author photo
achmad soheh
January 08, 2021

Optimalkan Revenue dari Customer di Era New Normal, dengan CRM Integrasi + Whatsapp Business API


Dalam kondisi apapun, yang namanya customer memang menjadi salah satu item yang akan selalu di jaga oleh perusahaan. Bukan karena customer adalah salah satu aset bagi perusahaan, tetapi customer bisa menjadi media untuk menentukan arah dan perkembangan perusahaan di masa mendatang.    


Itulah sejatinya kondisi yang mesti menjadi perhatian kita selaku pelaku bisnis. Bukan saja karena saat ini kondisi ekonomi sedang tidak stabil. Dimana Era New Normal dengan pembatasan yang telah di tetapkan sesuai kebijakan pemerintah sedang berjalan. 

Itulah yang membuat pelaku bisnis mesti melakukan strategi jitu dalam mempertahankan kinerja perusahaannya.   Memang untuk membuat kondisi bisnis tetap stabil di kala pandemi covid19, di butuhkan komitmen yang jelas  tidak saja dari manajemen  tetapi juga dari seluruh staff karyawan. Tanpa adanya komitmen dari kedua belah pihak, mustahil semua hal yang di harapkan oleh manajemen akan tercapai.  

Dimana salah satu komitmen yang mesti di jalankan adalah  dengan mengutamakan bentuk komunikasi bisnis yang tepat. Kenapa, karena komunikasi saat ini menjadi salah satu strategi  jitu bagi perusahaan di kala pandemi covid19 masih berlangsung.  Hanya yang jadi masalah adalah, seperti apa komitmen  dari pilihan komunikasi bisnis yang akan di pilih. Apakah sudah sesuai dengan kondisi saat ini atau tidak.  

Beruntung saat ini CRM ( Customer Relationship Management) salah satu aplikasi bisnis yang banyak di gunakan oleh pelaku bisnis telah berkembang cukup pesat. Fungsinya tidak saja di gunakan oleh divisi sales dan marketing, tetapi CRM juga bisa di gunakan untuk oleh semua divisi yang ada di dalam perusahaan. Seperti misalnya divisi HRD, divisi  Finance& Keuangan, divisi Teknis serta beberapa divisi lain yang di sesuaikan dalam sebuah perusahaan.  

Itulah yang saat ini terjadi dengan CRM Barantum, selain bisa di gunakan oleh semua divisi yang ada dalam sebuah perusahaan. Menariknya lagi adalah, CRM Barantum telah terintegrasi dengan model komunikasi  yang saat ini cukup favorite di masyarakat. Dari mulai media sosial seperti Facebook, Instagram, Yahoo hingga Email  yang tergabung dalam CRM Omnichannel. Saat ini CRM Barantum juga  telah terintegrasi dengan Whatsapp Business API, sehingga dengan adanya kolaborasi tersebut membuat CRM menjadi salah satu aplikasi bisnis yang paling banyak di gunakan.  

KEUNGGULAN CRM JIKA PASCA INTEGRASI DENGAN WHATSAPP BUSINESS API  

Yang jadi pertanyaan bagi para pelaku bisnis adalah, kenapa CRM  terintegrasi dengan Whatsapp Business API.  Mungkin beberapa kondisi berikut bisa menjadi jawabannya : ,

1.        CRM sistem  yang user friendly, karena bisa di aplikasikan pada Handphone atau PC (Laptop)

2.       CRM lebih mudah di integrasikan dengan sistem apapun. Seperti saat ini dimana Media Social jadi salah satu sarana media komunikasi yang efektif.  Maka CRM bisa diintegrasikan dengan Media Social menjadi CRM Omnichannel.

3.       CRM bukan sekedar aplikasi untuk Divisi Sales & Marketing.  Tetapi bisa  untuk Divisi lain seperti : Customer Service, Adminitrasi & Umum, HRD, hingga  Divisi Workshop & Training.

4.       CRM bisa di gunakan  untuk melakukan  pengumpulan data dan analisa data customer.  dengan cara tersebut bisa memaksimalkan potensi customer yang ada di perusahaan.  

Itulah  yang membuat saat  ini para pelaku bisnis mencoba mengalihkan konsep komunikasi bisnisnya dengan model CRM Integrasi. Selain keberadaan Whatsapp Business sendiri yang secara fungsi saat ini sudah cukup berkembang dengan pesatnya.  Juga karena Manajemen Whatsapp sendiri telah mengembangkan model sistem keamanannya sehingga pengguna merasa aman dan nyaman dalam menggunakan Whatsapp  Business.  

CRM BARANTUM JADI OFFICIAL PARTNER WHATSAPP ( SEHINGGA MUNCUL FITUR WHATSAPP BUSINESS API). 

Jadi bukan tanpa alasan, jika pada akhirnya saat ini CRM Barantum pun telah melakukan kolaborasi bisnis dengan Whatsapp Business API guna mengoptimalkan potensi bisnis yang ada di sisi customer. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat Manajemen atau User dengan mengaplikasikan CRM Barantum dengan Whatsapp Business API :

1.       Dapat meningkatkan performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )

2. Dapat meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)

3. Dapat meningkatkan dan mengubah kualitas customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer )                                        

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank