Engage, 'Game Boy' yang Bertenaga Matahari

Rima Fidayani Rizki . September 07, 2020

Foto: Lowyat.NET

Teknologi.id - Kelompok riset Northwestern University Amerika Serikat dan Delft University of Technology Belanda berhasil menciptakan tiruan Game Boy milik Nintendo yang diberi nama "Engage". Namun, Engage tidak seluruhnya serupa dengan Nintendo, di luar fungsinya yang sama-sama dapat memainkan game Nintendo dan cartridge aslinya.

Baca Juga: Fall Guys Akan Gunakan Fitur Anti-Cheat Seperti Milik Fortnite

Dilansir dari Cnet, Senin (7/9), berbeda dari Game Boy sungguhan, Engange tidak beroperasi menggunakan baterai. Perangkat ini dibuat free-battery dan hanya mengandalkan energi matahari dari lima panel surya. Empat di antaranya diposisikan mengelilingi layar, sedangkan satu lainnya berada tepat di bawah tombol kontrol. 

Kelima panel surya ini dapat memberikan energi yang cukup guna mengoperasikan game seperti Tetris dan Super Mario Land. Namun, Engage tetap tidak bisa memberikan pengalaman yang serupa dengan versi aslinya. 

Layar Engage hanya akan menyala selama setidaknya 10 detik, bergantung pada pemakaian. Engage kemudian dapat kembali pulih dalam waktu kurang dari 1 detik dengan menekan tombol kontrol.

Selain itu, Game Boy tanpa baterai ini juga tidak mengeluarkan suara. Kemungkinan hal ini akan mengurangi konsumsi daya listriknya.

"Ini adalah perangkat interaktif bebas baterai pertama yang mendapat energi dari tindakan pengguna. Saat Anda menekan tombol, perangkat akan mengubah energi itu menjadi sesuatu yang memberi daya pada game Anda," tutur Josiah Hester dari Northwestern yang ikut memimpin penelitian ini dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti tersebut menerapkan sistem intermittent computing atau komputasi putus-putus, di mana sistem ini hanya menyediakan daya dalam jumlah kecil. Hal ini tentunya mengganggu permainan, tetapi ini memang tujuan utama dari Engage, sebagaimana  diungkapkan oleh Przemyslaw Pawelczak dari TU Delft, yang ikut memimpin penelitian dengan Hester. 

Baca Juga: Nintendo Akan Hadirkan Game Super Mario Bros Berkonsep Battle Royale

Meski tidak memberikan pengalaman bermain terbaik, Engage tetap memiliki sistem penyimpanan yang sesuai. Pengguna tidak perlu khawatir progres bermain akan hilang, karena Engage mampu menyimpan data dengan sistem checkpoint yang dapat dipulihkan dalam hitungan milidetik.

(rf)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler