YouTube Hapus Iklan yang Offensive terhadap Islam

Naufal Fadillah Ramadhan . July 26, 2022
Foto: RTL


Teknologi.id - Mulai saat ini, YouTube akan menghapus iklan yang menyerang kaum muslim dan juga Arab Saudi. Hal ini didukung oleh regulasi dari pemerintah Arab Saudi. 

Seorang juru bicara YouTube menyebutkan bahwa konten offensive yang menyerang dan menyudutkan telah ditutup platformnya. 

"Melindungi masyarakat adalah salah satu prioritas utama platform di Arab Saudi maupun di seluruh dunia," kata juru bicara YouTube, dikutip dari Al Arabiya, Selasa (26/7/2022).

Ia menambahkan, tahun lalu, Google sudah menghapus lebih dari 286 juta iklan di platformnya secara global karena promosi konten dewasa yang tidak sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Mereka juga telah menghapus 125,6 juta iklan lainnya untuk konten yang tidak pantas. 

Sebelumnya, pada Minggu, Komisi Umum untuk Media Audiovisual (GCAM) dan Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi (CITC) Arab Saudi menuntut Youtube untuk segera menghapus iklan yang sekiranya menyinggung pihak tertentu.

Mereka juga siap menindak secara hukum apabila YouTube masih terus menyiarkan konten ofensif di platformnya. 

Baca Juga: Anakmu Susah Belajar? Mungkin Robot Ini Bisa Membantumu!

"Tercatat bahwa YouTube (berafiliasi dengan Google) menampilkan iklan, yang ditujukan kepada pengguna di Kerajaan, menyertakan konten penyiaran yang bertentangan dengan nilai dan prinsip Islam dan masyarakat, serta melanggar kontrol konten media di Kerajaan dan kebijakan platform YouTube," kata otoritas tersebut.

Oleh karenanya, kedua lembaga itu meminta YouTube untuk menghapus iklan tersebut dan mematuhi peraturan, komitmen mereka pun juga bakal dipantau.

"Jika konten yang melanggar terus disiarkan, tindakan hukum yang diperlukan akan diambil sesuai dengan dua peraturan komunikasi dan audio visual," jelas otoritas Arab Saudi

Jadi, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini?

Baca Juga: Perangkat Kamu Rentan Terkena Virus? Gunakan 4 Aplikasi Antivirus Ini!

(nfr)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar