author photo
achmad soheh
December 22, 2020

CRM Barantum, Solusi Terkini dalam Mengoptimalkan Potensi Customer

Berawal dari modal awal sekitar Rp100 jutaan, kini Barantum mampu mencetak laba tahunan hingga Rp miliaran rupiah. Sebuah pertumbuhan yang bisa dikatakan cukup signifikan.  Itulah Barantum, salah satu CRM lokal  yang mampu bersaing secara kualitas dengan CRM dari luar negeri.    



Tahun 2015 adalah tahun terpenting bagi seorang Handri Kosada, CEO Barantum.  Karena pada tahun itulah, mula pertama seorang Handri memproklamirkan berdirinya Barantum. Sebuah perusahaan dalam negeri yang fokus dalam pengembangan aplikasi bisnis seperti CRM (  Customer Relationship Management).  

CRM Barantum sendiri, memang diawal berdirinya tidak di fokuskan untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisnis. Tetapi Handri sengaja mengembangkan aplikasi tersebut guna memaksimalkan kinerja team sales dari bisnisnya yang berada di Singapura.  Namun kondisi berkata lain, insting bisnis seorang  Handri Kosada justru berkata lain.  Dirinya merasa yakin bahwa CRM  tersebut bisa menjadi salah satu core bisnis yang potensial untuk di kembangkan di Indonesia.  

Kondisi itupun kini terbukti, sejak berdiri tahun 2015 hingga saat ini  tahun 2020,  perkembangan Barantum cukup menarik. Dari user yang di awal tahun hanya berkisar satuan, saat ini jumlah user aktif yang menggunakan aplikasi Barantum berkembang menjadi ribuan. Bukan hanya user aktifnya saja  yang berkembang. Bukti nyata bahwa aplikasi ini memang di butuhkan oleh pelaku bisnis terlihat dari jumlah katagori sektor industri yang menjadi klien Barantum cukup beragam. Setidaknya  ada kurang lebih 20-an jenis industri yang saat ini menjadi klien loyal dari CRM Barantum.  

Ada beberapa keunggulan yang membuat CRM Barantum cukup diminati oleh semua pelaku bisnis dari beragam kalangan : (1) CRM Barantum membagi paketnya menjadi 3 bagian  yaitu Paket Standar, Profesional dan Enterprice. Ini membuat pelaku bisnis dengan mudah menentukan pilihan paket mana yang akan di pakai sesuai besaran usahanya. (2) CRM  Barantum selalu melakukan updating produknya dengan memperhatikan tren bisnis yang sedang berkembang. Seperti saat ini dengan maraknya penggunaan sosial media. Maka CRM Barantum  telah diintegrasikan dengan sosial media sehingga menjadi CRM Barantum Omni channel (3) CRM Barantum memiliki standar pelayanan customer yang cukup baik. Ini menjadi sentral pelayanan yang diberikan oleh team Barantum kepada semua customer. Sehingga sekecil apapun masalah yang di hadapi customer akan dengan cepat di selesaikan oleh team dari Barantum.  

Bukan hanya itu, sebagai bukti CRM Barantum memang di butuhkan oleh pelaku bisnis adalah terpilihnya produk CRM Barantum sebagai Produk yang mendapatkan penghargaan. Dalam sebuah acara  yang bertajuk The Entrepreneurs Society, CRM Barantum menyabet  prestasi : BEST CUSTOMER RETENTION 2019. Inilah wujud loyalitas dan apresiasi yang diberikan customer terhadap service dan pelayanan yang diberikan oleh team Barantum.      

Lantas apa sih sebenarnya CRM tersebut dan kenapa CRM Barantum terus bertambah jumlah penggunanya sekalipun dalam kondisi covid sekalipun.  Secara garis besar, sejatinya CRM adalah sebuah tools yang bisa memberikan begitu banyak manfaat dan kegunaan. Tidak saja bagi perusahaan yang bersangkutan, tetapi juga bagi pengguna atau user itu sendiri.  

Secara  garis besar kita bisa jelaskan  beberapa manfaat yang melekat langsung terhadap penggunaan CRM dalam sebuah bisnis : (1) CRM bisa meningkatkan kualitas hubungan perusahaan dan customer menjadi lebih baik. Sehingga customer  bisa menjadi loyal customer (2) CRM bisa memberikan peningkatan kualitas kerja dari internal perusahaan. Karena  implementasi CRM dalam perusahaan mampu meningkatkan  kolaborasi team dari semua divisi menjadi lebih baik (3) CRM bisa memberikan dampak positif bagi pelayanan kepada customer. Sehingga peningkatan efisiensi dan efektivitas  terhadap customer bisa terwujud.  

(4) CRM mampu menghilangkan atau memperkecil terjadinya  gesekan  atau salah paham diantara internal perusahaan dengan customer. (5) CRM pada akhirnya bisa meningkatkan performance perusahaan, sebagai dampak dari peningkatan transparansi dan produktivitas dari database yang ada. (6) CRM bisa memberikan peningkatan kualitas dari sisi kepuasan SDM menjadi lebih baik. Karena  implementsi CRM yang ada bisa menjadi sarana untuk menilai KPI SDM secara fair. (7) CRM pada akhirnya bisa menjadi alat atau media untuk melakukan penghematan atau pengurangan cost operasional secara signifikan.

Dan terakhir (8) CRM bisa menjadi trigger untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan.   Itulah sekilas profil Barantum, sebuah perusahaan lokal yang di bangun oleh Handri Kosada, pebisnis yang mengenyam pendidikan di Universitas Bina Nusantara. Hingga kini, Barantum tidak saja di kenal di kalangan pelaku bisnis yang berasal dari puluhan sektor industri. Tetapi Barantum juga  telah menjalin kerjasama dalam mensosialisasikan penggunaan CRM dengan beberapa komunitas bisnis hingga assosiasi bisnis.   

Dari mulai UKM Indonesia, ALI ( Asosiasi Logistik  Indonesia ), ICCA ( Indonesian Contact Center Association), KOMISI (Komunitas Sales Indonesia), APPBI ( Asosiasi Pengelola Pusat Belanja  Indonesia), hingga KADIN (Kamar Dagang dan Industri). Dan tidak jarang Barantum juga turut diundang dalam beberapa kegiatan pemerintahan seperti kegiatan yang di adakan oleh Kementerian  Koperasi dan UKM dan lainnya.   Bisnis memang harus terus berkembang, begitupula dengan Barantum. Konsep bisnisnya yang masih bisa berkembang cukup besar  terus di integrasikan dengan beragam terobosan dan inovasi produk yang menarik. Salah satunya adalah memindahkan sistem cloud yang semula berada di Singapura ke Indonesia. Ini adalah bukti dan komitmen Barantum dalam memberikan pelayanan yang paripurna kepada semua customer yang sudah mempercayakan implementasi bisnisnya dengan menggunakan CRM Barantum.

 

STRATEGI BISNIS MERAIH CUSTOMER DI ERA  NEW NORMAL 2021  

Jika ingin tahu bagaimana Barantum mampu membuat strategi dalam meraih customer,  khususnya di pada saat Covid19 tahun 2020. Serta konsep maintenance customer agar bisa membuat customer menjadi Loyal Customer. Ikuti Webinar kami  dengan  tema : STRATEGI BISNIS MERAIH CUSTOMER DI ERA NEW NORMAL 2021.  Acara  akan di adakan pada tanggal 29 Desember 2020 pada jam 14.00 s/d16.00 ( sampe selesai). Untuk Link Pendaftaran bisa di KLIK DISINI





discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank