Nostalgia, Nokia Kembali Meluncurkan Ponsel Ikonik Nokia 5310

abdurrahmansaleh . March 25, 2020

Nokia 5310

Foto: Cungcau.vn

Teknologi.id - Lebih dari satu dekade lalu, Nokia 5310 "XpressMusic" diluncurkan dengan mengusung konsep ponsel sebagai alat komunikasi sekaligus media untuk mendengarkan musik MP3.

Saat itu adalah era generasi 90-an, yang mayoritas masih mendengarkan musik dengan Walkman dan kaset, atau radio. Tak mengejutkan, kemunculan ponsel ini pun mendapat sambutan hangat dan langsung laris manis di pasaran. Nokia 5310 XpressMusic dengan cepat menjadi ikon ponsel populer di era 2000-an.

Baca juga: realme 6 dan realme 6 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Simak Spesifikasi dan Harganya

Dan kini di tahun 2020, HMD Global selaku pemegang lisensi produk Nokia, bernostalgia dengan meluncurkan kembali seri ini dengan menghilangkan tagline "XpressMusic"-nya.

Walau begitu, perangkat ini ternyata nantinya masih akan ditujukan bagi para pecinta musik. Menghadapi era digital pasar smartphone, kira-kira apa saja fitur yang akan ditingkatkan sekaligus dipertahankan dari Nokia 5310 ini?

Layar

Seperti generasi lawasnya, Nokia 5310 datang dengan ukuran super mini dan compact. Layar ponsel ini berukuran 2,4 inci dengan rasio screen-to-body sebesar 27,5%. Dan tentu saja ada keyboard di ponsel ini yang terdiri atas tombol numerikal dan huruf, serta tombol pintas untuk menu, dan menjawab atau menolak panggilan.

Resolusi perangkat ini sendiri hanya 240 x 320 pixels (QVGA) dengan tipe Thin-Film Transistor (TFT). Jenis layar tersebut sudah hampir tidak pernah ditemukan pada berbagai smartphone keluaran 2010 ke atas. Mengingat kualitas layar yang jadul, jadi jangan berharap banyak dengan perangkat Nokia satu ini.

Bodi dan Fitur Lainnya

Bodi Nokia 5310 identik dengan edisi lawasnya, berbentuk lonjong, simpel dan memiliki keyboard. Ini adalah ponsel yang tepat bagi para generasi 90-an yang ingin bernostalgia atau bahkan mengoleksi kemmbali ponsel-ponsel lawas Nokia. Varian warnanya pun juga sama yaitu kombinasi antara hitam/merah dan putih/merah. 

Tak hanya itu, Nokia "reborn" ini juga dilengkapi tombol untuk mengoperasikan pemutar musik pada sisi kiri dan kanan perangkat. Jadi, pengguna tak bakal pernah kehilangan momen untuk mendengarkan musik serupa dengan tajuk terbarunya kini yakni "never miss a beat"!

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan port 3,5mm audio jack dan FM radio receiver.

Kamera

Perangkat ini datang tanpa kamera depan untuk mempertahankan nilai otentik dan orisinilitasnya. Begitu pula kamera belakangnya yang hanya mengusung modul Kamera Single berlensa VGA.

Tidak ada banyak hal yang bisa pengguna lakukan dengan kamera Nokia 5310 selain hanya untuk bernostalgia saja: menangkap gambar untuk mengingat kembali masa-masa tahun 2000-an.

Baca juga: Toko Online yang Bandel Pasang Harga Selangit Bakal Diblokir Selamanya

Prosesor dan Memori

Khusus sektor prosesor, HMD Global menggunakan chipset MediaTek MT6260A. Chipset lawas ini sendiri memiliki kemampuan untuk menjaga penggunaan daya baterai yang memungkinkan ponsel bertahan lama ketika dipakai untuk mendengarkan musik terus menerus.

Di sektor memori, ponsel meluncur dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16MB dan 8MB ROM. Tapi jangan khawatir, disediakan slot microSD hingga 32GB. Jadi, pengguna bisa menyimpan musik-musik kesayangan mereka di ponsel ini.

Baterai

Pada sektor baterai, Nokia 5310 hanya diberikan daya sebesar 1.200 mAh. Perusahaan mengklaim bahwa perangkat dapat bertahan lebih dari 7,5 jam dalam kondisi panggilan telepon, dan dalam kondisi standby bisa mencapai hingga 30 hari menggunakan single SIM.

Sistem Operasi dan Konektivitas

HMD Global menghidupkan kembali sistem operasi (OS) Series 30+ untuk Nokia 5310. OS ini pertama kali rilis di tahun 2013, yang merupakan platform perangkat lunak dan aplikasi UI khusus brand Nokia.

OS Series 30+ sudah mampu menjalankan aplikasi built-in, seperti mesin pencari Opera Mini, Bing, hingga Skype. Dan bahkan memungkinkan untuk mengunduh aplikasi dan game-game di toko layanan distribusi digital. Tetapi belum ada kabar resmi dari HMD Global jika Nokia 5310 akan memiliki kapasitas tersebut atau tidak.

Di sektor konektivitas, ponsel ini memiliki dua model, yakni dual SIM dan single SIM. Sayangnya, perangkat hanya bisa berjalan di jaringan 2G saja.

Harga dan Tanggal Rilis

Sejauh ini perusahaan belum mengumumkan tanggal resmi peluncuran Nokia 5310 di pasar, tetapi dipastikan akan rilis Maret 2020 ini dengan banderol harga EUR 39 atau setara kisaran Rp 660 ribuan.

(Rmn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya