Ini Bocoran Snapdragon 875 yang Bakal Meluncur 1 Desember

Rima Fidayani Rizki . November 05, 2020

Foto: PhoneArena

Teknologi.id - Bulan Desember mendatang, Qualcomm akan meluncurkan chipset terbarunya, Snapdragon 875. Chipset yang dijuluki chipset tercepat ini digadang-gadang akan menjadi pesaing chipset A14 Bionic, yang disematkan Apple pada lini smartphone iPhone 12.

Baca Juga: Capcom Dilaporkan Terkena Cyber Attack

Snapdragon 875 rencananya baru akan diluncurkan tanggal 1 Desember, menjadi chipset generasi terbaru untuk flagship smartphone. Namun, bocoran mengenai spesifikasi chipset ini telah ramai beredar di dunia maya. 

Dilansir dari Gizmochina, sebuah laporan terbaru dari Cina menyebutkan jika Snapdragon 875 akan dimanufaktur menggunakan 5nm node. Pemanufakturan dengan 5nm node ini bukanlah pertama kalinya dilakukan. Chipset Apple A14 Bionic dan HiSilicon Kirin 9000 Huawei sudah lebih dulu menggunakan pemanufakturan tersebut.

Selain itu, disebutkan pula jika chipset delapan inti ini akan terbagi menjadi satu inti berukuran besar dengan kemampuan clock tinggi 2,84GHz, tiga inti Cortex-A78 dengan clock 2,42 GHz, dan empat inti Cortex-A55 dengan clock 1,8 GHz. GPU Adreno 660 turut disertakan untuk grafis yang lebih ciamik.

Sebelumnya, Qualcomm disebutkan akan menggunakan inti "oversized" Cortex-X1 untuk SD875, yang diklaim memberikan peningkatan sebesar 23 persen dibandingkan Cortex A-78. 

Tidak hanya itu, melansir CNN Indonesia dari GSMArena, chipset ini juga dapat meningkatkan kemampuan konsumsi daya dan memori, sehingga daya baterai tidak akan cepat berkurang.

Baca Juga: Apple Store Buka Apple Express di Inggris

Dukungan konektivitasnya menggunakan modem 5G Snapdragon X60. Namun, masih belum diketahui apakah Qualcomm akan mengintegrasikan chip modemnya dengan chipset utama, seperti yang dilakukan pada pendahulunya.

Beberapa waktu lalu, perangkat prototipe yang ditenagai oleh chipset SD875 sempat diuji di platform benchmark AnTuTu. Hasilnya, chipset ini berhasil meraih poin 899.401 dengan skor CPU 333.246 dan skor GPU 342.225.

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler