author photo
achmad soheh
March 23, 2021

3 Fitur Istimewa “ WHATSAPP BUSINESS API “ Yang di sukai Pelaku Bisnis


Dalam memilih aplikasi bisnis berbasis komunikasi. Biasanya seorang pelaku bisnis akan mencari aplikasi yang memudahkan  kerja  dan menjadikan aplikasi tersebut sarana terbaik dalam mendukung operasional  bisnisnya. Nah dengan  hadirnya Whatsapp Business API, rasanya pelaku bisnis mendapatkan satu solusi terbaik dalam berkomunikasi dengan customer dan mitra bisnisnya.  


Keunggulan yang diberikan oleh Whatsapp memang sudah lama kita rasakan. Sejak kemunculannya  hingga berkembang menjadi Whatsapp Business. Memang aplikasi komunikasi ini cukup banyak menarik minat  orang. Tidak saja  pelaku bisnis, para publik figur hingga masyarakat biasa, semua tertarik untuk menggunakan aplikasi  Whatsapp dalam kehidupan sehari-harinya.  

Menariknya sebuah aplikasi komunikasi seperti Whatsapp memang membuat sistem komunikasi berubah .  Perubahan yang terjadi memang cukup berpengaruh pada penghematan cost yang mesti di keluarkan dalam melakukan komunikasi. Dahulu mungkin orang berkomunikasi sudah pasti mesti mengeluarkan cost. Tetapi sejak adanya Whatsapp, kita bebas telephone tanpa takut akan habis  pulsa atau mahalnya cost untuk berbicara.  

Sebenarnya bukan soal cost operasional saja yang membuat Whatsapp saat ini menjadi pilihan  banyak orang. Hal lain yang membuat Whatsapp menarik dan jadi pilihan favorite, terutama Whatsapp Business API adalah karena adanya 3 model fitur yang istimewa.  Keistimewaan 3 fitur tersebut sudah di rasakan oleh pengguna Whatsapp Business API. Seperti yang di utarakan oleh para pengguna Whatsapp  Business API yang berasal dari para pelaku bisnis.  Dimana ketiga fitur itulah  yang membuat kualitas komunikasinya dengan customer atau mitra  bisnisnya menjadi lebih berkualitas.  


3 FITUR YANG MAMPU MENINGKATKAN KUALITAS KOMUNIKASI PELAKU BISNIS DI  INDONESIA  


Baca juga artikel berikut  : https://www.barantum.com/blog/integrasi-wa-business-api-media-sosial-strategi-jitu-optimalkan-closing/


Setidaknya dengan adanya ke-tiga fitur istimewa dari Whatsapp Business API inilah seorang pelaku bisnis menjadi lebih yakin dan mantap dalam berkomunikasi.  Bukan saja karena aplikasi ini sudah begitu diminati oleh banyak orang. Tetapi karena lawan bicara merasa puas dengan apa yang di sampaikan oleh pelaku bisnis tersebut.  

Karena,  timbal balik komunikasi atau feedback yang diberikan oleh sang pelaku bisnis di rasakan customer atau mitra bisnis benar-benar membuat  percakapan yang di lakukannya menjadi lebih berkualitas.  Ketiga fitur itu sendiri secara spesifik adalah sebagai berikut  :  

1.       Fitur Broadcast Messages Kenapa menarik, karena keunggulan fitur ini adalah pengguna akan dengan mudah melakukan share  info atau pesan langsung kepada banyak customer.  Dimana nantinya customer pun bisa secara bersama-sama memberikan respon  kepada pengguna. Ini adalah sebuah terobosan yang memang dicari pelaku bisnis. Selain akan mempermudah komunikasi, kondisi ini juga akan memberikan impact positif lainnya yang akan bisa di kembangkan dari hasil yang di capai.

2.       Fitur Chatbot Kenapa menarik, karena jika anda adalah seorang pelaku bisnis yang sibuk maka anda akan membutuhkan team customer service atau admin. Mereka bertugas membantu anda untuk menjawab atau merespon pesan dari customer. Maka dengan Whatsapp Busines API hal itu  tidak perlu anda lakukan.  Cukup dengan fitur Chatbot maka semua pesan yang masuk secara langsung dan cepat di balas.  Sehingga kerja anda akan semakin terprogram dan terkonsep karena adanya fitur tersebut.

3.       Fitur  Chat  Panel Kenapa menarik, karena biasanya kita dikantor  merasa sering kesal karena customer service / admin sebuah perusahaan lama dalam merespon telephone dari kita. Bahkan hingga cukup lama belum juga di respon. Tetapi dengan adanya fitur Chat Panel, anda tidak perlu lagi kesal,  karena fitur ini bisa secara otomatis menyambungkan telephone masuk ke admin atau customer service. Bukan hanya itu, secara  otomatis fitur ini juga bisa menggandakan lebih dari satu admin atau customer service untuk mempermudah pekerjaan.    


WHATSAPP CRM, INTEGRASI WHATSAPP BUSINESS API DENGAN BARANTUM CRM  

Keberadaan Whatsapp Business API  sudah begitu membantu pelaku bisnis.  Lantas bagaimana jadinya jika keberadaan  Whatsapp API di dukung dengan adanya Integrasi Whatsapp CRM.  Jelas kolaborasi ini akan semakin menyempurnakan sebuah strategi bisnis yang di gunakan  oleh pelaku bisnis.  

Kita tahu fungsi dari CRM adalah untuk mengoptimalkan database customer dalam rangka mempertahankan kinerja dan meningkatkan revenue bagi perusahaan.  Dimana concern awalnya memang untuk mendukung kerja team sales dan marketing.  Tetapi saat ini CRM  berkembang cukup pesat.   Kolaborasi Barantum dengan Manajemen Whatsapp dan menghasilkan Whatsapp Official Partner Indonesia. Adalah satu bukti bahwa Barantum  ingin memberikan kontribusi positif bagi pelaku bisnis yang ada di Indonesia .

Dengan dukungan Barantum CRM, maka  keberadaan Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing makin sempurna.  Karena selain dukungan fitur istimewa yang di miliki oleh Whatsapp Business API. Maka  Barantum CRM juga memiliki keunggulan yang secara pasti telah memberikan konstribusi positif bagi perkembangan dan  pengembangan fitur-fitur yang ada di  Barantum CRM. ·        

1. Adanya pengembangan produk yang bernama Whatsapp CRM.  Inilah salah satu terobosan dan komitmen Barantum dengan adanya kolaborasi bisnis dengan Manajemen  Whatsapp. Khususnya dalam memberikan layanan yang optimal kepada pelaku bisnis. ·        

2. Ada dua produk unggulan yang saat ini di berikan oleh Barantum yaitu Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing.  Inilah dua produk yang akan semakin mempermudah  pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitasnya. ·        

3. Adanya kolaborasi dua aplikasi bisnis CRM dan Whatsapp memang  sungguh menarik. Artinya semua fitur khusus yang ada dalam Whatsapp Business API akan di perkuat dengan sistem manajemen database customer  yang telah di sediakan oleh Barantum CRM. Ini akan menjadi sebuah sistem Database Customer yang terintegrasi di Era New Normal. ·        

4. Adanya kolaborasi Barantum dan Manajemen Whatsapp makin mempermudah kerja pelaku bisnis karena  tidak perlu menggunakan beragam jenis aplikasi. Cukup dengan Whatsapp Business API yang sudah terintegrasi dengan  Barantum CRM maka semua hal menjadi  lebih mudah, cepat dan sudah pasti terjamin kerahasiaannya. ·        

5.  Yang pasti bukan hanya aplikasi komunikasi Whatsapp saja, dengan keunggulan yang di berikan oleh Barantum. Maka saat ini aplikasi komunikasi seperti Youtube, Instagram, Telegram, Line, Email, Yahoo Messenger sudah bisa di integrasikan dalam satu dashboard. Itulah yang saat  ini terkenal dengan nama Omnichannel CRM.  

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank