author photo
PERUSAHAN BARANTUM
November 11, 2020

Synergy of Banking and CRM systems, Able to Increase Performance Up to 70%

Bisnis di sektor perbankan, adalah salah satu bisnis yang mesti bersifat dinamis. Karena bisnis ini adalah salah satu bisnis yang mesti bergerak mengikuti  tren bisnis yang terjadi pada suatu kondisi. Itulah yang pada akhirnya menjadi satu dasar, kenapa saat ini sektor  industri perbankan perlu adanya dukungan penuh dari industri berbasis IT ( Informasi Teknologi) agar permasalahan yang di hadapi industri ini bisa terselesaikan.  


Kondisi itulah yang baru-baru ini di sampaikan oleh Poltak Hotradero, seorang Senior Economist dari Bursa Efek  Indonesia. Analisanya yang cukup mendalam terkait kondisi diatas itulah yang pada akhirnya membuat dirinya membuat satu stateman terkait kondisi bisnis di sektor perbankan kedepan.    

Dalam sebuah analisanya, Poltak menyebutkan bahwa salah satu fakta dan kendala yang dihadapi industri perbankan saat ini dan kedepan terdapat  3 hal besar. Dimana ketiga hal besar itu terbagi dalam 3 point utama yang penjelasannya adalah : (1) Perusahaan di sektor perbankan harus memiliki strategi bagaimana menyalurkan pendanaan untuk tenor jangka panjang (2) Perusahaan juga harus siap dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas ASEAN.

Karena dengan adanya era ini maka pelaku dalam industri perbankan luar negeri bisa dengan mudah masuk ke Indonesia  (3) Bagaimana team perbankan mampu menggaet nasabah tidak dengan cara-cara  tradisional melainkan melalui teknik atau cara digital.   Kondisi itulah yang pada akhirnya mendasari kenapa pada akhirnya CRM Barantum cukup banyak digunakan oleh pelaku bisnis, salah satunya di sektor perbankan dan keuangan.

Penggunaan CRM Indonesia bukan sekedar pemanfaatan semata, tetapi secara nyata penggunaan CRM Barantum pada akhirnya bisa menjadi alternatif solusi dari permasalahan yang di hadapi pelaku bisnis di sektor perbankan. Seperti yang terjadi pada salah satu klien Barantum  yang fokus  pada sektor perbankan dan keuangan.  

Setidaknya dari  hasil wawancara dan analisa terhadap kendala yang di hadapi klien kami dalam sektor perbankan. Kami mendapatkan beberapa kesimpulan, bahwa dalam internal mereka ternyata terdapat beberapa hal yang membuat kinerja perusahaan kurang berjalan secara maksimal.

Dampaknya potensi omzet yang mungkin bisa di capai menjadi lepas.  Dari kondisi inilah kita bisa melihat beberapa kendala yang mereka hadapi : (1) Dari sisi pengelolaan SDM, perusahaan mengalami kesulitan dalam melakukan kontroling terhadap SDM khususnya di seltor Sales (2) Sedangkan dari sisi manajemen, perusahaan mendapatkan kesulitan tatkala SDM yang ada seperti sales di haruskan membuat laporan-laporan   yang mesti dikerjakannya agar mempermudah kerja manajemen dalam menentukan strategi bisnisnya masa kini dan mendatang.  

CRM BARANTUM, HADIR MENJADI ALTERNATIF SOLUSI DARI PERMASALAHAN DI  SEKTOR PERBANKAN

  Saat ini CRM  Barantum hadir menjadi salah satu alternatif solusi bisnis bagi pelaku bisnis. Dimana  peran yang di berikan oleh CRM Barantum adalah sinergi produk antara CRM dan Call Center. Sehingga permasalahan yang ada di sektor industri perbankan bisa secara nyata di selesaikan ketika perusahaan mengaplikasikan CRM Barantum.  

Ada beberapa hal yang membuat CRM Barantum mampu menjadi alternatif solusi bagi pelaku bisnis, tidak saja di sektor perbankan pada khususnya juga sektor industri lainnya pada umumnya. Karena saat ini dengan jumlah user aktif yang ada di Barantum mencapai 2.000-an user aktif dengan jumlah sektor industri yang menjadi klien Barantum sekitar 30-an jenis industri.

Maka bisa di katakan saat ini CRM  Barantum bisa menjadi salah satu alternatif solusi terbaik bagi pelaku  industri di Indonesia.   Sedangkan terkait beberapa hal yang menjadi kendala atau masalah yang di  hadapi sektor perbankan seperti   yang telah di jelaskan diatas. Serta permasalahan yang di hadapi oleh klien Barantum yang fokusnya dalam sektor industri perbankan ( Bank Perkreditan Rakyat ).

Maka  CRM Barantum memiliki solusinya yang di tuangkan dalam beberapa fitur  CRM-nya :  ( A), Fitur Manajemen Pelanggan Bisa di katakan  fitur ini menjadi salah satu fitur yang mampu secara aktif mempermudah kerja SDM yang ada di sektor perbankan.Tidak saja mereka yang bekerja sebagai team sales dan marketing, tetapi juga bagi SDM yang berada di divisi Adminitrasi dan  Umum. Kenapa, karena fitur ini memiliki beberapa  fitur tambahan yang akan menjadikan user yang menggunakan CRM  ini mampu memaksimalkan potensi bisnis yang ada pada calon klien dan klien. 

Diantara beberapa  fitur tambahan itu adalah : Manajemen Prospek, Manajemen Kontak dan  Manajemen Organisasi. Dimana menariknya dari Fitur Manajemen Pelanggan ini user dapat melakukan optimalisasi calon pelanggan dan pelanggan hanya dengan satu halaman saja. Sehingga kondisinya memudahkan user dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan followup calon pelanggan dan pelanggan.

Setidaknya dengan adanya   fitur ini maka kendala yang dihadapi sektor perbankan  seperti :  Bagaimana team perbankan mampu menggaet nasabah tidak dengan cara-cara  tradisional melainkan melalui teknik atau cara digital.  Dapat dijawab dengan penggunaan CRM Barantum.   (B), Fitur Manajemen Aktivitas : Fitur  ini juga memiliki fitur tambahan yang akan membantu user ( penggunanya ) untuk memaksimalkan potensi calon customer atau customer yang telah di miliki datanya oleh user yang bersangkutan atau perusahaan. 

Kenapa, karena Fitur Manajemen Aktivitas ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti : Aktivitas Panggilan, Aktivitas Pertemuan, Aktivitas Tugas, dan Catatan Aktivitas. Dengan adanya  fitur tambahan ini maka user ( pengguna CRM Barantum ) akan bisa memaksimalkan kendala yang di hadapi pelaku dalam sektor industri seperti :  Perusahaan di sektor perbankan harus memiliki strategi bagaimana menyalurkan pendanaan untuk tenor jangka panjang. Intinya dengan fitur manajemen aktivitas ini maka user akan lebih mudah untuk fokus dalam mengembangkan potensi yang di miliki calon customer atau customer. Karena semua hal yang terkait dengan customer sudah ter-record dengan baik dalam aplikasi CRM Barantum.  

(C), Fitur Manajemen Laporan  : Dan terkait strategi yang bisa di jalankan oleh perusahaan, khususnya  pada saat manajemen ingin melakukan kontroling terhadap team sales dan marketing yang ada. Maka CRM Barantum telah menyediakan satu  fitur yang  bernama Fitur Manajemen Laporan. Fitur ini mampu meningkatkan performa kerja dari team sales karena didalam fiturnya terdapat fitur tambahan seperti : Manajemen Laporan  Penjualan, Form Laporan Penjualan yang lengkap. Dengan beberapa fitur tambahan tersebut maka manajemen akan bisa lebih mudah untuk : (1) Mengetahui grafik pertumbuhan penjualan anda  (2) Manajemen dapat melihat progress pekerjaan dari masing – masing team sales serta (3)  Terdapatnya dashboard penjualan yang bisa di kustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. Nah berkah Fitur Manajemen Laporan inilah, salah satu klien Barantum  yang bergerak di sektor Bank Perkreditan Rakyat mampu meningkatkan performa bisnisnya dari 50-80%.  

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Member