author photo
achmad soheh
February 25, 2021

Strategi Growth Hacking dalam Bisnis dengan Optimalisasi CRM


Growth hacking adalah salah satu kondisi dalam sebuah bisnis, yang saat  ini menjadi perbincangan di kalangan pelaku bisnis. Sebuah strategi yang akan membawa perusahaan menjadi sebuah entitas bisnis yang mampu menempatkan dirinya dalam sebuah kompleksitas  masalah bisnis yang ada. Sehingga perusahaan bisa mempertahankan kondisi bisnisnya selalu baik dan baik lagi apapun kondisi ekonomi yang terjadi.    


Memang masih terbilang baru dalam kancah perbisnisan yang ada di Indonesia. Karena growth hacking adalah pengembangan dari beberapa komponen bisnis yang ada seperti : Product Marketing, Content Marketing, Advertising. Sehingga dari ketiga komponen itulah pelaku bisnis biasanya akan mencoba mengimplementasikan strategi growth hacking yang ada dengan menyesuaikan kondisi bisnis yang ada.  

Setidaknya dari apa yang selama ini telah terjadi dalam konteks strategi growth hacking bisnis.  Kita bisa menentukan beberapa acuan yang memberikan satu  gambaran  bahwa strategi growth hacking tersebut sukses di jalankan. Minimal kita bisa melihat tingkat keberhasilan  strategi growth hacking dari 5 hal berikut ini :  

1.       Acquisition Dalam melihat keberhasilan growth hacking, maka pertama yang harus jadi perhatian adalah soal acquisition. Pada step ini beberapa hal yang menjadi perhatian adalah bahwa acquisition adalah gabungan antara brand, produk atau website serta customer atau pelanggan.  Tujuannya sudah pasti agar tercapai tingkat apresiasi yang tinggi dari customer terhadap engage website perusahaan.  

2.       Activation Setelah customer memberikan engage kepada website perusahaan. Maka step berikutnya adalah melihat sejauh mana activation yang  terjadi. Dimana konteks yang mudah  untuk di lihat dari kondisi ini adalah terjadinya peningkatan jumlah followers/ subscribers yang masuk ke website. Pengubahan followers menjadi customer itulah keberhasilan yang bisa di jelaskan dalam step kedua strategi growth hacking.  

3.       Retention Jika step pertama dan kedua sudah di jalankan dengan baik, maka pada step ketiga untuk melihat keberhasilan strategi growth hacking adalah step yang bernama retention. Dalam kondisi ini, maka keberhasilan yang bisa dilihat adalah terciptanya pengulangan pembelian yang di lakukan oleh customer. Sehingga customer harus bisa menjadi regular customer agar konsistensi revenue bagi perusahaan bisa di pertahankan.            

4.       Referral Pada step ke-4 inilah biasanya perusahaan sudah merasa lega. Kenapa, karena fungsi sales dan marketing sudah mulai diambil alih oleh customer. Sehingga bisa di katakan custome secara tidak langsung perpanjangan tangan dari perusahaan.  Ini sangat menguntungkan  bagi perusahaan, mengingat promosi yang dilakukan oleh customer sangat efektif karena mereka adalah pengguna produk tersebut.  

5.       Revenue Inti dari step terakhir strategi growth hacking adalah terciptanya secara kontinuitas revenue bagi perusahaan. Ini menjadi kesimpulan untuk melihat seberapa besar keberhasilan strategi growth hacking di jalankan. Dengan berhasilnya step1-4 seharusnya step ke-5 sudah bisa di prediksi hasilnya akan menjadi lebih banyak revenue yang masuk ke dalam  perusahaan.  

Dari semua hal yang telah di jelaskan diatas, kita bisa melihat bahwa proses growth hacking memang bukan instan. Tetapi semua berjalan berdasarkan proses yang saling berkaitan. Salah satu saja dari  proses growth hacking terkendala, maka akan berimbas pada proses selanjutnya atau sebelumnya. Itulah yang pada akhirnya untuk menstabilkan kesuksesan proses growth hacking perlu adanya aplikasi bisnis yang tepat.  

Nah CRM ( Customer Relationship Management), dengan berbagai keunggulan dan kelebihannya bisa di optimalkan untuk mendukung proses strategi growth hacking. Karena CRM selain bisa berfungsi sebagai tools untuk meningkatkan performance KPI sales. Keberadaan CRM juga bisa menjadi media komunikasi dan kontroling yang efektif bagi perusahaan. Itulah  kenapa, agar strategi growth hacking bisa berjalan dengan baik maka perusahaan perlu terlebih dahulu mengoptimalkan penggunaan CRM.    


CRM,  KUNCI SUKSES IMPLEMENTASI STRATEGI GROWTH HACKING BAGI PERUSAHAAN  


CRM, saat ini memang perkembangannya cukup pesat.  Hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa CRM  tidak saja di gunakan oleh divisi sales dan marketing. Tetapi CRM bisa di gunakan untuk semua divisi yang ada dalam perusahaan.   Seperti yang saat ini di jalanka oleh CRM Barantum.  

Demi meningkatkan kualitas servicenya bagi customer, maka manajemen CRM Barantum melakukan kolaborasi bisnis dengan Manajemen WhatsApp.  Dengan adanya integrasi WhatsApp Business API dalam aplikasi CRM Barantum. Jelas hal  ini memberikan keuntungan untuk customer.  

Pada akhirnya strategi growth hacking akan mudah di implementasikan dalam sebuah perusahaan ketika mereka telah mengimplementasikan CRM secara benar.  Karena dari case study yang ada, ada beberapa kondisi yang menguntungkan bagi perusahaan dengan adanya kolaborasi bisnis CRM  Barantum dengan manajemen WhatsApp.                

Lantas dengan adanya kolaborasi tersebut, apa sejatinya yang  bisa di dapat oleh pelaku bisnis.  Setidaknya  ada tiga hal penting  yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan  WA Business dengan  terintegrasi CRM Barantum.  Dan kondisi terbaiknya adalah ketika ke-3 kondisi dibawah ini di implementasikan berbarengan dengan strategi growth hacking mana hasilnya sudah pasti akan lebih efektif dan efisien.  

1.       WA Business : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )  

2.       WA Business  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)  

3.       WA Business  : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).  

Itulah kunci dari strategi growth hacking. Semakin bagusnya perusahaan dalam menjalankan implementasi CRM semakin mempermudah perusahaan dalam menyukseskan strategi growth hacking. Tetapi sebaliknya jika implementasi CRM belum di lakukan dan di jalankan secara maksimal, maka strategi growth hacking pun tidak bisa di harapkan untuk bisa mencapai keberhasilan yang cukup signifikan.  

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank