author photo
achmad soheh
April 06, 2021

Keunggulan Whatsapp Business, Selalu Mengupdate Fiturnya sesuai Kondisi Bisnis

Salah satu  hal yang membuat kondisi bisnis saat ini berbeda adalah keinginan  bagi pelanggan atau customer untuk bisa mendapatkan layanan yang cepat dan efisien. Dimana kondisi tersebut ternyata bisa di penuhi dengan adanya aplikasi Whatsapp Business.  Wajar jika pada akhirnya Manajemen Whatsapp selalu melakukan  inovasi untuk meningkatkan service dan layanannya  bagi customer/ pelanggannya.  


Tren komunikasi bisnis memang bisa terjadi karena banyak  hal. Salah satunya adalah dengan adanya perubahan dari sistem komunikasi bisnis yang ada di sektor industri. Sehingga dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan akan adanya sarana penunjang komunikasi yang baik untuk para pelaku bisnis. Maka pilihan media komunikasi yang tidak saja mudah di gunakan, murah dalam biaya operasional dan berdaya guna  tinggi. Itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor yang membuat saat ini aplikasi Whatsapp Business cukup aktif di gunakan oleh pelaku bisnis.  

Berdasarkan analisa yang ada, kita bisa melihat bahwa Whatsapp Business saat  ini telah menjadi  sarana yang cukup simple ( user friendly) pada  kondisi seperti masa pandemi covid seperti saat ini.  Dimana adanya kendala  untuk kita bertemu dan melakukan meeting terbuka dengan seseorang, membuat pelaku bisnis memilik aplikasi yang memang bisa menjadi solusi.   Jika pada akhirnya di pilih aplikasi Whatsapp, itu karena saat ini ada lebih dari 175 juta orang berkirim pesan ke akun Whatsapp  Business.

Dasarnya berdasarkan penelitian yang ada, karena pengguna lebih menyenangi berkirim pesan ke bisnis dari pada menggunakan media atau cara lain untuk mendapat layanan sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan.   Oleh karena itulah, berdasarkan kondisi yang ada  Manajemen Whatsapp Business dan Whatsapp Business API sebagai sebuah aplikasi komunikasi yang terkini.  Selalu berusaha untuk mengupdate kondisi yang ada dengan beragam fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti beberapa fitur berikut yang akan mempermudah komunikasi anda sebagai pelaku bisnis dengan customer atau pelanggan yang membutuhkan perhatian dan service anda.  


3 FITUR UNGGULAN DARI WHATSAPP BUSINESS  GUNA MENINGKATKAN SERVICE KEPADA CUSTOMER/ PELANGGAN


Baca juga artikel  berikut : https://www.barantum.com/blog/whatsapp-business-api-efektif-untuk-para-pelaku-industri-e-commerce/


  Yang terbaru dari aplikasi   Whatsapp Business adalah 3 fitur berikut yang akan membuat metode dan sistem operasional bisnis anda menjadi lebih mudah dan menarik. Kenapa, karena ke=3 fitur tersebut memang di kembangkan berdasarkan kebutuhan pasar terhadap adanya sistem komunikasi yang lebih baik.  

1.       FITUR BELANJA

Fitur ini sengaja di kembangkan guna meningkatkan performance pelaku bisnis dalam menyediakan aktivitas promosi dari produk-produk yang sedang di pasarkan. Harapannya adalah dengan adanya fitur tersebut makin memudahkan customer atau calon pembeli untuk melihat produk-produk apa saja  yang sedang di publist serta spesifikasi dari produk tersebut. Yang menarik lagi adalah fitur ini bisa di integrasikan dengan solusi  perdagangan dan solusi pelanggan yang sudah mereka miliki. Sehingga  hal ini akan memperkuat sistem  yang mereka sudah jalankan. Fitur ini bisa membantu para pelaku bisnis UMKM yang selama ini terkena dampak pandemi covid.  

2.       FITUR LAYANAN HOSTING FACEBOOK

Salah satu integrasi sistem baru  yang juga akan menguntungkan bagi pelaku bisnis adalah, akan terintegrasinya Whatsapp Business dengan aplikasi FACEBOOK.  Caranya adalah, pihak Manajemen Whatsapp menyediakan opsi dalam hal pengelolaan pesan yang masuk melalui Facebook. Sehingga dengan adanya integrasi  Whatsapp dan Facebook  jelas akan menguntungkan pelaku bisnis dari tingkatan kecil dan menengah. Karena mereka bisa melakukan memulai pempromosikan  produknya, menjual produknya serta memperbaiki kondisi dan database inventaris dengan cara merespon dengan baik pesan yang di terima oleh perusahaan.  Sehingga hal itu bisa dilakukan oleh petugas atau  user dimanapun ketika mereka berada.  

3.       FITUR PENJUALAN LAYANAN BAGI BISNIS

Memang untuk  fitur yang terakhir  ini ada konsekuensi cost yang mesti di keluarkan. Tetapi tujuannya adalah agar konsentrasi bisnis yang di jalankan oleh para pelakunya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga konsep pengembangan fitur yang di  tujukan untuk meningkatkan bisnis dan menyediakan dan memperluas layanan perpesanan teks dan suara serta video benar-benar bisa menjadi salah satu media komunikasi  yang efektif dan efisien dalam kondisi bisnis yang sedang tidak kondusif  seperti saat ini.  


KOMITMEN BARANTUM DALAM MENDUKUNG KELANCARAN BISNIS PELAKU BISNIS. CARANYA DENGAN MEMBENTUK WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA.  


Dengan semua keunggulan yang dimiliki  oleh Whatsapp Business API itulah yang pada akhirnya membuat Barantum menjalin kolaborasi bisnis dengan Manajemen Whatsapp. Dengan terbentuknya Whatsapp Official Partner Indonesia, upaya  Barantum dalam mendukung  kelancaran bisnis pelaku industri bisa di wujudkan.   Karena seperti  yang telah di jelaskan diatas, dengan pelaku industri/bisnis menggunakan  Whatsapp Business API setidaknya tiga manfaat yang  bisa di dapat :

(1) Perusahaan akan dimudahkan dalam berkomunikasi dengan customer dan  mitra bisnis. Karena fitur dalam Whatsapp tersebut sudah mendukung kelancaran sistem komunikasi bisnis yang di harapkan kedua belah pihak. Terlebih bagi pelaku bisnis yang saat ini sedang menjalankan model bisnis E-commerce. Keberadaan kontak bisnis sebagai media komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki.  Dengan  kontak bisnis tersebut  sangat membantu dalam upaya mengoptimalkan hubungan dengan customer/ pelanggan. 

(2) Perusahaan jadi  lebih terlihat kredibel  terpercaya dan memudahkan  bagi calon customer atau mitra bisnis mudah dalam melakukan penilaian terhadap kondisi perusahaan yang bersangkutan. Hal itu tentu saja karena adanya Profil Bisnis / Perusahaan yang terdapat pada profil Whatsapp Business API.  Dan pada akhirnya  profil bisnis tersebut juga bisa di gunakan sebagai branding produk dan perusahaan.

(3) Perusahaan di mudahkan dalam program Promosi atau melakukan Branding bagi perusahaan dan produk. Karena dengan adanya fitur katalog dan kategori bisnis, semua  itu sangat membantu perusahaan untuk bisa di kenal dan memperkenalkan profil perusahaan sebagai sebuah aktivitas promosi dan strategi marketing yang cukup menarik.   Dengan semua kondisi itulah, yang membuat keberadaan kolaborasi  Barantum dan Whatsapp makin  lengkap.  

Dimana kita tahu dengan beragam fitur istimewa tersebut  membuat perusahaan  telah memiliki beberapa keunggulan.  Keunggulan tersebut sangat berguna untuk menjalankan aktivitas bisnis dari perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan  dengan adanya tambahan aplikasi CRM Barantum, maka semua hal yang berhubungan dengan database customer, calon customer maupun mitra bisnis perusahaan bisa tertata dan di maintenance dengan cukup baik dengan bantuan aplikasi CRM. Sehingga jika semua sisi bisnis dari perusahaan sudah tertangani dengan baik tinggal pelaku bisnis berfikir bagaimana merencanakan  beragam terobosan dan strategi bisnis untuk bisa meraih revenue lebih banyak. Karena secara sistem dan struktur operasional sudah tercover dengan cukup baik dengan adanya integrasi Whatsapp dan CRM.    

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank