Apple Klaim iPhone Lipatnya Bisa Lakukan Self-Healing

Annisa Fadillah . October 02, 2020

Foto : Forbes

Teknologi.id - Tak mau ketinggalan dari Samsung dan Huawei yang telah meluncurkan smartphone dengan layar lipatnya. Sekarang, Apple juga tampaknya akan masuk ke dalam daftar produsen selanjutnya yang mengembangkan teknologi ini. Diketahui bahwa mereka sedang mengerjakan iPhone lipat.

Sesuai dengan laporan terbaru dari AppleInsider, berdasarkan aplikasi paten baru yang diajukan oleh Apple, iPhone lipat dikabarkan segera hadir dengan pemulihan layar otomatis yang dapat memperbaiki kerusakan standar dengan sendirinya, seperti goresan dan penyok.

Diketahui paten itu berjudul "Electronic Devices with Flexible Display Cover Layers" yang menawarkan metode canggih untuk meminimalkan kerusakan dengan melakukan perbaikan mandiri saat terjadi aus. Namun, keterangan lebih lanjut mengenai detail proses "self-healing" ini belum disebutkan.

Baca Juga : Apple Ingin iPhone dan MacBook Gunakan Baterai Hidrogen

Foto : Gizmochina

"Inovasi self-healing dapat terjadi pada lapisan material yang memiliki sifat self-repairing. Misalnya, jika layar penyok, material pelapis dapat mengisi penyok tersebut bahkan tanpa intervensi eksternal. Alternatifnya, fungsi self-healing ini dapat dimulai atau dipercepat dengan adanya panas, cahaya, arus listrik yang diterapkan secara eksternal, atau jenis stimulus eksternal lainnya," tulis Apple.

"Lapisan ini dapat digunakan untuk mengeluarkan kalor guna merangsang terjadinya self-healing. Fungsi lain dari lapisan tersebut adalah sebagai respons terhadap masukan pengguna, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, atau saat perangkat elektronik diisi ulang baterainya," tambah mereka.

Melihat pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang, bukanlah hal yang mustahil jika di masa depan terdapat fitur tampilan self-healing atau self-repairing otomatis pada sebuah gawai. Meskipun begitu, tampaknya fitur tersebut tidak akan disertakan dalam generasi pertama iPhone lipat karena perusahaan telah melakukan pemesanan besar dengan Samsung Display untuk menyediakan sampel setidaknya selama satu tahun.

Samsung telah menjadi pemasok utama panel layar OLED untuk iPhone Apple selama bertahun-tahun. Dengan menjadi pemimpin di pasar layar lipat, Samsung Display kini berharap dapat mendominasi pasar dengan meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 10 juta unit per tahun.

Laporan menunjukkan bahwa iPhone lipat diramalkan paling cepat meluncur sekitaran tahun depan. Sementara itu, perusahaan saat ini sedang fokus menggarap peluncuran series iPhone 12 bertenaga 5G dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga : HP Patenkan Smartphone Layar Lipat dengan Clamshell Design

Jika paten tersebut dapat terealisasi, maka iPhone lipat kemungkinan besar akan dirancang sedemikian rupa. Sehingga ketika dibuka, ponsel tersebut terlihat memiliki satu tampilan yang berhubungan padahal memiliki dua panel tampilan terpisah.

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler