author photo
Tech Writer iDevice
September 28, 2020

Cara Klaim Garansi Apple di Indonesia

Beberapa orang awam hanya tahu cara klaim garansi dengan menghubungi pihak AASP, dan celakanya mereka itu hanya tahu iBox. Yang perlu kalian ketahui adalah iBox adalah AASP, bukan Apple Store Resmi. Mereka hanyalah pihak ketiga dari Apple selaku Pihak penyedia barang. Dan yang perlu kalian ketahui juga, iBox adalah Premium Reseller di Indonesia. Tidak ada iBox Singapore / iBox Malaysia. Cukup geli mendengar ini dari orang yang meyakini dirinya Apple Fanboy.

Beberapa waktu ke belakang ini, saya selaku penulis sedang giat-giatnya mencari tahu. Bahkan sampai melakukan riset dengan mencoba mengklaim sendiri unit tersebut melalui orang-orang yang juga akan mencoba klaim garansi tersebut. Kami ambil sample ketika salah satu unit pembelian resmi dari Indonesia. Teman saya tersebut mengklaim unit tersebut ke iBox Kelapa gading dan ternyata ditolak karena tidak terindikasi ada Problem pada unitnya. Padahal, unit tersebut jelas-jelas ada problem.

Apa problem tersebut? Yang kami coba cek adalah adanya indikasi problem di Chip U2. Berikut kami sertakan gambarnya dari google.

Itu adalah sample dari chip U2. Chip U2 tersebut berkaitan dengan pengisian daya, perangkat device akan mengalami kesulitan ketika pengisian daya, yang kami dapat dari problem tersebut adalah, iPhone tidak dapat diisi daya sebelum iPhone mati dan akan berhenti di 80%.

Dan berikut hasil klaimnya. Kami sarankan untuk kalian mencoba menghubungi Apple Support terlebih dahulu. Dan untuk menghubungi Apple Support, akan ada 2 opsi. Berikut kami jabarkan.

Untuk sampai sini, kami menyarankan kalian terlebih dahulu menghubungi Link diatas, biasanya kalian akan diarahkan untuk mengirim data-data via Apple Support, dan biasanya kita akan mendapatkan link dan berbicara dengan Apple Support Singapore. Silakan pilih mau melakukan percapakan via Teks atau via telpon. Kami lebih menyarankan melakukan via Chat terlebih dahulu agar bisa dijabarkan secara detail dan terperinci. Sampai akhirnya kalian mendapatkan Nomor Case untuk diteruskan ke AASP (Apple Authorized Service Provider) di Indonesia dan akan diarahkan ke AASP terdekat.

  • Apple Support Indonesia (0800 102 7753)

Atau bisa menghubungi kesini juga. Ini adalah opsi terakhir by Phone dan kalian akan berbicara dengan Perwakilan Apple di Indonesia.

Setelah kalian mendapatkan nomor case tersebut, akan ada pemberitahuan seperti berikut setelah unit selesai.

Akan ada beberapa tahap untuk proses klaim garansi. VMI sendiri adalah akronim dari Visual Mechanical Inspection.

Jadi, tahapan singkat dari Proses klaim garansi adalah

  1. Hub. Apple Support
  2. Jelaskan problem
  3. Datangi AASP
  4. Proses setelah AASP, akan ada jeda maksimal 21 hari kerja.
  5. Pemberitahuan mengenai unit klaim selesai atau tidak.
  6. Penggantian Unit setelah tersedia atau dalam kasus diatas, dia mendapatkan unit pengganti dengan kapasitas diatasnya karena unit dengan space 256Gb tidak tersedia.

Jadi, setelah selesai silakan kalian menikmati unit baru tersebut.


discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Member