author photo
achmad soheh
February 04, 2021

Whatsapp Business, Perspektif Model Komuniksi Bisnis di Era New Normal 2021

Komunikasi dalam bisnis, saat ini menjadi salah satu strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan. Terlebih saat ini pada saat covid 19 masih terus menjadi pandemi. Maka strategi komunikasi yang jitu, bisa menjadi salah satu cara untuk meraih keberhasilan perusahaan dalam mendapatkan customers.  Kenapa, karena customer adalah salah satu aset yang begitu penting bagi perusahaan.


  Konteks komunikasi bisnis itulah yang membuat salah satu aplikasi bisnis seperti WA Business saat ini begitu penting. Konsepnya  yang bisa di integrasikan dengan beberapa aplikasi bisnis membuat WA Business cukup familiar di mata para pelaku bisnis.  Sekadar menjelaskan kondisi pengguaan WA  hingga  tahun 2020.

Perkembangan WA ( Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta, Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta, Pengguna Internet: 175,4 juta, Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta, Pengguna Youtube di Indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi, Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi, Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 82% dari jumlah populasi, Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi)  


3 IMPLEMENTASI WHATSAPP  (BUSINESS, BUSINESS APP & BUSINESS WEB)

Melihat pesatnya perkembangan dan pengembangan  penggunaan WA  di Indonesia. Tidak heran jika saat ini WA menjadi salah satu media komunikasi bisnis yang cukup diandalkan dalam meraih customer.  Manajemen WA sendiri telah mengembangkan produk ini sehingga menjadi sebuah aplikasi bisnis yang cukup  mudah untuk di gunakan, tetapi memiliki fungsi ganda. 

Dimana kita bisa secara langsung membedakan fungsi dari WA Business dan WA Business App.  

A.     WA BUSINESS Secara aplikasi WA Business aplikasi FREE to DOWNLOAD yang bisa di dapatkan dengan mudah di Android dan iOS.  Fungsi dari WA Business saat ini banyak di gunakan untuk  menjalankan bisnis yang masih dalam taraf kecil atau simple. Keunggulan dari WA Business adalah di lengkapi dengan pesan otomatis dan pengaturan pesan. Sehingga  implementasi dari WA Business bisa di gunakan untuk menjalankan bisnis yang masih dalam taraf kecil atau dengan jumlah customer yang masih terbatas.  

B.     WA BUSINESS APP Berbeda dengan WA Business,  kalau WA Business App keunggulannya bisa di gunakan untuk pelaku bisnis dalam kategori menengah dan atas.   Kenapa, karena WA Business App ini sengaja di rancang  agar bisa di kembangkan menjadi sebuah Aplication Program Interface. Sehingga penggunaan WA Business App ini tidak hanya untuk sekedar  komunikasi bisnis semata.   Secara fungsi,  WA Business App memang bukan aplikasi, tetapi seperti software yang operasioalisasinya menggunakan Whatsapp.  Sehingga media ini bisa di gunakan oleh perusahaan untuk mengelola, melayani  database customer melalui sistem Whatsapp.  Seperti misalnya WA Business App yang di gunakan untuk optimalisasi pada platform customer service dan virtual assistant hingga melakukan chat commerces.      

C.      WHATSAPP BUSINESS WEB Berbeda dengan kedua Whatsapp sebelumnya.  Untuk Whatsapp Business Web fungsinya lebih banyak.  Sehingga bisa jadi media komunikasi bisnis yang potensial untuk di kembangkan menjadi sebuah tools bisnis.  Diantara beberapa fungsi yang bisa di dapat ketika pelaku bisnis telah mengimplementasikan  Whatsapp Business Web adalah :

(1) User bisa melakukan chat di desktop Whatsapp Business Web 

(2) User bisa mendata semua  hal terkait database customer : Profil bisnis, jam buka outlet/toko, hingga alamat email dan situs web

(3) User bisa mendaftarkan nomor telephone fixedline. Kelebihannya, Whatsapp  tidak asal menerima tetapi terlebih dahulu akan melakukan verifikasi data, sehingga jelas bahwa nomor itu adalah milik pebisnis yang bersangkutan. Sebagai bukti verifikasi  Whatsapp akan menyematkan centang hijau di nama bisnis penggunanya

(4) User bisa meninjau jumlah statistik pesan yang masuk dan terkirim.  

FITUR-FITUR WHATSAPP  BUSINESS

Sebagai sebuah aplikasi bisnis,  Whatsapp  memang layaknya sebuah tools yang akan bisa mempermudah komunikasi bisnis penggunanya. Itulah sebabnya, dalam perjalanannya, manajemen Whatsapp telah melakukan pengembangan produk dengan menyesuaikan  kebutuhan  penggunanya. Itulah sebabnya, saat ini dengan  keberadaan Whatsapp Business yang semakin tinggi maka Whatsapp telah melengkapi beberapa fitur yang bisa dijadikan  alat untuk menjalankan bisnis penggunanya.

  A.      Fitur Profil Bisnis : Fitur yang berisi Informasi perusahaan : email, alamat, website

B.      Fitur Perangkat Pesan : Fitur ini berguna untuk user dalam memberikan  jawaban  otomatis secara cepat kepada lawan bicara dari  customers.

C.       Fitur Kontak & Obrolan ( Label ) ; Fitur ini dapat di atur sesuai kebutuhan, sehingga tampilannya  bisa terlihat lebih rapi.

D.      Fitur Statistik : Dengan adanya fitur ini maka user ( pengguna ) bisa mensortir atau memfilter obrolan atau percakapan  baik secara personal, pesan dalam group hingga pengaturan pesan yang belum terbaca.

E.       Fitur Lainnya :  Fitur untuk pembuatan KATALOG Dalam fitur ini user ( pengguna ) bisa memasukan beragam informasi tentang produk dari mulai Photo hingga informasi produk lainnya.

Caranya buka aplikasi WhatsApp Business, pilih pengaturan lalu katalog. Kemudian pilih tambah produk lalu pilih foto produk dan sertakan informasi lengkap dengan maksimal 500 foto. Lalu simpan dan daftar katalog akan muncul di akun kamu.  

KEUNTUNGAN /HASIL MENGGUNAKAN WHATSAPP BUSINESS

Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, kita  bisa melihat bahwa penggunaan WA Business memang bisa memberikan  beberapa keuntungan :

(1)  Efektivitas dan efisiensi kerja dalam mengelola customer menjadi lebih mudah.  Karena di dukung dengan adanya beberapa fitur pendukung.

(2)  User ( pengguna ) di permudah dalam kaitan melakukan komunikasi dengan customer. Sehingga optimalisasi customer bisa di kelola dengan cukup baik, dan bisa saja target   Customer Oriented Based dilakukan dengan WA Business.

(3)  Program Promosi dan Kegiatan Marketing bisa dengan mudah di lakukan dengan WA Business.  Sehingga penghematan cost operasional untuk kedua program tadi bisa di lakukan dengan baik.

(4)  Program  Upter Sales bisa di jalankan dengan baik, karena beberapa fitur yang ada sudah mendukung kearah program tersebut.

Sehingga peningkatan pelayanan kepada customer bisa di  tingkatkan menjadi lebih cepat, lebih mudah, serta lebih tepat sasaran karena semua database customer juga bisa tersimpan secara rapi dalam WA Business  tersebut.   Kesemua hal  tadi merupakan fungsi dan keunggulan dari WA Business yang telah berkembang cukup baik. 

Dimana untuk menyempurnakan penggunaan WA Business, memang di butuhkan satu lagi aplikasi yang bernama CRM ( Customer Relationship Management).    Kenapa mesti CRM, dan bagaimana CRM bisa di integrasikan dengan WA Business sehingga menghasilkan satu integrasi bisnis yang  bisa menguntungkan bagi penggunanya :  

KEUNGGULAN CRM JIKA PASCA INTEGRASI DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

Integrasi dua sistem yang masing-masing sudah memiliki keunggulan, akan membuat hasil akhir menjadi lebih sempurna. 1.       CRM sistem  yang user friendly, karena bisa di aplikasikan pada Handphone atau PC (Laptop)

2.       CRM lebih mudah di integrasikan dengan sistem apapun. Seperti saat ini dimana Media Social jadi salah satu sarana media komunikasi yang efektif.  Maka CRM bisa diintegrasikan dengan Media Social menjadi CRM Omnichannel.

3.       CRM bukan sekedar aplikasi untuk Divisi Sales & Marketing.  Tetapi bisa  untuk Divisi lain seperti : Customer Service, Adminitrasi & Umum, HRD, hingga  Divisi Workshop & Training.

4.       CRM bisa di gunakan  untuk melakukan  pengumpulan data dan analisa data customer.  dengan cara tersebut bisa memaksimalkan potensi customer yang ada di perusahaan. 


CRM BARANTUM JADI OFFICIAL PARTNER WHATSAPP ( SEHINGGA MUNCUL FITUR WHATSAPP BUSINESS API).

  Benefid dari integrasi ini adalah : Tentunya akan mempermudah perusahaan untuk melakukan strategi Customer Based Oriented guna meningkatkan performance bisnis perusahaan :

1.       Dapat meningkatkan performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )

2.       Dapat meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)

3.       Dapat meningkatkan dan mengubah kualitas customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer )              

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank