Apple Rilis iOS 13.5, Buka Kunci Kini Lebih Mudah Meski Pakai Masker

indahmutiayudt . May 22, 2020

iOS 13.5

Update terbaru iOS 13.5. Foto: Ed Hardy/Cult of Mac


Teknologi.id - Apple resmi merilis pembaruan perangkat lunak, iOS 13.5 & iPadOS 13.5 masing-masing untuk perangkat iPhone dan iPad yang mendukung.

Selain perbaikan sistem dan beberapa fitur minor, iOS 13.5 dirilis dengan membawa dua fitur khusus untuk mempermudah penggunanya di tengah wabah COVID-19.

Persingkat Waktu Buka Kunci Saat Pakai Masker

Pengguna yang mengaktifkan fitur keamanan Face ID kini bisa lebih mudah membuka kunci layar (lockscreen) perangkat mereka meski sedang memakai masker.

Sebelumnya pengguna harus melepas masker jika ingin menggunakan fitur Face ID. Hal ini karena, modul kamera pemindai wajah (TrueDepth camera) tidak bisa mendeteksi pengguna jika bagian mulut atau hidung tertutup oleh sesuatu.

Nah, lewat pembaruan iOS ini, fitur Face ID akan dilewati (bypass) jika ternyata pengguna terdeteksi menggunakan masker. Hanya saja, pengguna harus memasukkan sejumlah kode (passcode) yang sudah dibuat. 

API contact tracing

Beriringan dengan pembaruan OS-nya, Apple juga memperkenalkan API yang mendukung aplikasi dari otoritas kesehatan masyarakat yang akan memunculkan notifikasi apabila penggunanya telah melakukan kontak dengan orang yang terjangkit COVID-19.

Teknologi ini adalah salah satu bagian dari kemitraan dengan Google yang sudah diumumkan bulan lalu untuk membantu pihak berwenang melacak paparan virus Corona dengan memanfaatkan teknologi bluetooth.

Baca juga: Apple Berencana Luncurkan iPad Mini layar lebih lebar

Dengan adanya fitur ini, Apple dan Google bertujuan untuk menciptakan sistem peringatan COVID-19 yang dapat membantu untuk mencapai tujuan jangka panjang untuk bekerja sama dengan industri kesehatan.

Dilaporkan oleh CNN, sejumlah negara bagian di Amerika Serikat beserta 22 negara lainnya telah meminta dan menerima akses untuk API tersebut. Harapannya, jumlah negara yang bergabung akan lebih banyak dalam waktu-waktu mendatang.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar