author photo
achmad soheh
March 08, 2021

2 Fitur Unggulan dalam Whatsapp Business API, Mendukung Peningkatan Revenue Perusahaan

Perkembangan aplikasi Whatsapp memang semakin menarik.  Hal itu semakin mengindikasikan bahwa manajemen whatsapp tahu apa yang di butuhkan oleh penggunanya. Terlebih ketika manajemen whatsapp memperkenalkan whatsapp business. Sebuah kemajuan aplikasi bisnis berbasis komunikasi yang akan makin memudahkan pelaku bisnis dalam meningkatkan kualitas komunikasinya.  


Jika whatsapp regular saja sudah membuat kita sebagai pengguna sudah bisa merasakan manfaat yang besar. Kini dengan hadirnya whatsapp business dengan beberapa fitur unggulannya, semakin membuat aplikasi komunikasi bisnis ini makin menjadi pilihan terbaik  bagi pelaku bisnis.  

Saat ini dalam fitur terbaik yang ada di whatsapp business api, ada dua fitur yang bisa anda jadikan unggulan. Kenapa, karena kedua fitur tersebut memiliki fungsi yang benar-benar bisa membantu penggunanya.  Jika anda seorang pebisnis maka keberadaan kedua fitur tersebut sungguh luar biasa.  

Setidaknya dari beberapa fitur menarik   yang disajikan dalam Whatsapp Business API, terdapat 2 fitur yang sangat penting guna mendukung kesuksesan pelaku bisnis dalam meningkatan revenue bagi perusahaan.  

(1)  Fitur : Messaging  Statistics Secara fungsi kelebihan dari fitur ini adalah, dapat di gunakan pelaku bisnis dalam mengontrol dan meninjau report statistik terkait pesan yang keluar dan masuk dari aplikasi whatsapp seseorang. Dimana report yang akan di hasilkan dari fitur ini adalah sebagai berikut : Report soal jumlah sent, jumlah delivered, jumlah read dan jumlah received.   Dengan adanya report tersebut, maka memudahkan bagi pelaku bisnis untuk melakukan analisa secara mendasar terkait  total jumlah customer / calon customer yang memiliki atensi terhadap produk-produk yang coba kita tawarkan kepada mereka.  Sehingga pada akhirnya dengan adanya analisa  tersebut,  pihak perusahaan akan lebih mudah dalam merencanakan strategi marketing komunikasi yang lebih tepat kedepannya.  Dimana  tujuan akhir yang ingin di capai sudah pasti meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.  

(2)  Fitur  ; Messaging Tools Jika fitur sebelumnya lebih memberikan keunggulan dalam hal  yang berhubungan dengan pesan. Maka fitur berikut ini lebih mendetailkan kemampuan dalam menganalisa sebuah pesan.  Terbagi dalam 3 kategori yaitu Away Message, Greeting Message dan Quick Replies.  

Penjelasannya Away Message  berfungsi untuk bisa menampung  pesan masuk pada saat jam kantor sudah tutup. Sehingga tidak ada pesan yang tidak tersampaikan ke perusahaan. Konsep fitur ini memang seperti divisi customer, sehingga bermanfaat  untuk melayani customer pada saat kantor sudah tutup.  Sehingga dengan adanya fitur ini customer akan tahu bahwa pesan yang di kirimkannya masuk dan akan menunggu balasan ketika sudah aktif kembali.  

Penjelasan Quick Replies berfungsi untuk membalas pesan atau chat  yang masuk dengan model pesan berupa pesan biasa atau berupa pertanyaan. Dengan adanya fitur ini, maka pelaku bisnis bisa mengoptimalkannya dengan membuat berbagai macam jawaban template. Sehingga hal itu akan memudahkan perusahaan dalam menjawab pesan yang masuk dengan kategori pesan yang sama sehingga bisa lebih cepat dan tepat.  

Penjelasan Greeting Message biasanya berfungsi untuk memberikan jawaban atau pesan dengan model ucapan menyapa atau memberikan sambutan bagi customer atau calon customer. Dengan fitur ini maka calon customer atau customer merasa senang dengan adanya balasan dari perusahaan secara langsung.  Yang menarik adalah, Greeting Message ini  tidak saja di gunakan untuk calon customer baru, tetapi bagi customer  yang lama  tdak aktif misalnya sudah tidak aktif selama 14 hari. Itulah kenapa fitur  ini sering di jadikan andalan untuk meningkatkan  jumlah customer baru dan meningkatkan kualitas customer lama agar bisa menjadi loyal customer.  

Dengan adanya ketiga fitur unggulan tersebut, maka service kepada customer bisa di tingkatkan dan sudah pasti customer  yang ada semakin dimudahkan. Hal ini akan berdampak pada tingkat loyalitas customer kepada perusahaan.  


KOLABORASI BARANTUM & WHATSAPP, MENJADIKAN BARANTUM WHATSAPP OFFICIAL  PARTNER INDONESIA

Kolaborasi menarik yang di sajikan oleh Barantum dengan Manajemen Whatsapp memang bukan sekadar kolaborasi semata. Tetapi komitmen keduanya ini adalah satu bentuk apresiasi dan dukungan pelaku bisnis kepada pemain dalam sektor industri yang ada di Indonesia.

Betapa tidak, dengan masih berkecamuknya pandemi covid 19 yang ada di seluruh dunia termasuk juga yang ada di Indonesia. Maka komunikasi bisnis yang bersifat efektif dan efisien menjadi target para pelaku bisnis dalam menjalankan operasional usahanya.

Tetapi pada saat itu pelaku bisnis di hadapkan pada dua hal yang cukup menyulitkan : Pertama karena mereka yakin jika semua SDM melakukan Work From Home bisa dipastikan produktivitas akan menurut. Kedua jika kondisi ini tidak segera di carikan solusinya maka kondisi ( performance) perusahaan akan semakin menurun.

Itulah sebabnya, perlu keputusan cepat  agar semuanya bisa kembali berjalan dengan normal. Ketika pada akhirnya manajemen whatsapp melakukan kolaborasi dengan Barantum CRM, inilah sejatinya satu solusi terkini yang bisa di ambil oleh pelaku bisnis. Dimana kedua  aplikasi baik CRM Barantum dan Whatsapp Business API sama-sama bisa mendukung terciptanya satu operasional bisnis yang cukup baik.

Setidaknya dari keunggulan yang terdapat dari kedua aplikasi tersebut, jika disatukan dalam sebuah aplikasi bisnis terintegrasi  maka Whatsapp CRM menjadi satu solusi yang patut untuk di jalankan oleh perusahaan. Ada  tiga hal yang selalu menjadi perhatian kita menyangkut kolaborasi Barantum dengan manajemen Whatsapp. Bahwa dengan adanya integrasi Barantum CRM dengan Whatsapp Business API.   Customer atau perusahaan akan bisa mengubah customernya sebagai sebuah aset penting bagi perusahaan dari regular customer menjadi loyal customer.  

1.       Whatsapp Business API  : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )  

2.       Whatsapp  Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)  

3.       Whatsapp  Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).  

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank