author photo
Fitra Akbar
December 19, 2020

Project vs Product

Baik Project dan Product sering terdengar karena hampir semua lini organisasi saat ini setidaknya tidak lepas dengan project maupun product dalam keseharian mereka. Akan tetapi masih banyak juga yang belum memahami perbedaan antara dua kata ini. Karena memang dua kata ini terkadang sulit dibedakan karena keduanya sebenarnya saling melengkapi walaupun merupakan dua hal yang berbeda.Agar lebih paham mengenai perbedaan kedua nya, lebih baik mengetahui terlebih dahulu definisi dari masing masing.


Project

Mengutip dari Project Management Institute (PMI), project adalah tindakan yang bersifat sementara yang digunakan untuk menciptakan produk, layanan atau hasil yang bersifat unik.Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan project hanya fokus terhadap apa yang dibangun dalam rentang waktu yang telah ditentukan.


Product 

Product adalah sesuatu (apapun) yang dibuat untuk menyelesaikan masalah. Berbeda dengan project, product belum jelas mengenai apa yang akan dibangun dan juga tidak ada rentang waktu yang harus dicapai, walaupun Customer biasanya ingin masalah mereka bisa terselesaikan segera. Maka dari itu pengembangan sebuah product tidak bersifat sementara melainkan proses yang terus berkelanjutan untuk meningkatkan product dari waktu ke waktu.


Perbedaan project dan product 

Waktu

Hal mendasar yang membedakan antara project dan product adalah waktu. Jika project pasti terikat dengan waktu starthingga end project yang telah disepakati sebelumnya dan harus memberikan hasil sesuai dengan project scope.Sedangkan product tidak ada keterikatan waktu dan biasanya product harus segera mungkin di release ke market untuk mendapatkan umpan balik.


Hasil

Hasil yang diharapkan dari sebuah project biasanya adalah adanya efisiensi atau ingin meningkatkan nilai dari customer. Sehingga fokus project lebih kepada solusi yang ditawarkan, apa yang dibutuhkan agar bisa deliver sesuai dengan permintaan customer.Product karena fokus nya lebih kepada apa yang dibutuhkan oleh customer dan kenapa mereka membutuhkan hal tersebut maka hasil yang diharapkan adalah product tersebut bisa membantu memecahkan masalah dan memberikan nilai lebih terhadap mereka.


Tim

Dilihat dari segi tim, project tidak memiliki tim yang dedicated. Maksudnya adalah ketika project tersebut sudah selesai, maka berakhir pula kerjasama antar anggota tim, atau anggota nya tetap akan tetapi mereka mengerjakan project yang lainnya. Berbeda dengan product yang anggota tim nya sudah tetap dan cenderung tidak berubah.


Penutup 

Project dan product dua hal yang mirip dan dalam konteks membuat sebuah product yang baik, maka perbedaan keduanya harus dipahami dengan baik.Project sudah jelas objektif yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Dan ketika objektif telah dicapai maka berakhir pula project tersebut.Product fokus pada menjawab permasalahan customer. Untuk menjawab hal itu dibutuhkan proses research, validasi dan hal lainnya agar product yang ditawarkan bisa menjawab. Selain itu proses pengembangan product juga tidak terikat oleh waktu.


Artikel ini pertama kali di publish di Medium

https://medium.com/easyread/project-vs-product-b9c89a079fed 

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank