author photo
Teknologi Hari Ini
October 17, 2020

Belajar IT Gratis di Universitas Kelas Dunia, Gimana Caranya?

Penulis paham banget gimana rasanya selama enam bulan terakhir ditantang buat kuliah dan belajar online. Ngeraba-raba bahan dosen padahal di kelas aja udah mumet, eh sekarang makin mumet. Dari bingung, jadi makin bingung. HELP!

Tenang, sekarang udah banyak website belajar gratis alias Massive Open Online Class (MOOC) dengan berbagai materi ringan sampai super heavy buat kamu yang mau belajar IT secara online! Interaktif, simpel, dan mudah diakses dengan bermodalkan kuota internet secukupnya.

  1. Coursera (coursera.org). Nah, walaupun website ini bukan produk dalam negeri, tapi tersedia beberapa kelas berbahasa Indonesia lho di website ini. Beberapa materi yang bisa kamu ambil video dan tulisan di Coursera adalah Komputasi, Cybersecurity, Product Design, Ilmu Komputer, Matematika, Analisis Data, sampai Machine Learning. Beberapa universitas dan perusahaan terkenal yang bekerja sama dengan Coursera.org adalah Standford yang juga merupakan inisiator Coursera, Imperial College London, dan Google. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi dari skill yang kamu pelajari dengan membayar sejumlah uang. Kerennya, Coursera juga menyediakan fitur Financial Aid untuk membantu para peserta kursusnya untuk mendapatkan sertifikat tanpa perlu membayar. Tentu saja, fitur ini sangat membantu mengingat biaya untuk sertifikat Coursera cukup mahal jika dikurskan ke mata uang beberapa negara berkembang.
  2. Massachusets Institute of Technology (ocw.mit.edu). Salah satu universitas terbaik untuk belajar Informasi dan Teknologi ini membuka lebih dari 2.400 jenis kursus online dan terus bertambah yang bisa diakses dengan bermodalkan niat, semangat yang kuat, dan kuota internet. MIT OpenCourseWare ini awalnya dibangun oleh tiga profesor MIT. Kalkulus menjadi topik paling hits di website ini. Bisa hemat sampai Rp 300 jutaan rupiah (setara biaya satu tahun kuliah di MIT) lho dengan mengambil kursus online di website ini.
  3. edX (edx.org). Nah, website yang satu ini dikembangkan oleh Universitas Harvard sejak 2012 lalu. edX menyediakan lebih dari 1.300 kursus dalam bentuk video, bacaan, dan forum diskusi yang bisa kamu ikuti dengan berbagai tema mulai dari Matematika sana Ilmu Komputer. Ada beberapa jenis kursus di edX, mulai dari kursus yang dilabeli starting soon (segera dimulai), current (sedang berlangsung), archived (udah abis masa kursusnya), dan self paced (bisa diikuti kapan saja). Kamu juga bisa dapet sertifikat keterampilan lewat rangkaian kursus dengan label xseries courses.
  4. IndonesiaX (indonesiax.co.id). Abis selancar ke luar negeri, yuk mampir ke IndonesiaX! IndonesiaX hadir dan bekerja sama langsung dengan dosen-dosen UI, ITB, Universitas Airlangga, Harvard University, sampai MIT. Ada beberapa perusahaan terkenal seperti Unilever dan Net TV yang turut ambil bagian. Ada beberapa materi seperti Programming, Ilmu Komputer, Engineering, dan multimedia yang bisa kamu akses secara gratis di sini. Tersedia tes mingguan dan ujian akhir lengkap dengan penilaian dan feedback yang bisa kamu ikuti untuk menguji pemahaman kamu terkait materi yang sudah kamu ikuti. Ada program untuk mendapatkan sertifikasi keterampilan yang bisa kamu ikuti dengan membayar biaya sebesar Rp 250.000,-. Nggak perlu panik, IndonesiaX sering membagikan voucher potongan harga untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Oke, tertarik ikut yang mana nih? Terbukti kan kalo jarak dan waktu bukan lagi halangan buat belajar. Kamu juga bisa lho mengikuti rangkaian kelas online dan webinar bareng Penulis untuk belajar berbagai jenis keterampilan digital, soft-skill, dan hard-skill. Ikutin terus info terbarunya di @teknowlogi.class!

discuss-like Like
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank