author photo
achmad soheh
February 01, 2021

Penggunaan VPN Menimbulkan Banyak Kelemahan dalam Aplikasi Call Center

Tingginya penetrasi  penggunaan internet yang ada di Indonesia, dengan angka yang mencapai 64% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa di tahun 2020. Pada akhirnya memang membawa konsekuensi positif bagi perkembangan bisnis yang ada di  Indonesia.  Dimana dengan jumlah pengguna  internet yang sebesar 175,4 juta dan penetrasi pengguna media sosial berada di angka 59 persen membuat pergerakan bisnis yang menggunakan internet semakin meningkat tiap tahunnya.  


Kondisi inilah yang pada akhirnya menjadi satu concern tersendiri bagi perusahaan yang menggunakan sistem call center guna menunjang operasional perusahaannya. Dimana pilihan sistem call center pada akhirnya menjadi penentu dalam mengoptimalkan sistem call center yang ada. Saat ini dipasaran kita mengenal beberapa sistem yang sering di gunakan untuk mendukung operasional call center seperti sistem VPN dan Cloud.

Namun sejatinya jika kita ingin agar sistem operasional call center kita bisa berjalan dengan optimal, pilihan menggunakan VPN adalah di hindari. Ada beberapa kelemahan yang membuat VPN menjadi salah satu sistem  yang cukup banyak memiliki kelemahan di banding cloud. Setidaknya dengan beberapa kelemahan yang dimiliki oleh VPN seperti :

(a) Jaringan VPN sering tidak stabil pada saat di gunakan, sehingga keandalan dan kualitas  suara yang  dihasilkan menjadi kurang baik

(b) Ketika jaringan VPN anda pilih, maka anda akan memerlukan lebih banyak perangkat keras serta  kapasitas internet yang lebih besar kapasitasnya. Dengan kondisi seperti ini sudah jelas akan membutuhkan waktu aplikasi yang lebih lama dibanding sistem cloud

(c) Pengguaan VPN terkadang bisa membuat jaringan internet menjadi lebih lambat ( mengurangi kecepatan koneksi internet anda )

(d) VPN ketika di gunakan sering terjadi adanya jeda antara penelpon dan penerima telephone, hal itu disebabkan karena faktor koneksinya

(e) VPN juga memungkinkan anda tidak atau sulit untuk mengetahui seberapa kuat sistem enkripsi yang ada. Dengan begitu maka bagi konsumen akan sulit memeriksa kualitas enkripsi  yang tersedia.

Disamping  itu ada juga beberapa kelemahan lain yang mungkin jadi satu pertimbangan kuat kenapa sistem VPN mesti di hindari untuk operasional sistem call center  :

(1) Tidak selalu penggunaan VPN di semua negara adalah legal, sehingga ada kemungkinan penggunaan VPN jadi ilegal dan itu akan beresiko bagi bisnis anda

(2) Anda atau perusahaan anda juga bisa beresiko terkena blokir dari beberapa penyedia jasa tertentu ( misalnya : Netflix dan Hulu)

(3) Penggunaan VPN memungkinkan juga untuk anda mengalami kerugian karena pencatatan anda atau data ada di alihkan kembali ke pihak ke-3.  Padahal kerahasiaan data adalah utama dalam sebuah bisnis  yang menggunakan aplikasi internet.  


   HOSTING, STRATEGI AWAL DALAM MENENTUKAN EFISIENSI & EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INTERNET

  Bicara soal IT ( Information Technology), maka sejatinya kita sedang bicara soal sebuah sistem yang terintegrasi. Dimana dengan sistem itulah kita akan bisa menjalankan aktivitas bisnis dengan bantuan internet. Ada beberapa aktivitas yang bisa di jalankan seperti mengaktifkan keberadaan website perusahaan atau  berfungsi sebagai server guna menunjang implementasi sistem yang di jalankan oleh perusahaan.  

Dan dengan semakin berkembangnya IT baik di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya, maka ada beberapa layanan ( jasa  ) dalam penggunaan hosting. Keduanya sudah pasti memiliki plus  minus atau keunggulan dan kelemahan. Berikut kami coba berikan sedikit preview agar anda makin jelas apa sebenarnya fungsi dari web hosting dan beragam jenis layanannya :   

1. Shared Hosting Layanan ini memungkinkan anda dan beberapa pemilik website berbagi layanan hosting. Manfaatnya sudah pasti cost yang akan anda keluarkan lebih hemat dibanding anda menyewanya sendiri.  

2. VPS Hosting/VPS Server Jika shared hosting artinya anda berbagi layanan hosting dengan pemilik website yang lain. Maka VPS Hosting/VPS Server, mekanismenya lebih spesifik yaitu bahwa server hosting fisik yang anda sewa bersama-sama di bagi menjadi server virtual. Dimana nantinya server virtual itu akan menjadi milik anda, sehingga anda bebas melakukan pengaturan servernya secara mandiri.   Bicara soal server virtual yang saat ini cukup menjadi perhatian para pemilik usaha.   

Setidaknya kita bisa coba membandingkan kedua model server  berikut yang saat ini banyak di pilih oleh para pelaku bisnis :

(1) Server Virtual Model VPN ( Virtual Private Network ) 

(2) Server Virtual Model Cloud.  

Dimana kedua jenis server ini jelas memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing.   Dimana perbedaan dari kedua  jenis server tersebut adalaha sebagai berikut :        

(1)  VPS & VPN Memiliki nama yang hampir sama, tetapi pada dasarnya kedua  sistem ini memiliki sedikit hal yang berbeda. VPS = Virtual Private Server. Semacam komputer peladen (server computer) tapi hanya secara virtual. Di dalam satu server fisik bisa dipasang beberapa server virtual. VPN = Virtual Private Network, yaitu jaringan komputer virtual yang bekerja di dalam sebuah jaringan komputer fisik.

Dengan VPN, seseorang bisa mengakses wilayah terproteksi. Di tanah air, VPN akhir-akhir ini terkenal akibat pembatasan media sosial. VPS bisa difungsikan untuk VPN. Istilahnya, VPN adalah bagian dari VPS. VPS juga biasanya merujukan pada salah satu layanan hosting. dimana VPS itu seperti hosting yang dimana penggunanya memiliki akses super root untuk memanajemen atau konfigurasi hostingnya secara bebas   Perbedaanya dengan Cloud,  VPS adalah ; VPS adalah layanan yang menyewakan server virtual.

Perbedaan yang cukup mencolok dengan web hosting, bahwa  dengan VPS artinya Anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi (OS) dan platform yang ingin digunakan. Intinya memiliki VPS, seolah-olah bagaikan anda mempunyai server sendiri. Dimana cara kerjanya dibagi-bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan resources dan sumber dayanya sendiri, sehingga setiap bagian dapat menjalankan sistem operasinya sendiri.  

(2)  CLOUD Cloud server adalah contoh server virtual yang menyediakan pengguna dengan satu set berdedikasi dan dilindungi dari sumber daya mesin. Pada infrastruktur Cloud, setiap Cloud server, menyediakan kemampuan skala sumber daya server mereka on-demand. Cloud server selalu mendapatkan jumlah CPU yang dialokasikan, memory, disk, dll.

Karena sifat dari Cloud adalah tidak bisa oversold. Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain di’satu’kan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Diatas platform cloud tersebut bisa berjalan beberapa server virtual.  

UNTUNG RUGI PENGGUNAAN CLOUD DIBANDING VPN/VPS DALAM SISTEM CALL CENTER

  (VPN) : VPN memang menjadi salah satu pilihan bagi pelaku bisnis yang  ingin mengoptimalkan penggunaan internet. Namun VPN memang bukan pilihan yang tepat ketika perusahaan anda ingin mengoptimalkan penggunaan internet bagi peningkatan kualitas dan performance bisnis  anda. Sekedar menjelaskan plus minus penggunaan VPN bagi bisnis anda :  (1)  Keuntungan Menggunakan VPN ·        

Dengan VPN maka jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas. Dengan begitu maka perusahaan akan bisa mengembangkan bisnisnya ke lain daerah. Kelebihannya bahwa waktu yang digunakan untuk implementasi tersebut lebih cepat. Kenapa, karena proses instalasi infrastruktur jaringan dilakukan dari perusahaan / kantor cabang yang baru dengan ISP terdekat di daerahnya. ·        

Dengan VPN perusahaan bisa mengurangi biaya  operasional jika dibandingkan dengan menggunakan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN. Hal itu bisa terjadi, karena implementasi VPN tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. ·        

Dengan VPN maka perusahaan bisa meningkatkan skalabilitas. Sehingga dengan pesatnya pertumbuhan kantor cabang baru yang ada di banyak daerah dapat segera di hubungkan dengan jaringan lokal  yang ada di kantor pusat. ·         Serta keuntungan lainnya VPN bisa di akses dari mana saja, baik PC, Laptop atau Handphone.  Hal itu  disebabkan  karena VPN bisa tersambung dengan internet. Hal itu akan memudahkan SDM dalam menjalankan aktivitasnya.  

(2)  Kerugian Menggunakan VPN ·        

Implementasi VPN bukan tanpa masalah, karena sistem ini membutuhkan perhatian khusus terutama dalam hal keamanan jaringan publik ( internetnya). Oleh karena itu perlu adanya satu tindakan yang di lakukan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber lainnya. ·        

Implementasi VPN   terutama dalam hal ketersediaan dan performance dari jaringan khusus yang di pasang perusahaan  melalui media internet. Kondisi tersebut tidak bisa di kendalikan oleh perusahaan, karena faktor-faktor penyebabnya ada di luar perusahaan. Intinya bahwa kecepatan  dan keandalan  transmisi data internet tidak bisa di atur oleh perusahaan.  Dasarnya karena sistem tersebut melibatkan semua pengguna internet yang ada di dunia. ·        

Pada saat implementasi VPN, ketika spesifikasi dari beberapa vendor yang merupakan perangkat pembangun teknologinya tidak klop (  tidak bisa di integrasikan ) maka sistem tidak bisa berfungsi. ·         Intinya bahwa VPN mesti bisa menampung protokol lain selain dari IP serta jaringan teknologi internal  yang sudah ada di dalam perusahaan,    

KELEBIHAN ( KEUNTUNGAN ) MENGGUNAKAN CLOUD SERVER  

Beberapa hal yang menjadi  kelemahan yang terdapat VPN. Agaknya  kondisi itulah yang membuat saat ini pelaku bisnis lebih  nyaman dan aman menggunakan server model cloud.  Dimana kita bisa melihat beberapa hal yang menjadi kelebihan atau keunggulan server cloud yang secara garis besar adalah ;

(a) Cloud server sangat menguntungkan bagi penggunanya 

(b) Para pengguna cloud server sangat puas ketika memakai cloud server.  

(1)  Biaya  Penggunaan Cloud Terjangkau. Cloud server dapat di beli atau di sewa oleh pelaku bisnis. Harga pembelian cloud server tergolong sangat terjangkau, bahkan harganya lebih murah dari penyimpanan perangkat keras seperti hardisk. Kelebihan lainnya adalah, bahwa harga yang ditawarkan, pengguna cloud server sama sekali tidak rugi karena Anda bisa menyimpan data sebanyak mungkin tanpa adanya keterbatasan.  

(2)  Pengguna Tidak akan Kehilangan Data Sistem ini sangat aman dalam penyimpanan datanya. Sekalipun terjadi kerusakan server maka, data tetap ada dan hanya ada kemungkinan kecil Anda kehilangan data.  Hingga saat ini, para pengguna cloud server merasa aman karena datanya tidak pernah hilang. Bahkan cloud server ini juga mampu meminimalisir kerusakan data corrupt.  

(3)  Cloud Mampu Menyimpan data  tanpa  batas. Sistem ini dapat menyimpan data dalam jumlah berapapun. Sehingga sebanyak apapun data yang ingin disimpan pada cloud server pasti bisa ditampung. Adanya cloud server ini dapat membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu lagi melakukan pembelian flashdisk ataupun hardisk baru. Cukup menyimpannya saja di cloud server saja.  

(4)  Cloud Server sangat Fleksible. Sistem cloud server bersifat sangat  flesible.  Dengan begitu Anda bisa mengakses data dengan mudah. Saat ingin mengambil data, Anda bisa menggunakan komputer satu dengan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cloud server penyimpanan datanya dijaringan internet, jadi selama ada jaringan internet Anda dapat mengakses data di komputer mana saja.                    

KESIMPULAN :   KENAPA CONTACT CENTER/ CALL CENTER, SANGAT TEPAT MENGGUNAKAN CLOUD

Keunggulan dan kemampuan cloud server dalam memberikan layanan yang cukup memuaskan, pada akhirnya memang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendukung operasional sebuah aktivitas bisnis. Salah satunya adalah penggunaan server cloud pada aktivitas call center atau contact center.  Keunggulan sistem call center yang pengoperasiannya menggunakan cloud adalah :

(a) Sistemnya memiliki konektivitas  berkecepatan tinggi dan komunikasinya bersifat realtime berbasis web.

(b) Sistemnya mampu mengubah lingkungan call center menjadi lebih produktif dan memberikan kualitas peningkatan kinerja yang lebih baik kepada staff yang ada  serta layanan terbaik kepada konsumen.  

Sedangkan beberapa keunggulan lain yang bisa di berikan kepada sistem call center yang  menggunakan cloud adalah :

1.       Sistem call center berbasis cloud tidak membutuhkan lokasi fisik, sehingga didalam kondisi apapun bisnis bisa tetap berjalan dengan baik sekalipun dalam kondisi bencana. Anda juga bisa mengakses dan memindahkan data dari mana saja. Inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor penting kenapa cloud dipakai untuk sistem call center.

2.       Sistem call center  memiliki nilai investasi yang  rendah. Karena sistem ini tidak membutuhkan infrastruktur awal seperti sistem lainnya. Kondisi itulah yang pada akhirnya bisa menekan cukup besar penggunaan sistem ini, karena  yang kita bayar adalah hanya yang kita gunakan saja.

3.       Sistem call center  dengan cloud sangat fleksible dalam skalabilitas . Karena semua  hal yang anda butuhkan hanya yang akan anda pakai saja, tidak membutuhkan investasi awal seperti perangkat atau instalasi lainnya. Dan yang paling penting cost  yang di keluarkan  hanya yang  benar-benar dipakai saja.

4.       Sistem ini sangat fleksible ketika di gunakan.  Artinya penambahan agen call center bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kesibukan. Pada saat kondisi sedang sibuk  maka solusi yang diberikan oleh Solusi Cloud Contact Center dapat memberikan kemudahan bagi para manajer untuk menambah karyawan dari lokasi yang berbeda untuk masuk ke tim mereka. Dimana proses integrasinya pun dapat di lakukan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena proses penambahan dalam sistem Cloud Contact Centre menggunakan portal web swalayan.

5.       Sistem ini bisa memberikan biaya pengelolaan dan upgrade yang cukup rendah. Termasuk didalamnya adalah menyangkut soal upgrade sistem, maka Cloud Contact Centre memberikan kemudahan dalam pengelolaan layanan bisnis dan proses upgrade sistem yang dilakukan sendiri oleh penyedia layanan. Begitujuga dalam melakukan maintenance seperti pemeliharaan sistem, pembaruan perangkat lunak,  serta proses backup terkait sistem solusi Cloud Contact Centre  tidak di kenakan biaya tambahan.

6.       Sistem ini memiliki keistimewaan dalam melakukan proses perkembangan yang cukup cepat.  Karena sistemnya yang tidak lagi membutuhkan infrastruktur TI di lokasi perusahaan. Maka untuk semua proses yang mesti di lakukan dalam sebuah perusahaan, implementasi yang akan di lakukan hanya membutuhkan tiga sampai empat minggu untuk instalasi awal.   Dan kenapa anda mesti memilih sistem Call Center Barantum, berikut kami sertakan beberapa testimoni dari pengguna sistem Call Center Barantum :

JURNAL ( MEKARI GROUP )

Integrasi  sistem call center mampu meningkatkan produktivitas team telemarketing “ Saat ini di Jurnal terdapat sekitar 70-an user call center dari total jumlah karyawan  yang ada di Indonesia. Manajemen melihat adanya pertumbuhan  kinerja yang semakin meningkat. Sehingga hal itu berdampak pada semakin membaiknya sistem pelaporan  keuangan  yang di jalankan oleh perusahaan.

CARSOME INDONESIA

Pola Kerja Agen Call Center Menjadi lebih Fokus dan Terencana “ Teknologi memang telah membuat pola kerja menjadi lebih  efektif dan efisien. Seperti itulah dampak yang bisa kita lihat dengan sistem Call Center Barantum, yang bisa menjadi salah satu strategi terbaik perusahaan dalam mengoptimalkan  kerja team agen call demi peningkatan omzet perusahaan.    

KOINWORKS

Kemudahan dari mulai Setting Awal, Integrasi Data hingga  Report Harian “ Karena divisi telemarketing adalah ujung tombak yang langsung berhubungan dengan customer ( calon klien dan klien). Maka di perlukan sistem call center yang stabil dan memenuhi standar kebutuhan team. Pada akhirnya efektivitas sistem call center Barantum berhasil membantu perusahaan dalam meningkatkan  produktivitas team telemarketing.

SICEPAT  EKPRESS

Peningkatan Produktivitas yang Terukur oleh Manajemen “ Saat ini agen call center  Si Cepat dapat menjawab incoming call dalam range waktu yang cukup singkat yaitu 3 detik. Ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan dibanding sebelum menggunakan sistem call center Barantum. Sehingga dengan sistem ini perusahaan bisa meningkatkan performance agen call center dengan angka pencapaian dalam  menjawab telephone hingga 98%.

ANTERAJA

Optimalisasi Perusahaan dalam Melayani Konsumen “ Dengan terus melakukan penilaian, evaluasi dan optimalisasi  kinerja customer service. Anterajaberharap visi perusahaan  untuk menjadi perusahaan penyedia jasa pengiriman  barang berbasis teknologi yang selalu Sigap, Aman,  Terpercaya, Ramah, Integrasi dan Amanah  bisa terwujud. Kesemua hal itu bisa terlaksana berkat dukungan dari sistem call center Barantum.                          

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank