5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk ‘Image Recognition’

Teknologi.id – Image Recognition atau pengenalan gambar adalah salah satu fitur yang mulai populer diterapkan di banyak perangkat dan program modern. Fitur ini memiliki berbagai penerapan, yang paling umum adalah untuk sistem keamanan. 

Pengenalan wajah atau face recognition adalah salah satu produk dari image recognition. Face Recognition memungkinkan perangkat untuk mengenali identitas seseorang atau objek hanya dengan gambarnya. 

Lantas, apa yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak yang memiliki fitur pengenalan wajah atau gambar? Kamu hanya perlu memprogramnya menggunakan bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa yang dapat kamu gunakan, berikut ini 5 bahasa pemrograman terbaik untuk image recognition.

1. Matlab

bahasa pemrograman matlab untuk pengenalan gambar

Matlab adalah bahasa pemrograman independen yang memiliki kerangka kerja sendiri. Bahasa pemrograman ini dilengkapi dengan berbagai alat yang dapat digunakan untuk menangani tugas-tugas pemrograman yang lebih teknis dengan mudah. Pengenalan citra dan pengolahan wajah adalah beberapa tugas yang dapat ditangani oleh Matlab.

Matlab menawarkan berbagai alat bawaan untuk perhitungan matriks. Sangat penting untuk dicatat bahwa pengenalan gambar dan perhitungan matriks berjalan seiring. Beberapa alat yang tersedia di Matlab dapat melakukan tugas pemrosesan gambar yang kompleks seperti memotong, memutar, dan menutupi yang lain.

Ada juga kode Matlab khusus untuk penerapan fitur pengenalan wajah. Kode ini menggunakan database AT & T. Untuk alasan ini, terlebih dulu harus mengunduh database AT & T sebelum menggunakan kode ini. Aplikasi pengenalan wajah yang paling canggih dibuat menggunakan Matlab.

2.Python

bahasa pemrograman python untuk pengenalan gambar

Saat ini, Python dinilai sebagai bahasa pemrograman paling populer . Kesederhanaan dan keserbagunaannya adalah beberapa alasan mengapa banyak programmer lebih suka menggunakannya. Meskipun sederhana, Python adalah bahasa yang dapat Anda andalkan untuk melakukan tugas-tugas kompleks. Bahasa ini dapat digunakan untuk membuat pemrosesan gambar dan fitur pengenalan.

Popularitas Python memang masuk akal. Bahasa ini dikemas dengan beberapa perpustakaan yang diperlukan untuk beberapa fungsi, di antaranya pengenalan gambar. Salah satu perpustakaan yang paling kuat dan efisien adalah perpustakaan Scikit-Learn Machine Learning . Selain pengenalan gambar, pustaka dapat digunakan untuk fungsi yang lebih cerdas seperti pengenalan wajah dan deteksi gerakan.

3. C / C ++ / C#

c ++
Bahasa pemrograman keluarga C memang benar-benar serbaguna. Mereka kuat dan dapat melakukan apa saja, termasuk menciptakan fungsi pemrosesan gambar dan pengenalan. Bahasa pemrograman keluarga C akan memberikan dua opsi untuk membuat fitur pemrosesan gambar. Kita dapat memilih untuk mengkodekan segala sesuatu dari awal di mana harus menulis kode secara manual. Pilihan kedua adalah menggunakan pustaka yang ada yang dirancang khusus untuk bahasa pemrograman ini. Perpustakaan-perpustakaan ini termasuk OpenGL , EmguCV , OpenCV, dan banyak lainnya. Mereka memiliki fitur pengolah gambar cerdas untuk pengenalan gambar.

4. Java

Bahasa Pemrograman Java

Seperti C dan C ++, kita tidak pernah bisa meremehkan kekuatan bahasa pemrograman Java. Bahasa ini cukup kuat untuk melakukan fungsi yang rumit. Bahasa ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi untuk pemrosesan gambar dan pengenalan gambar.

Sebagai bahasa pemrograman mandiri, kita dapat membuat fungsi pemrosesan gambar dari awal. Keuntungan dari metode ini adalah kita memiliki kontrol penuh terhadap fungsi tersebut. Atau, ada pustaka yang lengkap yang dapat dimasukkan ke dalam Java untuk tujuan menciptakan fitur pengenal gambar. OpenCV adalah salah satu pustaka yang kompatibel dengan Java.

5. OpenCV

OpenCV

Open Source Computer Vision adalah alat canggih yang digunakan untuk pemrosesan real-time. Ini juga merupakan alat cross-platform sehingga dapat diintegrasikan ke dalam bahasa pemrograman untuk tujuan menjalankan fungsi pengolahan gambar dan pengenalan. Ini dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman C, C ++, Java, Python dan Android.

OpenCV hadir dengan algoritma bebas paten yang dapat digunakan tanpa batasan hukum. Dapat digunakan untuk tujuan komersial maupun akademis. OpenCV memiliki kelas face recognition khusus yang dapat digunakan untuk menguji kemampuan fitur pengenal gambar tanpa kerumitan apa pun. Kelas disertai dengan dokumentasi kaya informasi yang akan menunjukkan bagaimana menerapkan fitur pengenal gambar. Secara keseluruhan, OpenCV adalah alat untuk pengenalan gambar terlepas dari bahasa pemrograman yang digunakan.

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *