Apple Hapus Ribuan Game Asal Cina yang Tak Berlisensi

Nimas Disri . August 03, 2020

Foto: BBC

Teknologi.id - Menurut data yang dikeluarkan oleh Qimai, sebuah perusahaan riset, Apple telah menghapus 29.800 aplikasi dari developer asal Cina, termasuk 26.000 game. Penghapusan ini terkait dengan tindakan keras terhadap aplikasi permainan tanpa izin pemerintah Cina. 

Baca Juga: 5 Jenis Hacker yang Wajib Kita Tahu, Ada yang Tak Berbahaya?

Dilansir dari Channel News Asia (2/8), Apple telah memberikan tenggat waktu sejak awal tahun hingga Juni 2020 kepada para developer aplikasi asal Cina untuk menyerahkan nomor lisensi yang dikeluarkan oleh pemerintah Cina. 

Langkah penghapusan aplikasi ini dilakukan Apple sangat ketat pada tahun 2020, tetapi sebabnya belum diketahui secara pasti. Sementara itu, penyedia aplikasi Android Cina telah lama menerapkan hal ini. 

Selama minggu pertama bulan Juli 2020, Apple diketahui telah menghapus lebih dari 2.500 judul aplikasi dari App Store. Dikutip dari Reuters, Zynga dan Supercell terkena imbas dari penghapusan ini. 

Menurut informasi yang beredar, Cina memang telah lama menegakkan peraturan ketat pada industri game untuk menyingkirkan konten-konten sensitif. 

Baca Juga: Trump Serius Larang TikTok di Amerika

Selain peraturan ketat dari pemerintah Cina, proses persetujuan sebuah game masuk dalam aplikasi juga sangat rumit dan panjang. Hal ini berdampak pada seluruh developer game dan diprediksi hanya developer game besar saja yang mampu bertahan. 

"Pendapatan developer (game) kecil akan berpengaruh. Namun semuanya bisa terdampak karena sulitnya mendapatkan lisensi bisnis dan akhirnya menghancurkan seluruh industri game iOS di Cina," tutur manager pemasaran untuk Apple di Cina, Todd Kuhn.

(nd)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya