Pemerintah Dorong Game Lokal sebagai Media Pembelajaran

Fabian Pratama Kusumah . April 09, 2022

Foto: Pixabay

Teknologi.id – Pemerintah mendorong pengembangan industri game lokal melalui penyiapan konten dan media pembelajaran yang diharapkan bisa diimplementasikan di sekolah, perguruan tinggi, hingga aparatur sipil negara (ASN).

Dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden RI untuk mengembangkan industri game lokal, telah ditandatangani Surat Edaran Menteri PANRB No. 8 Tahun 2022 tentang Peran Serta Instansi Pemerintah dan Pengembang Lokal Dalam Penyiapan Konten serta Media Pembelajaran.

“Dalam upaya pengembangan rantai nilai industri game lokal dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebhinekaan, wawasan kebangsaan, dan revolusi mental secara menarik dan kreatif”

“Serta melestarikan kearifan lokal serta 718 bahasa daerah perlu diciptakan captive market dengan memproduksi dan menggunakan game lokal dalam berbagai kegiatan,”

“Salah satunya adalah media pelatihan dan pembelajaran ASN,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo R. M. Manuhutu.

Pangsa pasar game nasional masih didominasi oleh game buatan luar negeri sebesar 99,5 persen atau setara lebih dari 1,7 miliar dolar Amerika Serikat pada 2020.

Baca juga: Hari Game Indonesia, Menparekraf Ajak Gamers Beli Game Lokal

Kemudian pada 2025, pasar game Indonesia diprediksi akan mencapai 2,5 miliar dolar AS dan pasar global mobile gaming akan meningkat hingga 125 miliar dolar AS.

Menurut survei dari Megaxus, pelatihan dan pembelajaran akan lebih termotivasi melalui metode game.

Untuk itu, kementerian dan lembaga telah berkoordinasi dalam pengembangan industri game lokal sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam hasil ratas pada 4 Januari 2022 lalu.

“Mari gunakan produk dalam negeri termasuk game untuk dapat meningkatkan kualitas ASN Indonesia,” tutup Deputi Odo.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar