author photo
Gerald Mamengko
September 16, 2020

Designer UX pengen produktif? Yuk Baca! Final Part.

Hallo teman-teman! setelah saya pikir-pikir ternyata part 1 dan 2 saja tidak cukup. Saya rasa hal ini pun WAJIB dibagikan ke kalian dan…. hal ini merupakan resep yang selalu saya terapkan untuk mendapatkan Goodvibes dalam mendesign sebuah product!.

Pssstttttt tolong resep ini kalian gunakan dengan baik dan benar yaa… karena kalau tidak kalian bisa lupa akan focus utama kalian yaitu menjadi PRODUKTIF! oke?

. . .

Yuk bbeeeeeeeeeerrrrrrrrImaaaaaajjjjjjjiiiiiiinnnaaaasssiiiii!

1. Berimajinasi

Waktu saya kecil (around 7 years ago) sebelum ke sekolah tidak lupa untuk selalu menyempatkan waktu menonton kartun lucu ini. ada kalimat menarik yang saya selalu ingat sampai saat ini, “Welcome aboard the S.S Imagination*, where our only destination is fun and adventure!”-Spongebob Squarepants.

Yang setuju dengan spongebob pasti sekarang sedang senyum-senyum sendiri :D. So, jangan lupa untuk selalu memberi ruang untuk imajinasi kalian ya.. guys!.

. . .

2. Feel the music inside!

Diantara teman-teman mungkin lebih bahagia melakukan sesuatu sambil bernyanyi! (Termasuk saya). Tidak dipungkiri musik dapat memberikan sensasi berbeda kepada pendengarnya. Contohnya jika ingin mendapatkan focus yang lebih dalam kamu cukup mendengarkan musik bertemakan deep focus, dan jika kamu ingin lebih bersemangat cukup memutar musik dengan tema EDM, ROCK, bahkan DANGDUT. So, please feel the music!

. . .

3. Traveling

Wahai kalian para UX'er percayalah traveling dapat membantumu untuk berinovasi lebih baik lagi dari sebelumnya dan juga bisa memberikan kamu ide-ide baru yang mungkin tidak dapat kamu bayangkan saat berada di kantor. Sedikit saran cobalah untuk traveling sendirian ketemu orang-orang baru yang kamu tidak kenal sama sekali kenapa?, dengan begini kamu akan meningkatkan sedikit demi sedikit ilmu empathy dan berkomunikasi kamu di masyarakat luas. Cobalah memahami tiap pribadi yang kamu temui dan pelajari pola hidup mereka. Lebih extrem lagi tinggalah beberapa hari bersama mereka. DIJAMIN lu bakal terpukau! (Sudah sering saya lakukan). Jadi kapan mulai traveling? :)

. . .

4. Internship

Well, sebelum terjun sebagai UX Designer saya sempat Intern di sebuah perusahaan penerbitan buku di jogjakarta. Disana saya menjadi perserta magang bersama 5 teman saya dari universitas berbeda di jogjakarta. Banyak hal yang saya dapatkan pada saat menjadi intern mulai dari saya dipercayakan untuk mengikuti pelatihan di Social Media Week 2017 jakarta, Kemudian menjadi marketing analyst, SEO, SEM, dan beberapa Ilmu Digital Marketing. Semua itu saya dapatkan cuma-cuma dengan hanya menjadi Intern! So, please do Intern do think too much.

. . .

5. Networking

Entah mengapa menurut saya networking sangatlah penting. Karena, dengan saya mengenal banyak orang dan dapat belajar dari mereka saya bisa lebih cepat lagi dalam belajar.

Carilah teman yang banyak dan belajarlah dari mereka

Akhirkata …

Menjadi seorang UX Designer adalah hal yang mulia, kenapa saya bilang begitu? karena kita mau bersusah-payah untuk ngurusin persoalan hidup manusia. Untuk menjadi produktif saja dirasa tidaklah cukup bagi sebagian leader kita karena itu tetaplah lakukan yang terbaik dan jangan cepat putus asa :).

Source by Unplash

"Terima kasih sudah membaca artikel sederhana ini"

discuss-like Like
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor