Zynga Akan Menutup Game FarmVille di Akhir 2020

Annisa Fadillah . September 29, 2020

Foto : Zynga

Teknologi.id - Setelah menjadi game favorit simulasi peternakan selama 11 tahun terakhir, game legendaris FarmVille akan ditutup pada akhir tahun ini. Dikutip dari laman resminya, Zynga selaku pengembang FarmVille menjelaskan bahwa alasan utama dalam mengambil keputusan ditutupnya game tersebut dilatarbelakangi oleh penghentian dukungan Flash oleh Adobe dan Facebook. Diketahui memang sebagian besar pemain game FarmVille adalah pengguna Facebook.

Zynga juga menambahkan keterangan jika beberapa waktu lalu Adobe secara resmi mengumumkan akan menghentikan layanan animasi di internet (Flash Player) per tanggal 31 Desember 2020. Agar tidak mengejutkan pemain, penutupan game FarmVille akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, pemain masih dapat menikmati permainan FarmVille seperti biasa. Namun, layanan pembelian dalam game (in-game app purchase) dan fitur top-up akan diberhentikan mulai 17 November mendatang.

Dilansir dari KompasTekno, para pemain juga disarankan untuk menggunakan seluruh item dan mata uang di dalam game sebelum game benar-benar ditutup. Sebab, setelah penutupan server, Zynga mengatakan tidak akan memberikan refund dalam bentuk apa pun kepada para pemain.

Atas berita akan ditutupnya FarmVille ini, Zynga pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain. “Kami sadar bahwa ada banyak orang yang memainkan game kami sejak pertama kali diluncurkan. Mereka membantu kami untuk membangun komunitas pemain di tingkat global,” kata Zynga dikutip dari Business Insider. “Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih.”

Baca Juga : Game Genshin Impact Resmi Rilis di PC, Android, iOS dan PS4

Game FarmVille sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 dengan mengusung tema peternakan. Pemain dapat bercocok tanam, menggembala hewan ternak dan melakukan jual beli hasil pertanian maupun peternakannya. Dalam waktu kurang dari 2 bulan, game tersebut berhasil dimainkan oleh lebih dari 10 juta pemain aktif harian. Pada masa kejayaannya, game ini bahkan dimainkan oleh sekitar 30 juta orang setiap harinya. Zynga mengklaim, sampai 2010, FarmVille berhasil menjadi game dengan jumlah pengguna harian paling banyak di Facebook.

"Selain FarmVille, Zynga juga dikenal sebagai kreator dari beberapa game lain seperti Words with Friends, Candy Crush, dan Empire & Allies. Pada Q1 2020, Zynga melaporkan bahwa pemasukan mereka naik 52%, menjadi US$ 404 juta," kata Hybrid.

Melihat kesuksesan FarmVille, pihak developer pun membuat beberapa sekuelnya untuk menghadirkan kesan atau suasana bermain yang berbeda. Sekuel tersebut antara lain; FarmVille 2: Tropic Escape dan FarmVille 2: Country Escape, serta FarmVille 3 yang akan hadir di platform mobile.

Baca Juga : Game Horor Amnesia: Rebirth Akan Rilis Oktober Mendatang

(af)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar