author photo
Teknologi Hari Ini
October 06, 2020

Film-Serial Sci-Fi, Mana yang Paling Bikin Greget?

Setelah rombongan drama Korea menyerang, sekarang momennya series dan film bertemakan teknologi naik daun. #dirumahaja dan kebijakan PSBB yang kembali diterapkan di banyak wilayah di Indonesia bikin kita makin sering memanfaatkan teknologi sebagai media berinteraksi. Otomatis, awareness kita juga ditrigger untuk mengenal lebih jauh seluk-beluk dunia informasi dan teknologi. Ini dia beberapa tontonan seru yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menjawab pertanyaan, “Ada apa dengan teknologi?”

 

  1. Black Mirror. Series Netflix dari negara Ratu Elizabeth ini udah jadi tontonan wajib dan legend buat semua IT enthusiast (walaupun Penulis sendiri nggak sanggup menyelesaikan series ini sampai akhir wkwk). Storyboard yang nggak biasa tentang tatanan sosial yang rusak karena disfungsi teknologi adalah keunggulan Black Mirror. Cerita-cerita di Black Mirror dibangun dengan time setting 50 tahun ke depan dengan total 5 seasons dan 22 episode. Series ini berhasil mendapatkan rating 9/10 dengan persentase 94%!
  2. SF8. Series ala-ala Black Mirror besutan Kore Selatan bisa jadi alternatif kalo kamu ngerasa serial Black Mirror terlalu gore. SF8 menyeimbangkan unsur sci-fi dan emosional manusia di dalam ceritanya. Secara general, SF8 membahas bagaimana manusia bisa hidup berdampingan dengan teknologi artificial intelligence, augmented reality, virtual reality, robot, sampe “wajarnya” manusia punya superpower.
  3. Dark. Baru separo jalan menyelesaikan S02-nya. Pusing, puyeng, mual. Untung plotnya rapi. Dark adalah hard recommendation penulis kalo kamu suka bacain teori fisika tentang lorong waktu (wormhole) atau teknologi time travel. Fyi, serial ini dibuat tanpa CGI lho. Jadi, setiap scene terasa original. Apa yang paling melekat? Ya tone warna darknya yang bikin Penulis ngerasa kejebak di dalam alur ceritanya. Btw, kalo kamu penyuka drakor, kamu bisa coba nonton Alice yang bertemakan time travel juga.
  4. Social Dillema. Film dokumenter yang bisa diakses via Netflix ini bercerita tentang keseharian para pekerja di perusahaan internet besar dunia. Banyak narasumber terpercaya yang join dalam proyek film ini seperti mantan direktur Pinterest dan mantan Ethic Designer Google. Film ini menggambarkan ide positif dalam mengembangkan media sosial masa kini yang ternyata berdampak nggak sehat dengan adanya sistem algoritma dan model bisnis perusahaan media.
  5. The Great Hack. The Great Hack bakal nyes banget kalo kamu udah nonton Social Dillema. Film ini bercerita tentang kontroversi perusahaan Cambridge Analytica dalam kemenangan Trump di Pilpres AS. Film ini juga mengusut peran Mark Zuckerberg dalam skandal tersebut. Cocok buat menebar fear sekaligus awareness mengenai privasi dan security!
discuss-like Like
icon bagikanBagikan
1 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank