author photo
Tech Writer iDevice
October 03, 2020

Peluncuran iPhone SE 2 Dan Bola Panas Pemblokiran IMEI perangkat Non HKT

iPhone SE 2020 cukup menjadi idaman diawal-awal perilisannya. Namun, untuk yang didapat dari unit hand carry. Begitu rilis di Indonesia? Kami Mencoba mendatangi salah satu pusat perbelanjaan untuk mengecek ke Retail Store Apple, yakni iBox Margo City di daerah Depok, Jawa Barat. Bagaimana penampakannya?

Kami fikir, oh mungkin bukan karena di Pusat perbelanjaan yang cukup ramai. Karena ini di Pinggiran Jakarta. Lalu apa yang kami dapat selama disini?

Pusat-pusat perbelanjaan, khususnya ponsel cukup sepi. Bagusnya adalah ini juga untuk menekan angka Pandemi COVID. Tak perlu khawatir, kami melakukan riset kesini cukup memakai standar dengan masker yang disarankan. Bukan hanya satu masker kesehatan, namun juga dilapisi masker scuba terlebih dahulu.

Kami cukup lama melakukan perbincangan di Retail Store tersebut. Lalu kami sedikit mencoba mencari tahu apakah pengaruh perihal IMEI cukup banyak dan para user iPhone banyak bertanya kesana, bagaimana dengan peraturan IMEI? Salah satu pekerja disana menyebut bahkan ada user iPhone yang melakukan pembelian pada November 2019, dengan model number LL (United States) ada yang terblokir? Bagaimana dengan skema whitelist yang pernah diperbincangkan oleh Kominfo? Perangkat HKT yang sudah aktif dibawah 18 April terkena blokir, siapa yang disalahkan?

Baca Juga

Karena di sebelahnya ada Telkomsel Grapari, kamipun menyambangi kesana. Sambil mengaktifkan kembali Kartu Halo yang rusak, kami sedikit melakukan percakapan disana. Kami bertanya bagaimana dengan perangkat IMEI yang tidak bisa mengaktifkan Sim Card? Operator Plat Merah tersebut mengungkapkan fakta bahwa mereka cukup banyak mendapatkan komplain karena ketidaktersediaan Signal di ponsel mereka. Sedangkan, operator tersebut hanya bisa membantu apabila kartu rusak atau tidak terbaca di semua device. Sementara di Device lain, ada signal terbaca. Dan di Ponsel mereka yang notabene dari luar negeri, dan sudah aktif sebelum 18 April 2020 terdampak?

Seperti yang sudah kita ketahui, salah satu perwakilan dari Kominfo pernah menyebut bahwa Skema Whitelist berlaku untuk Produk HKT yang sudah aktif sebelum tanggal 18 April 2020. Bagaimana dengan Produk diatas tanggal tersebut? Ada beberapa yang masih aktif, ada yang tidak. Jadi, bagaimana skema whiteliist yang pernah diperbincangkan oleh Kominfo tersebut?

Dahulu, ketika ramai-ramainya diperbincangkan perihal IMEI Whitelist, beberapa user tenang-tenang saja.Namun ada yang seru dari Problem tersebut. Rupanya selagi asyik menulis problem ini, kami mendapatkan laporan bahwa terdapat problem di Produk Non HKT yang terkena blokir. Produk apa itu? Modem Mifi Router.

Seorang user dengan username @Veronica_two bertanya kepada Kemkominfo. Berikut isinya

Bahkan, dari telpon ke ekstensi 159, mereka menginformasikan banyak komplain hal serupa, ada juga yang komplain bahwa GPS jadi tidak bisa digunakan.

Baca Juga

Jadi, akan ada apa berikutnya terhadap aturan ini? Kita tunggu saja.

discuss-like Like
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank