

Banyak orang hanya fokus mempelajari konsep-konsep baru tanpa mendapatkan pengalaman langsung. Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, maka lebih fokuslah untuk membuat aplikasi.

Setelah menyelesaikan dasar-dasarnya, langsung saja ke Android Studio. Dengan cara ini, kamu dapat menambahkan banyak aplikasi kecil ke portofolio-mu, memperluas wawasan dan mendorong kepercayaan dirimu.

2. Pahami Sistem Internal

Developer biasanya tidak suka memahami sistem internal. Mereka hanya ingin menulis kode, mengimplementasikan fitur baru, memperbaiki bug. dll. Tetapi jika kamu  ingin meningkatkan keterampilan sebagai Android Developer, hal ini akan sangat berguna. Setidaknya pahamilah kode framework Android dan bagaimana semuanya bekerja. Percayalah, ini akan banyak membantumu mengimplementasikan fitur baru dalam waktu yang lebih singkat.

3. Pelajari Pola Desain Java yang Baru

Ketika kamu terjebak dalam memecahkan masalah pemrograman yang kritis, pola desain dapat membantumu dalam membangun solusi yang cerdas. Meskipun tidak semua masalah mengharuskanmu untuk berpikir sesuai pola desain, tetapi penting untuk mempelajari setidaknya satu pola desain baru setiap bulannya.

Baca juga: 4 Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang iOS Developer

4. Maksimalkan Penggunaan IDE

Jika kamu hanya menggunakan IDE untuk menulis kode dan melihat hasilnya, lalu apa bedanya dengan editor teks biasa? IDE dapat melakukan lebih dari itu. Misalnya Android Studio, ia memiliki banyak fitur dan cara pintas yang berguna membantu meningkatkan produktivitas dan alur kerjamu. Explore-lah IDE-mu dan temukan cara untuk membuat pengembangan lebih mudah dan lebih cepat.

5. Rancang Aplikasi-mu dengan Baik dan Benar

Developer yang naif mungkin tahu konsep-konsep dan mampu menulis kode terstruktur dengan baik, tetapi kekurangannya adalah pengalaman untuk mempertahankan kode.

Kamu harus selalu menjaga logika fungsional, logika bisnis, tampilan, dan data aplikasi selalu terpisah menjadi beberapa lapisan. Kamu bisa mengadopsi arsitektur yang bagus seperti MVVM, MVP, Redux, dll sesuai persyaratan proyek. Ini akan banyak membantumu dalam mengelola dan menguji komponen dalam aplikasimu.

Baca juga: 7 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Seorang Software Developer

Kesimpulan

Semoga tips penting menjadi Android Developer yang sukses ini berguna untuk meningkatkan keterampilan pengembangan Android-mu. Jika kamu ingin meningkatkan level permainan Android-mu, kamu harus lebih baik daripada yang lain, tidak hanya dalam pengkodean tetapi juga dalam proses berpikir, pola desain, pemeliharaan kode, dan area penting lainnya. Semoga bermanfaat.

(DWK)

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *