author photo
achmad soheh
February 15, 2021

TREN CALL CENTER 2021, STRATEGI OPTIMALISASI CUSTOMER

  Call center saat ini  bukan sekadar pelengkap infrastruktur dalam sebuah bisnis. Karena sejatinya saat ini aplikasi atau sistem call center bisa menjadi salah satu instrumen yang bisa mendatangkan revenue bagi perusahaan.  Bagaimana strateginya berikut ulasannya : …………………..  



Di Era Industri 4.0, dimana sistem teknologi informasi menjadi salah satu teknologi yang di butuhkan oleh semua sektor  industri. Maka aplikasi atau sistem call center yang terintegrasi, pada akhirnya juga menjadi salah satu prasyarat bagi perusahaan dalam menngkatkan performance perusahaan dalam meningkatkan revenue.  

Namun sayang, tidak semua  pelaku bisnis atau mereka yang berprofesi sebagai agen call center bisa mengoptimalkan kondisi tersebut. Biasanya mereka  hanya sekadar menjalankan tugasnya saja tanpa memperhatikan bagaimana cara terbaik dalam melakukan aktivitas sebagai profesional call center.  

7 MANFAAT SISTEM CALL CENTER BAGI PENINGKATAN REVENUE PERUSAHAAN  

Setidaknya dari 7 manfaat berikut, kita bisa tahu seperti apa sejatinya sistem call center bermanfaat bagi perusahaan. Terlebih saat ini, dimana pandemi covid masih menjadi kendala dalam kita berhubungan langsung dengan calon klien. Maka optimalisasi divisi call center menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan performance bisnis sebuah perusahaan.   Dimana ke-7 manfaat yang bisa di rasakan dengan adanya sistem call center dalam sebuah perusahaan adalah sebagai berikut  :  

1.       Sistem call center bisa di jadikan salah satu cara untuk pihak manajemen menyempurnakan layanan kepada customer /pelanggan. Karena  bisa di maklumi, dalam kondisi seperti saat ini mempertahankan customer lama jauh lebih menguntungkan dibanding harus menjadi customer baru.  

2.       Sistem call center bisa di gunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari operasional perusahaan.  Kenapa, karena hanya dengan melakukan aktivitas komunikasi by phone, agen call center bisa mengetahui kondisi terkini dari customer yang bersangkutan Sehingga jika sistem ini dioptimalkan, maka sudah pasti hasilnya akan maksimal.  

3.       Sistem call center akan lebih bisa meningkatkan sistem dan prosedur komunikasi dan tanggungjawab. Tidak saja bagi divisi call centernya sendiri. Tetapi juga bagi divisi lain yang masih berhubungan dengan akses ke customer.  

4.       Sistem call center yang efektif akan bisa sangat efektif dalam menekan dan menurunkan cost operasional perusahaan. Karena dengan hanya menggunakan sistem komunikasi, sdm tidak harus bertemu langsung dengan customer untuk memfollowup program yang sedang di jalankan.  

5.       Sistem call center pada akhirnya bisa menciptaan pengalaman bagi customer/pelanggan secara luar biasa. Karena komunikasi yang terjadi antara agen call center dengan customer bisa melebisi komunikasi antara perusahaan dan klien. Karena agen call center  bisa menjadi seperti konsultan dengan kliennya.  

6.       Sistem call center juga bisa menjadi sarana untuk lebih meningkatkan keamanan bagi kedua belah pihak. Karena dengan adanya komunikasi yang terjadi secara intens dan terus menerus akan semakin membuat ikatan kedua  belah pihak menjadi lebih baik. Tujuan akhirnya adalah customer merasa lebih aman dan nyaman dalam berkomunikasi.  

7.       Sistem call center akan bisa memberikan banyak hal positif lain yang sangat berguna bagi perusahaan. Dari mulai mengupdate akses data yang di miliki oleh customer, memberikan sistem service yang lebih sempurna karena jika ada kendala bisa lebih cepat di tangani. Hingga pada akhirnya bisa di katakan bahwa sistem call center bisa menjadi media komunikasi  yang efektif dan efisien antara perusahaan dengan customer.  

INOVASI TERKINI SISTEM CALL CENTER & TEROBOSAN TERKINI

Kini sistem call center bukan lagi sekadar pelengkap infrastruktur perusahaan semata. Tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi, sistem call center pun semakin di tuntut untuk lebih bisa memberikan manfaat secara optimal.   Berbicara soal tren atau inovasi sistem call center kedepan, khususnya memasuki tahun 2021. Kita bisa lihat beberapa hal menarik  yang terjadi dalam sistem call center di Indonesia.  Kondisi inilah yang akan di kupas dalam WEBINAR SERIES BARANTUM  yang mengambil tema terkait sistem call center : TREN CALL CENTER 2021, STRATEGI OPTIMALISASI CUSTOMER.   Acara yang akan di adakan pada tanggal : 19 Februari 2021 itu akan menghadirkan 2 pembicara handal dari  BAHASAKITA dan BARANTUM.


Beberapa hal menarik  yang akan di sajikan dalam acara tersebut adalah : ·        

1. Webinar akan memberikan update terkini kondisi bisnis call center yang ada di Indonesia. Sehingga ini akan menjadi satu hal yang berguna bagi pelaku bisnis, karena secara tidak langsung akan mendapatkan insight positif terkait kondisi terkini  bisnis call center.   ·        

2. Webinar akan memberikan  informasi terkini menyangkut tren sistem call center yang akan mendominasi pasar pada  tahun 2021 ini.  Dimana konsep call center nantinya akan lebih banyak memberikan kemudahan dan manfaat yang optimal bagi perusahaan. Karena aplikasi yang ada bisa dengan mudah di integrasikan dengan sistem atau aplikasi pendukung call center yang semakin handal.   ·        

3. Webinar akan memberikan demo bagaimana tren sistem call center di tahun 2021. Di mana dari demo tersebut kita bisa langsung mengetahui keunggulan dan solusi apa  yang bisa di ciptakan dari kolaborasi BARANTUM dengan BAHASA KITA.    

SISTEM CALL CENTER BERBASIS CRM,  TOOLS PENTING DALAM SISTEM CALL CENTER 

Bersyukur saat ini adalah sistem call center yang berbasis CRM (Customer Relationship Management). Sistem ini akan mempermudah pekerjaan seorang profesional  telemarketing dalam bekerja. Betapa tidak, jika komunikasi yang di jalankan seharian full  gimana caranya seorang telemarketing bisa merangkum semua yang jadi percakapan dari pagi hingga sore.   Menyikapi tingginya kebutuhan akan sistem call center yang terintegrasi.

Maka Barantum sebagai perusahaan yang concern dalam penyediaan aplikasi CRM telah melakukan beberapa terobosan terkait inovasi dalam sistem call centernya. Seperti yang saat ini sudah banyak di gunakan  oleh beberapa kliennya, sistem call center yang sudah terintegrasi dengan CRM.  Terdapat beberapa keunggulan sistem yang bisa di pilih perusahaan dalam mengimplementasikan sistem call center dalam perusahaannya. ·        

1. Sistem Call Center Barantum, saat ini sudah lebih secure. Karena data center atau cloudnya telah di pindahkan ke Indonesi. Hal ini akan memberikan  banyak keuntungan dan kelebihan  bagi perusahaan yang menggunakannya.   ·        

2. Sistem call center Barantum,  telah  terintegrasi  dengan sistem CRM. Hal ini membuat optimalisasi penggunaan call centernya  bisa di kembangkan menjadi divisi revenue atau penghasilan keuntungan bagi perusahaan. Kenapa, karena historical database yang di dapat dari komunikasi antara agen call center dengan customer, bisa menjadi dasar dalam pembuatan program loyality customer.   ·        

3. Sistem call center Barantum mampu memberikan efektifitas dan efisien dari sistem kerja yang di jalankan oleh perusahaan, karena selain sifat operasionalnya yang menarik karena menggunakan jaringan internet. Juga sistem yang ada telah terintegrasi dengan baik sehingga semua media social bisa di satukan dalam sebuah sistem dashboard di CRM   Disamping apa yang telah di jelaskan diatas.

Barantum pun saat ini sudah lebih maju dalam kaitan optimalisasi sistem komunikasi bisnisnya. Dimana sejak di tunjuk menjadi  Official Partner dari WhatsApp, maka Barantum  CRM  telah terintegrasi dengan WhatsApp dalam penggunaan CRM-nya.  Yang artinya semua hal yang dilakukan dalam percakapan dan komunikasi via WhatsApp pun hasilnya bisa terekam secara langsung dalam CRM Barantum.  Sebuah keuntungan dan kelebihan yang bisa di berikan oleh  Barantum. Selain  sistem Call Center yang terintegrasi dengan aplikasi CRM. Juga CRM-nya sendiri saat ini sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API.          

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank