author photo
achmad soheh
January 05, 2021

Integrasi WA Business API dengan CRM, Strategi Cerdas dalam Melayani Customer

Berkaca dari kondisi terakhir statistik yang ada di Indonesia dan dunia terkait penggunaan media sosial. Kita bisa melihat bahwa penggunaan Whatsapp menjadi salah satu media sosial yang menduduki posisi favorite. Dimana dari total pengguna Whatsapp dunia berdasarkan laporan Manajemen Whatsapp yang mencapai 2 miliar. Sedang di Indonesia sendiri kondisinya dari total pengguna internet di  Indonesia, 83%  memiliki whatsapp  ( berkomunikasi dengan wa).    


Dari kondisi diatas, apa  yang menarik bagi pelaku bisnis  jika di kaitkan dengan kondisi makro dan mikro ekonomi yang ada di Indonesia tahun 2020 dan prediksi tahun 2021. Tentunya kita bisa melihat adanya beberapa hal penting, jika kita coba kaitkan kondisi statistik di atas dengan strategi  pengembangan bisnis di tahun 2021.  

Pertama : Pelaku bisnis akan mencoba memaksimalkan potensi bisnisnya dengan melakukan integrasi sistem salah satunya dengan menggunakan aplikasi komunikasi Whatsapp.  Hal ini menjadi penting, karena dengan adanya integrasi  sistem dengan WA Business, maka sudah pasti operasional bisnis akan menggunakan WA sebagai salah satu tools bisnisnya.  

Kedua : Pelaku bisnis akan melihat bahwa WA Business App bisa menjadi media  promosi yang sangat efektif  bagi perusahaan. Selain berbiaya murah,  promosi dengan menggunakan WA cukup efektif dan efisien  untuk di lakukan. Sehingga perlu adanya pengubahan mindset berfikir terutama di kalangan Sales dan Marketing terkait model promosi melalui Whatsapp.  

Ketiga : Pelaku bisnis akan lebih mudah melakukan sinkronisasi sistem bisnis yang ada saat ini dengan aplikasi WA Business App.   Tujuannya adalah agar semua lini bisnis yang ada dalam perusahaan bisa terintegrasi menjadi satu kesatuan komersial yang akan menguntungkan perusahaan.  

Disamping minimal 3 dasar yang telah di jelaskan diatas . Sebenarnya penggunaan WA Business atau WA Business Web hingga WA Messenger.  Untuk strategi bisnis tahun 2021 sudah sangat tepat. Karena kita tidak bisa lupa, bahwa di tahun 2020 dan saat ini masih berlangsung adalah pandemi covid19.

Dimana konsekuensinya adalah divisi sales dan marketing akan mengalami beberapa kendala jika mereka ingin melakukan tatap muka dengan calon customernya.  Itulah sebabnya di tahun 2020 lalu, peningkatan penggunaan Whatsapp cukup signifikant perkembangannya.  


CRM Barantum, Aplikasi Bisnis yang Membuat Integrasi  WA Business App & CRM  menjadi Komplit  

Jika aplikasinya sudah tersedia yaitu menggunakan WA Business App yang di integrasikan dengan sistem aplikasi bisnis.  Maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mengoptimalkan aplikasi yang ada agar customer lama, calon customer baru bisa secara maksimal di “garap” oleh perusahaan.      

Salah satu cara untuk mewujudkan hal itu adalah, strategi memaksimalkan potensi bisnis pada sisi customer dengan bantuan CRM Barantum.  Tidak  bisa kita  lupakan, bahwa customer adalah aset penting bagi perusahaan. Ketika customer bermasalah, maka bisa jadi kinerja perusahaan juga akan terkontaminasi dengan masalah yang ada.  

Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, kini saatnya pelaku bisnis coba mengintegrasikan WA Business App yang di milikinya dengan aplikasi bisnis bernama CRM Barantum yang fokus dalam melakukan maintenance customer.   Hingga kini, CRM Barantum telah menjadi salah satu Offical Partner Whatsapp.

Sehingga dengan adanya masing-masing kekuatan tersebut membuat  aplikasi bisnis ini menjadi salah satu tools yang cukup di perhitungkan oleh pelaku bisnis dalam menjalankan operasional usahanya.   Begitu  banyak keuntungan yang bisa di dapat dengan adanya Integrasi WA Business APP dengan CRM Barantum. Contoh mudahnya saja, untuk WA Business APP sendiri, fitur yang  tersedia cukup menarik :

A.      Fitur Profil Bisnis : Fitur yang berisi Informasi perusahaan : email, alamat, website

B.      Fitur Perangkat Pesan : Fitur ini berguna untuk user dalam memberikan  jawaban  otomatis secara cepat kepada lawan bicara dari  customers.

C.       Fitur Kontak & Obrolan ( Label ) ; Fitur ini dapat di atur sesuai kebutuhan, sehingga tampilannya  bisa terlihat lebih rapi.

D.      Fitur Statistik : Dengan adanya fitur ini maka user ( pengguna ) bisa mensortir atau memfilter obrolan atau percakapan  baik secara personal, pesan dalam group hingga pengaturan pesan yang belum terbaca.

E.       Fitur Lainnya :  Fitur untuk pembuatan KATALOG Dalam fitur ini user ( pengguna ) bisa memasukan beragam informasi tentang produk dari mulai Photo hingga informasi produk lainnya. Caranya buka aplikasi WhatsApp Business, pilih pengaturan lalu katalog.

Kemudian pilih tambah produk lalu pilih foto produk dan sertakan informasi lengkap dengan maksimal 500 foto. Lalu simpan dan daftar katalog akan muncul di akun kamu.   Sedangkan fungsi dan keunggulan CRM Barantum sendiri cukup beragam. Sehingga dengan integrasi kedua sistem ini akan mampu memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi bisnis yang ada di sisi Customer.  Hingga pada akhirnya manajemen perusahaan bisa mengubah dari Customer biasa menjadi Loyal Customer berkat integrasi WA Business App dengan CRM Barantum.    

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank