4 Tips Terhindar dari Hacker dan Hoax di Tengah Wabah COVID-19

dialektika . April 16, 2020

Foto: SHRM

Teknologi.id - Hacker (peretas) dan hoax (berita bohong) adalah dua hal yang cukup serius menerpa masyarakat di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Peningkatan penggunaan internet hampir di seluruh dunia akibat penerapan kebijakan social distancing, physical distancing, dan work from home (HFH) membuat para penjahat siber dan sebaran hoax semakin merajalela dimana-mana.

Melihat kerentanan itu, perusahaan mesin peramban (browser) Mozilla Firefox memberikan 4 tips agar para pengguna terhindar dari peretasan dan sebaran hoax. Berikut cara menjaga privasi data di internet dari keterangan pers yang disebar ke media:

BACA JUGA: Salip Mozilla Firefox, Microsoft Edge Jadi Browser Terpopuler Kedua di Dunia

1. Sandi yang unik dan kuat untuk tiap akun


Foto: Ellwood Thompson's


Buatlah kata sandi akun yang berbeda untuk tiap aplikasi, dan tentunya unik. Jika kata sandi lemah dan sama untuk tiap aplikasi, hal itu membuat para peretas dengan mudah membobol akun sekaligus di semua akun.

Disarankan membuat kata sandi yang panjang (minimal 12-15 karakter) dan terbuat dari dua sampai tiga kata yang tidak berkaitan dengan kombinasi angka, huruf, ataupun simbol.

2. Jangan sembarang klik

Foto: B&T

Jika menemukan hal mencurigakan, jangan sembarangan mengklik tautan dan jangan masukkan kata sandi, kode otentikasi, atau informasi pribadi apapun. 

Malware dan phising merupakan bentuk ancaman dengan modus mengarahkan pengguna untuk memasukkan kata sandi dan informasi pribadi.

Tujuan dari kejahatan ini adalah agar para korban tanpa sadar memasukkan kata sandi ke dalam situs web palsu, mengunduh program malware yang dapat menginfeksi perangkat korban melalui lampiran seperti gambar atau dokumen, atau meminta korban untuk memberikan informasi personal yang lebih detail untuk dapat mengakses akun korban.


BACA JUGA: Lagi, 530 Ribu Data Pengguna Zoom Dijual Murah ke Dark Web

3. Periksa informasi COVID-19 di situs resmi

Banyak berita atau informasi hoax yang tersebar di internet mengenai Covid-19.

Beberapa tips yang perlu diterapkan yakni abaikan semua konten yang mengatakan bahwa penyakit tersebut telah direncanakan, buktikan semua gambar dan video yang beredar.

Selain itu, cek kembali data mengenai kasus, jumlah korban dan tingkat kematian, hindari usaha-usaha yang meremehkan ancaman dari penyakit tersebut, hindari membagikan metode pencegahan dan pengobatan penyakit tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan sumber resmi, dan cari info mengenai hal-hal yang belum diketahui.

4. Rutin perbarui software dan aplikasi


tips teknologi
Foto: Pinterest


Memperbarui software di komputer, tablet, dan smartphone sangat penting dilakukan agar perangkat tetap aman karena dapat memperbaiki bugs, kerentanan software, dan masalah keamanan.

Akan lebih baik jika pengguna dapat memperbaruinya secara otomatis di komputer, browser, aplikasi, dan smartphone, sehingga tidak tertinggal pembaruan baru yang tersedia.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar