BlackBerry dan TCL Resmi Berpisah, Stop Penjualan Ponsel Agustus 2020

Teknologi.id . February 04, 2020

BlackBerry

Foto: Foto: TechRadar

Teknologi.id - Setelah bekerja sama sejak tahun 2016, akhirnya BlackBerry dan TCL selaku pemegang lisensi ponsel BlackBerry resmi berpisah.

BlackBerry melalui akun Twitternya mengumumkan akan menghentikan penjualan ponsel pada akhir Agustus 2020 mendatang.

"Kami menyesal membagikan kabar ini, bahwa pada 31 Agustus 2020, TCL Communication tidak akan lagi menjual perangkat seluler bermerek BlackBerry," tulis BlackBerry dalam pengumumannya.

Baca juga: Awas! Kaspersky Temukan Malware Berbahaya Berbentuk Informasi Virus Corona

Namun meskipun penjualan akan distop pada Agustus mendatang, Blackberry menyebut TCL Communication akan terus memberikan dukungan untuk smartphone yang masih berjalan, termasuk layanan pelanggan dan garansi hingga 31 Agustus 2022. 

Belum ada penjelasan mengenai langkah TCL yang memutuskan untuk tidak lagi memproduksi ponsel dengan merek BlackBerry. Namun selain penjualan yang tidak memenuhi ekspektasi, ada dugaan bahwa TCL akan masuk ke industri smartphone dengan merek miliknya sendiri.

Dalam pernyataannya, Blackberry juga mengucapkan terima kasih kepada TCL Communication karena tak cuma mengembangkan perangkat keras tetapi juga telah menjamin fitur keamanan yang ada pada ponsel Blackberry. 

"Kami bersyukur telah memiliki kesempatan untuk bertemu begitu banyak penggemar dari seluruh dunia. Masa depan cerah untuk TCL Communication dan BlackBerry Limited, dan kami harap Anda akan terus mendukung keduanya saat kami bergerak maju di jalur kami masing-masing," pungkas BlackBerry.

Baca juga: Teleskop Canggih Berhasil Tangkap Gambar Paling Detail dari Permukaan Matahari

Untuk diketahui pada bulan Desember 2016, TCL mendapatkan hak untuk membuat dan menjual smartphone bermerek BlackBerry. Ini dipandang oleh berbagai pihak sebagai momen kebangkitan dari merek lama yang dicintai banyak orang.

Dari kolaborasi ini, Blackberry mulai mengadopsi sistem operasi Android untuk ponsel besutannya dan lahirlah BlackBerry KEYone, Motion, KEY2, dan KEY2 LE. 

BlackBerry KEY dinilai oleh banyak analis dan reviewer sangat menarik. Pasalnya ponsel ini membawa kembali desain BlackBerry yang ikonik dengan keyboard QWERTY fisik di saat pasar dipenuhi perangkat full screen. Namun, dikarenakan kerasnya persaingan industri smartphone, ponsel-ponsel tersebut tidak mampu mempertahankan eksistensinya.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya