Google Hilangkan Astrophotography di Pixel 5 dan Pixel 4a 5G

Rima Fidayani Rizki . December 29, 2020

Foto: XDA Developers

Teknologi.id - Google Camera, atau yang dikenal dengan GCam, merupakan salah satu aplikasi andalan pada ponsel Pixel. Selama bertahun-tahun, raksasa internet ini telah memperkenalkan fitur-fitur penting dalam aplikasi ini setiap perilisan ponsel Pixel terbaru. 

Baca Juga: Xiaomi Mi 11 Meluncur, Ponsel Pertama dengan Snapdragon 888

Tahun lalu, aplikasi ini menggulirkan fitur astrophotography bersama dengan peluncuran seri Pixel 4. Tahun ini, perusahaan yang dibangun oleh Sergey Brin dan Larry Page ini menyematkan fitur ini pada kamera ultra-wide yang terdapat di Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. 

Sayangnya, beberapa bulan setelah peluncuran kedua ponsel, fitur astrophotography tersebut dihilangkan, sebagaimana dilansir dari Gizmochina, Selasa (29/12).

Sebagai informasi, astrophotography ialah mode bidik dengan eksposur yang lama pada aplikasi Google Camera yang bisa digunakan untuk menangkap gambar bintang-bintang di langit. Untuk menggunakan fitur ini, dibutuhkan bantuan dari tripod atau penyangga lainnya agar hasilnya lebih ciamik.

Astrophotography memulai debutnya pada Pixel 4 dan Pixel XL. Fitur ini juga tersedia pada Pixel versi yang lebih lawas. 

Selain itu, Google juga menambahkan dukungan tersebut untuk kamera ultra-wide bersama dengan peluncuran Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. Meskipun fitur tersebut mendapat sambutan yang antusias, hasil bidikannya ternyata tidak terlalu bagus. 

Faktanya, kamera ultra-wide yang terdapat pada smartphone memiliki kualitas yang tidak terlalu baik dibandingkan dengan sensor utamanya. Meskipun yang terdapat pada Pixel versi terbaru menunjukkan performa yang cukup baik pada siang hari, performanya kurang baik pada kondisi pencahayaan yang minim seperti halnya yang terdapat pada ponsel lainnya.

Baca Juga: Mediatek Berhasil Ungguli Qualcomm Jadi Chipset Terlaris

Hal tersebut menyebabkan gambar yang ditangkap menggunakan mode astrophotography memiliki kualitas yang kurang baik dibandingkan dengan kamera utamanya. Oleh karena itu, Google telah menghilangkan fitur tersebut pada kamera ultra-wide seiring dengan rilisnya Google Camera v8.1.

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler