Cara Mengatasi HP Sering Restart Sendiri

Teknologi.id . September 06, 2020

Samsung Geeks on Flipboard by Daphne muvdi

Foto: Flipboard


Teknologi.id - Pernahkah kalian para pengguna HP Android mengalami perangkat restart sendiri secara tiba-tiba saat tengah digunakan? Atau justru kalian sering mengalaminya?

Penyebab HP sering restart sendiri biasanya dikarenakan adanya masalah di bagian memori atau karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan. Namun, HP sering restart sendiri tak jarang juga disebabkan oleh kerusakan pada OS atau pun hardware perangkat itu sendiri.

Tenang, bagi kalian yang mengalaminya, jangan panik dulu, Teknologi.id sudah merangkum beberapa cara mengatasi HP sering restart sendiri. Bagaimana caranya?

Baca juga: 7 Cara Agar Kuota Internet Tak Jebol saat Pakai Zoom

Cara Mengatasi HP Sering Restart Sendiri

1. Cabut baterai dan memori eksternal

Matikan perangkat lalu cabut baterai dan microSD selama beberapa detik. Biarkan chipset tidak menerima energi dari baterai kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.

2. Bersihkan cache

Buka Setting > Application > All kemudian cari aplikasi-aplikasi yang sering kalian gunakan. Tap tombol “Clear cache” dan “Clear data”. Sebagai alternatif, kalian juga bisa memasang aplikasi clean master untuk membersihkan cache yang ada di Android secara keseluruhan.

3. Update aplikasi yang terpasang

Mungkin saja masalah HP sering restart sendiri ini disebabkan oleh bugs dari aplikasi yang belum pernah diperbaharui. Buka aplikasi Google play store > My Apps > Installed kemudian tap Update. Tetapi jika ternyata HP sering restart sendiri setelah aplikasi yang telah diperbaharui secara otomatis, maka hapus update dari aplikasi tersebut. Buka Setting > Application > All kemudian cari aplikasi yang telah diperbaharui terakhir tap “Remove update”.

4. Hapus aplikasi tertentu

Sebagai contoh, aplikasi penghemat baterai mereka akan bekerja pada background dan mengambil beban RAM yang cukup kuat karena jenis aplikasi ini akan terus-menerus bekerja memonitor OS.

5. Ganti memori eksternal

Bisa saja permasalahan datang dari memori eksternal yang kalian pakai. Solusinya, kalian bisa melakukan format terhadap MicroSD yang biasa dipakai pada HP tersebut atau bahkan menggantinya. Karena kartu memori eksternal yang telah rusak atau error bisa menyebabkan berbagai masalah terhadap Android.

Baca Juga: Sejumlah Konten Netflix Bisa Ditonton Tanpa Harus Punya Akun, Berikut Daftarnya

 6. Lakukan Wipe Cache Partition

Kita selalu menginstal dan uninstall berbagai jenis aplikasi atau game. Hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sementara yang telah rusak sehingga menyebabkan Android kita bertingkah aneh yakni sering restart sendiri. Untuk melakukan cara ini kalian harus masuk ke dalam recovery mode.

Berbeda tipe HP biasanya berbeda cara masuk ke dalam recovery mode. Sebagai contoh berikut ini adalah cara masuk kedalam recovery mode Android dari Samsung.

- Matikan Hp atau Tablet Android

- Tekan kombinasi tombol Volume Up, Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik

- Setelah Android bergetar atau sudah muncul robot Android segera lepaskan tombol Power

- Setelah layar recovery mode muncul, lepaskan kedua tombol Volume Up dan Home.

- Selanjutnya gunakan tombol Volume Down kemudian arahkan ke pilihan ‘Wipe cache partition'

- Setelah terpilih, tekan tombol Home.

- Tablet atau Smartphone Android akan secara otomatis restart setelah berhasil melakukan wiped out.

7. Reset Total

Cara terakhir ini biasanya ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan di HP Android, termasuk HP sering restart sendiri. Caranya, ikuti langkah pada nomor enam tetapi kita memilih ‘wipe data / factory reset.’ Kemudian setelah berhasil tap ‘Reboot system now. Pastikan kalian telah melakukan back up data terlebih dahulu.

(dwk)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler