author photo
achmad soheh
January 25, 2021

The Most Effective Sales Leadership

Divisi sales dan marketing saat ini menjadi salah satu divisi yang bisa di katakan ujung tombak perusahaan. Kenapa, karena dalam kondisi pandemi seperti saat ini strategi bisnis yang akan di jalankan oleh divisi sales dan marketing adalah kunci agar kinerja perusahaan tetap bisa di pertahankan.    



Sebenarnya mengamati apa yang terjadi dalam kondisi tidak normal seperti saat ini. Strategi sales leadership bukan saja menjadi satu hal yang penting. Tetapi bagaimana seorang sales leadership bisa mentrigger teamnya agar  bisa tetap produktif itulah yang paling penting di lakukan.

Mengingat saat ini pandemi masih berlangsung, sehingga kondisi makro dan mikro ekonomi Indonesia belum dalam kondisi  normal. Itulah  kenapa strategi seorang sales leadership butuh sesuatu  yang tidak normal pula.   Minimal ada dua hal yang menjadi satu hal penting bagi seorang sales leadership dalam kondisi tidak normal seperti saat ini.

Pertama sudah pasti seorang sales leadership harus bisa membuat sebuah rencana kerja atau strategi sales  yang “out of the box”. Karena jika masih menggunakan strategi – strategi lama sudah  barang tentu kondisi yang ada tidak akan terselesaikan dengan baik. Kedua seorang sales leadership harus bisa mendapatkan atau memilih sales tools yang tepat. Karena sales tools itulah yang akan menjadi media pendukung strategi  yang di bangun oleh seorang sales leadership.  

Bicara soal strategi seorang sales leadership, maka kita akan bicara 7 komponen penting yang mesti di miliki oleh seorang sales leadership agar dirinya mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dimana ke-7 point penting itu adalah : (1) Fiksasi target   (2) Naluri perintah  (3) Kemampuan perekrutan  (4) Intuisi penjualan   (5) Orientasi  kontrol   (6) Melatih kemampuan beradaptasi  dan yang terakhir adalah : (7)  Kepemimpinan strategis.  

Ke-7 komponen tersebut mesti bisa di integrasikan oleh seorang sales leadership dengan bantuan sales tools agar hasilnya bisa maksima. Itulah satu hal penting yang bisa di jalankan oleh seorang sales leadership dalam menyikapi kondisi upnormal seperti saat ini.  Jika kondisi itu bisa di jalankan oleh sales leadership dengan baik, maka sudah pasti semua target  yang di bebankan kepadanya akan bisa di capai dengan baik.  

Sedangkan menyangkut sales tools yang mesti di miliki oleh seorang sales leadership adalah sebuah aplikasi  yang memiliki beberapa keunggulan seperti : (1) Aplikasi tersebut bisa menjadi media efektif dan koordinasi antara sales leader dengan teamnya (2) Aplikasi tersebut bisa menjadi media koordinasi  dengan semua team yang ada di perusahaan (3) Aplikasi tersebut  bisa di gunakan untuk mengontrol kerja dari semua team sales termasuk juga mengontrol database customer atau calon customer  yang dimiliki perusahaan. Sehingga program-program sales akan mudah di implementasikan dengan cepat dan mendapatkan respon segera dari semua pihak yang terkait (4) Aplikasi tersebut mudah di gunakan dan user friendly baik melalui handphone ataupun Personal  Computer ( laptop) (5) Aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan semua media sosial atau paling tidak beberapa media sosial favorite.

Karena kita tahu hampir sebagian besar pelaku bisnis saat ini menggunakan aplikasi  media sosial yang sudah begitu pesat perkembangannya seperti : Whatsapp, Facebook, Instagram atau Telegram.   Untuk tujuan itulah, kami dari Barantum bekerjasama dengan Sinergi Consulting akan membuat satu webinar dengan tema : THE MOST EFFECTIVE SALES LEADERSHIP.  Acara akan di adakan pada tanggal : Rabu 27 Januari 2021 jam 14.00 sd 16.00 wib. (  Bagi kalian  yang ingin mendaftarkan diri bisa  melalui : Https://bit.ly/reg27jan   Webinar  tersebut akan memberikan insight positif terkait bagaimana merencanakan strategi bisnis yang jitu untuk para sales leadership. Serta tools apa  yang bisa di rekomendasikan sehingga semua program sales bisa berjalan dengan baik dan lancar.    

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank