author photo
achmad soheh
March 18, 2021

KOLABORASI 2 SISTEM OMNICHANNEL DALAM PERSPEKTIF BISNIS DI ERA NEW NORMAL


Bagaimana jadinya jika ada dua sistem omnichannel di persatukan dalam membahas  perkembangan bisnis di  Era New Normal saat ini. Itulah inti dari webinar yang akan di laksanakan pada tanggal : 19 Maret 2021 mengangkat tema : Strategi Omnichannel Marketing untuk meningkat revenue perusahaan.  ( Jika tertarik ikut bisa registrasi ke link berikut :Bit.ly/reg19maret ) 



Sebuah bisnis memang bergerak begitu cepatnya. Sehingga ketika pelaku bisnis terlambat dalam mengantisipasinya, maka hanya ada dua hal yang  terjadi : Pertama perusahaan (bisnisnya ) akan cenderung stagnan, kedua perusahaan (bisnisnya) lama-lama akan  terpuruk dan akhirnya selesai.  

Itulah dua kondisi yang akan terjadi ketika sebuah bisnis terlalu asik dengan kenyamanan dan kemapanannya. Padahal untuk bisa menjadi besar sebuah bisnis itu mesti bergerak. Dan salah satu pergerakan yang mesti di lakukannya adalah mencoba untuk updating dengan kondisi yang ada. Karena dari pada  harus selalu melakukan  terobosan bisnis. Cara lebih baik adalah dengan mengikuti terobosan  bisnis yang sudah ada atau sedang berlangsung.  

Memasuki tahun 2021, dimana Era New Normal sudah mulai di jalankan.  Sejatinya ada sebuah strategi bisnis yang menarik untuk kita simak. Jika dahulu dalam dunia marketing kita mengenal adanya Bauran Pemasaran atau Marketing Mix.  Kemudian dalam   teori sebuah produk kita mengenal adanya Product Life Cycle. Maka kini, kedua  strategi di satukan dalam sebuah sistem yang bernama Omnichannel Marketing.  

Jika di dalam dunia  IT ( Information Technology) kita sudah lama mengenal yang namanya Omnichannel CRM. Sebuah sistem aplikasi berbasis customer dengan integrasi yang kompleks termasuk di dalamnya ada Media Sosial yang di satukan dalam sebuah sistem CRM Integrasi. 

Kini dengan semakin tingginya tingkat persaingan dalam bisnis. Dimana dalam kondisi ekonomi yang belum normal, seakan strategi Omnichannel Marketing hadir  menjadi salah satu alternatif  bisnis yang bisa menjadi solusi para pelaku bisnis.   Nah bagaimana jadinya ketika dua sistem  omnichannel ini di satukan dalam sebuah webinar marketing series.

Tentu ini adalah sebuah terobosan ilmu dan pengetahuan yang akan menarik. Dimana basis data dari Omnichannel adalah pengembangan teknologi. Sementara menyangkut omnichannel marketing, sudah pasti basisnya adalah data-data sales dan marketing yang ada di setiap perusahaan.  

Kesuksesan Barantum  (vs ) Ice Cream Campina   ·        
Insight positif dengan  Barantum melakukan terobosan dalam pengembangan . Sehingga memperkenalkan Omnichannel CRM hasilnya adalah :  Peningkatan klien Barantum cukup signifikan, tahun 2018 (74 perusahaan), 2019 ( 156 perusahaan) dan tahun 2020 ( 216 perusahaan). ·        

Insight positif dari Ice Cream Campina dalam melakukan strategi Omnichannel Marketing: penjualan campina di saluran online tumbuh 550% selama April-Mei 2020. Penjualan online Campina kembali tumbuh tiga digit 910% pada tahun 2020 vs 2019. Selama Januari-Februari 2021 penjualan online campina tumbuh dua digit 251% vs YTD 2020.        


discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank