author photo
achmad soheh
March 22, 2021

Performance Whatsapp Business API, Integrasi Media Komunikasi Bisnis Berbasis CRM

Mungkin belum banyak yang familiar dengan Whatsapp Business API. Tetapi sudah mulai akrab dengan Whatsapp Business. Sejatinya Whatsapp Business API adalah pengembangan fitur dari WA Business yang akan membuat penggunanya semakin profesional.  


Karena demikian, karena sejatinya perbedaan mencolok dari Whatsapp Business dan Whatsapp   Business API memang  bukan terletak pada konsep dan cara kerjanya. Tetapi perbedaannya justru bisa di bilang  tidak ada hanya lebih kepada penyempurnaan sistem dan aplikasi yang ada dalam Whatsapp Business API.  

Itulah yang pada akhirnya menjadi dasar, jika saat ini banyak  pelaku bisnis yang awalnya hanya menggunakan Whatsapp Business mulai berpaling dan menggunakan Whatsapp Business API.  Disamping lebih efektif dan efisiensi. Ternyata keunggulan lain dari Whatsapp Business API itu sendiri yang akan semakin membuat bisnis yang kita jalankan semakin terlihat profesional.

Karena fitur-fitur yang ada dalam Whatsapp Business API bisa memberikan service optimal kepada customer perusahaan baik yang sudah jadi ataupun baru akan menjadi customer.   Jika saat ini anda sebagai pelaku bisnis belum menggunakan Whatsapp Business API mungkin belum terlambat. Karena memang akan lebih baik anda menggunakan Whatsapp Business dahulu baru beralih ke Whatsapp Business API.  

Ada dua hal yang mendasari kenapa hal itu perlu anda lakukan. Pertama sebenarnya Whatsapp Business API adalah pengembangan teknologi dari Whatsapp Business. Dimana  pada dasarnya ketika anda menggunakan Whatsapp  Business ada beberapa fitur  yang menjadi andalan  anda seperti : Fitur Quick Reply, Greeting Message, Conversation Label, Broadcast Message dan lainnya.  

Kedua pada saat anda menggunakan Whatsapp Business API, sebenarnya semua fitur tadi tetap ada. Hanya memang ada penambahan fitur atau keunggulan dari Whatsapp Business API yang membuat aplikasi ini semakin menarik di gunakan oleh para pelaku bisnis. Fitur   itu adalah Chatbot, apa itu fitur chatbot : ini adalah salah satu fitur  unggulan yang memungkinkan pelaku bisnis suka dengan  Whatsapp Business API.  

Teknisnya adalah sebagai berikut : bahwa dengan adanya fitur chatbot maka customer akan lebih cepat dan mudah mendapatkan balasan secara otomatis terhadap apa saja  yang mereka tanyakan kepada perusahaan kapan-pun dan  jam berapapun. Fitur ini juga akan bisa secara langsung memberikan respon yang sangat cepat pada customer/ calon customer anda..  

Sehingga dampaknya sudah pasti akan mempermudah pekerjaan, meningkatkan kualitas layanan kepada customer dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Karena kita tidak akan tahu, kapan dan jam berapa customer akan bertanya, bisa pada jam istirahat atau  lepas kantor atau bisa juga tengah malam. Gimana jadinya pada saat customer bertanya tidak ada jawaban pasti mereka akan kecewa.    


WHATSAPP BUSINESS API, PILIHAN TERBAIK PELAKU BISNIS DALAM MELAYANI CUSTOMER  

Baca juga artikel berikut  : https://www.barantum.com/blog/5-keunggulan-strategic-wa-business-potensi-untuk-meningkatkan-revenue-perusahaan/


Bagi para pelaku bisnis atau profesional yang masih belum tahu apa sebenarnya tambahan API dibelakang Whatsapp Business. Sedikit kami jelaskan,  bahwa API  adalah Application Programming Interface. Atau mudahnya serangkaian kode-kode yang nantinya akan tersambung dengan sofware perusahaan. Sofware itulah yang pada akhirnya kelak akan di sambungkan dengan Whatsapp Business.  

Menyangkut fitur-fitur unggulan yang ada di Whatsapp Business API. Selain yang telah di jelaskan diatas, ada  beberapa  fitur yang masih menjadi andalan dalam Whatsapp Business API seperti : Fitur Verified Business Profile,  Fitur Multi-Agents Access, Fitur Use Automation, Fitur Send Bulk  Notification dan sudah pasti tadi Fitur Chatbot.  

Dengan sempurnanya  fitur-fitur tersebut maka jangan heran  jika pada akhirnya saat ini pelaku bisnis ada yang sudah mengubah pola komunikasi bisnisnya dengan menggunakan Whatsapp Business API. Karena kesempurnaan yang telah diberikan aplikasi ini mampu menjadi solusi terbaik dalam melakukan komunikasi bisnis tidak saja dengan customer, calon customer. vendor hingga mitra bisnis perusahaan.

Jika semua hal telah tersedia, maka apa lagi yang perlu menjadi kendala perusahaan dalam melayani customer dengan maksimal. Karena dengan keberadaan chatbot saja itu sudah begitu membantu perusahaan dalam mengoptimalkan  layanan kepada customer.  Seperti misalnya : Karyawan tidak lagi harus mempersiapkan waktu (meluangkan waktu) hanya untuk sekadar membalas pesan yang masuk.   Sehingga waktu yang telah digantikan oleh chatbot bisa di gunakan untuk mengoptimalkan pekerjaan lainnya  yang lebih berpotensi meningkatkan revenue bagi perusahaan. Sehingga tidak salah jika di katakan bahwa implementasi dari WhatsApp Business API sangat cocok untuk menunjang kinerja bisnis kamu yang semakin membesar.    


CRM BARANTUM SELANGKAH LEBIH MAJU JADI WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA  


Baca juga artikel berikut : https://www.barantum.com/blog/3-strategi-mengoptimalkan-pendapatan-dengan-whatsapp-business-api/


Menjadi perusahaan  yang fokus dalam bidang CRM. Barantum memang saat ini menjadi salah satu perusahaan CRM lokal yang selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya.   Tidak saja dalam bidang CRM tetapi  Barantum juga menyediakan sistem  komunikasi Call Center yang sudah terintegrasi.  

Dengan integrasi CRM dan Call Centernya yang menjadi keunggulan produk dari Barantum saja saat  ini sudah begitu banyak pelaku bisnis dari tingkat UMKM hingga enterprise terbantu untuk meningkatkan performance bisnisnya.  Semua itu di lakukan oleh Barantum sebagai bukti dan komitmen perusahaan untuk mendukung pelaku bisnis agar bisa lebih produktif, terlebih di  Era New Normal dan ekonomi yang belum kondusif .  

Kini Barantum hadir menjadi Whatsapp Official Partner   Indonesia.   Prestasi dan keberhasilan Barantum ini memang sebagai wujud apresiasi Barantum kepada customer atau klien yang selama  ini telah tergabung dalam keluarga besar Barantum. Kesemua itu dilakukan agar komunikasi bisnis  yang di jalankan oleh perusahaan bisa lebih optimal. Apalagi kita  tahu Whatsapp Business API sudah menjadi media penting bagi pelaku bisnis di Era Industri 4.0.   Ada dua hal menarik  yang bisa di dapat customer dengan adanya kolaborasi CRM Barantum menjadi Whatsapp Official Partner Indonesia. 

Bahwa saat ini customer Barantum bisa menggunakan Whatsapp CRM  untuk mengoptimalkan aktivitas mereka dalam mengelola dan mengontrol customer yang mereka miliki.   Begitu juga dengan penggunaan Whatsapp Ticketing,  akan semakin mempermudah SDM yang ada dalam perusahaan dalam mengelola dan memberikan service dan pelayanan  yang paripurna  kepada customer atau calon customer perusahaan. Ini adalah sebuah terobosan bagi pelaku bisnis yang diberikan oleh CRM Barantum .  

Lantas dengan adanya kolaborasi CRM  Barantum menjadi Whatsapp Official Partner Indonesia . Mungkin bagi pelaku bisnis yang belum tahu bertanya, apa keuntungan yang bisa di dapat setelah adanya kolaborasi bisnis tersebut. Setidaknya  ada tiga hal penting  yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan  Whatsapp  Business API  dengan  terintegrasi CRM Barantum.  

1.       WA Business API  : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan 

2.       WA Business API : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)  

3.       WA Business  API : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).        

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank