Adidas Rilis Terobosan Headphone Bertenaga Matahari

Muhammad Akhtar Jabbaran . October 18, 2022

Sumber Foto: Adidas

Teknologi.id - Kini kamu dapat merasakan sensasi yang berbeda ketika berolahraga dan mendengarkan musik karena per bulan Oktober 2022, Adidas telah merilis headphone nirkbel yang dapat mengisi daya melalui cahaya matahari. Teknologi ini digadang-gadang akan menjadi terobosan awal gadget yang menggunakan energi terbarukan.

Sinar matahari dan energi cahaya buatan dapat digunakan untuk mengisi daya headphone nirkabel RPT-02 SOL, yang dirancang oleh Adidas dan Zound Industries untuk pengguna yang sering beraktivitas secara outdoor dan gemar berolahraga.

Headphone ini memiliki ikat kepala yang menggabungkan bahan sel surya yang disebut Powerfoyle, yang mengubah sinar matahari dan cahaya dalam ruangan menjadi listrik.

Baca jugas: 5 Aplikasi untuk Mengatur Pengeluaran Bulanan Kamu

"Dibuat sebagian dari plastik daur ulang dan ditenagai oleh cahaya, adidas RPT-02 SOL adalah headphone olahraga yang dapat diisi daya sendiri yang dirancang untuk menghadapi tantangan sehari-hari dari gaya hidup aktif," kata Adidas. 

Meskipun sinar matahari memberikan tingkat daya terbaik untuk headphone, lampu dan lampu rumah tangga juga memberi daya pada bahan fotovoltaik. Tidak seperti banyak bahan fotovoltaik lain di pasaran, yang hanya memanen energi dari sinar matahari langsung, Powerfoyle juga mampu mengumpulkan energi pada hari berawan dari sinar UV tak terlihat yang menembus awan. 

Adidas mengatakan bahwa headphone dapat memutar musik hingga 80 jam dimulai dari awal daya terisi penuh sampai habis. Dirancang oleh produsen teknologi surya Swedia, Exeger, Powerfoyle terdiri dari tumpukan lembaran fotovoltaik setebal 100 atom yang telah dicetak pada lembaran plastik. 

Powerfoyle meniru cara tanaman mengubah energi cahaya menjadi energi kimia selama fotosintesis. Ketika bahan nanolayer terkena cahaya, mereka menghasilkan listrik yang memberi daya pada headphone. Pengguna dapat mengidentifikasi dari mana cahaya paling kuat berasal melalui indikator cahaya di sisi ikat kepala. Aplikasi Adidas Headphone juga memungkinkan pengguna untuk melacak pengisian dan status baterai mereka secara real-time.

Sumber Foto: Adidas

Salah satu tambahan fitur juga diklaim dapat tahan keringat dan percikan. Desainnya menampilkan ikat kepala dan bantalan telinga yang dapat dicuci, dengan logo Adidas yang di embos di sisi ikat kepala. Headphone dibuat dengan 51 persen plastik, 87 persen di antaranya terbuat dari PC-ABS daur ulang pasca-konsumen dan nilon daur ulang.

Harga dan Ketersediaan Headphone Bertenaga Matahari dari Adidas

Harga resmi dari RPT-02 SOL sebesar Rp 3.599.000 di e-commerce dan terdiri dari garansi produk yang dapat kalian sertakan di toko resmi Adidas.

(MAJ)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar