author photo
achmad soheh
January 31, 2021

Impelentasi CRM Tidak Harus berada di Kota -Kota Besar, Lokasi di Papua pun Bisa Implementasi CRM

Bicara soal bisnis, pasti kita akan bicara soal besarnya potensi bisnis yang bisa di kembangkan dari sebuah lokasi.  Dan ketika kita bicara lokasi, sudah pasti kota-kota besar yang ada di seluruh Indonesia adalah lokasi  yang memiliki potensi bisnis masing-masing. Tinggal masalahnya adalah bagaimana kita bisa menjangkau kota-kota tersebut  terlebih saat ini pada masa pandemi masih berlangsung.    

\Jika kita mau berkaca dengan kondisi yang ada saat ini, memang kondisi ekonomi makro kita sedang terpapar karena pandemi covid19. Tetapi jangan salah, sebelum pandemi berlangsung sejak tahun 2020.  Indonesia terlebih dahulu sudah masuk dalam fase Era Industri 4.0.

Dimana salah satu trigger yang bisa kita lihat dengan masuknya Indonesia dalam fase Era  Industri 4.0 adalah semakin tingginya penggunaan Teknologi Informasi (TI ) dalam implementasi bisnis di semua sektor industri yang ada di Indonesia.   Sehingga jika kita mau melihat sisi baiknya dari kondisi saat ini, bahwa ternyata TI bisa menjadi salah satu alternatif solusi terbaik  bagi para pelaku bisnis.

Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapat ketika  bisnis yang kita jalankan sudah mulai mengimplementasikan TI dalam sebuah aktivitasnya.   Minimal kita bisa melihat beberapa keuntungan yang bisa di dapat dengan implementasi TI dalam aktivitas bisnis :

(1) Kita bisa menghemat cost operasional, karena hal   itu bisa diantipasi dengan penggunaan aplikasi berbasis TI.

(2) Manajemen  tidak perlu bersusah payah mengontrol kinerja dari SDM nya, karena aplikasi bisnis yang ada telah mampu menjadi media kontrol  yang efektif dalam melihat kinerja dari  para SDMnya. Dan satu hal  terakhir yang bisa di dapat adalah

(3) Teknologi pada akhirnya bisa mengintegrasikan banyak sistem yang ada, sehingga maintenance bisnis bisa di lakukan dengan mudah dan sudah pasti aman.  


10 KOTA DI LUAR JABOTABEK  DENGAN BERAGAM POTENSI BISNISNYA DI INDONESIA  

Dari penjelasan diatas, pada akhirnya kita bisa melihat bagaimana sebuah bisnis bisa di jalankan dengan begitu mudahnya dengan bantuan aplikasi bisnis. Dan salah satunya adalah aplikasi bisnis bernama CRM ( Customer Relationship Management).  

Implimentasi dari penggunaan CRM itu sendiri memang cukup beragam. Salah satunya bisa coba kita jelaskan seperti kasus berikut ini.  Saat ini mungkin pelaku bisnis bingung, pada saat Ibukota  Jakarta kondisinya masih belum stabil. Padahal bisnis mesti berjalan, dan kesempatan itu justru ada di beberapa kota besar  di Indonesia.  Sebut saja misalnya ada Surabaya, Medan, Palembang, Bandung, Semarang,  Bali, Makasar, Pontianak, Batam,  

Kota Surabaya : Menjadi kota metropolitan terbesar dan terpadat kedua di Indonesia. Surabaya berhasil menarik minat banyak investor asing untuk berbisnis di sana. Beberapa sektor  yang menjadi unggulan adalah : sektor pertanian, sektor konstruksi, sektor ritel serta pabrikasi.   Itulah yang membuat  Surabaya pernah di anugerahi sebagai lokasi investasi utama di Indonesia.    

Kota Medan : Faktor kesiapan infrastruktur seperti bandara international serta pelabuhan memberikan Medan kota yang komplit. Belum lagi potensi wisata belanja di Medan adalah salah satu wisata belanja terbesar di Indonesia. Hingga kedekatan lokasi dengan Singapura makin menguatkan posisi Medan.  

Kota Bandung Sebagai kota Paris Pan Java,  Bandung memiliki daya tarik sebagai kota kreatif dan industri pendidikan. Selain itu dalam dunia teknologi, Bandung juga terkenal sebagai kota dengan koneksi internet sangat bagus dibanding kota lain yang ada di  Indonesia. Sehingga bandung bisa dimasukan dalam list kota yang menarik secara investasi.  

Kota Palembang Jika anda  tahu, kota dengan pendapatan per kapita terkaya saat ini itulah Palembang. Setelah sukses menyelenggarakan Asian Games, serta beberapa event besar lainnya. Memang Palembang banyak di lirik para investor.  Selain itu, Palembang juga menjadi salah satu poros koridor pembangunan ekonomi di Indonesia.  

Kota Semarang : Satu hal yang membedakan Semarang dengan kota lainnya adalah, Kota ini cukup potensial karena di kelilingi oleh banyak kawasan industri. Dan satu lagi yang cukup menarik dari Semarang adalah, bahwa kota ini cocok untuk industri perdagangan, logam, mesin, industri perhotelan dan kimia.  

Kota Bali ( Propinsi Bali) : Selain terkenal dengan  industri wisata dan perhotelan baik di lokal dan  internasional. Bali juga memiliki potensi bisnis yang lain, salah satunya adalah industri  HomeSpa, industri Kedai kopi dan rental kendaraan. Kenapa, karena kedua bisnis ini memperkuat posisi Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia.  

Kota Makassar : Keberadaannya sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota Makasar juga merupakan kota terbesar ke-4 di Indonesia. Dimana beberapa potensi bisnis lainnya adalah sebagai pusat pelayanan  di Kawasan Timur  Indonesia dan juga sebagai pusat perdagangan dan jasa selain tentunya pusat kegiatan  industri di KIT.  

Kota Batam Salah satu faktor penting dari menariknya  Batam adalah posisinya yang strategis dan dekat dengan Singapura. Menjadikan kota ini begitu menarik sebagai salah satu lokasi investasi di Indonesia. Terlebih dengan kondisinya yang sekitar 70% adalah kawasan industri di bidang elektronik. Maka Batam menjadi salah satu penghasil komponen elektronik terbesar di  Indonesia.  

Kota Pontianak : Inilah salah satu kota yang potensinya cukup menarik di wilayah Kalimantan. Selain itu dengan luasnya wilayah yang ada, wajar jika kota Pontianak bisa menjadi wilayah yang berpotensi untuk pengembangan minyak atsiri. Minyak yang cukup terkenal  tidak saja di dalam tetapi juga luar negeri. Itulah Pontianak, salah satu wilayah tujuan investasi yang ada di kalimantan.   

 

CRM, APLIKASI BISNIS YANG BISA MENDEKATKAN POTENSI BISNIS YANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA  

Besarnya potensi bisnis yang ada di luar Jabodetabek  memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Karena selain berhitung soal besarnya cost yang mesti di keluarkan ketika pelaku bisnis ingin mengembangkan bisnisnya di kota-kota tersebut. 

Faktor sulitnya melakukan kontrol menjadi pertimbangan lain ketika pelaku bisnis ingin menjadikan kota-kota tersebut tujuan pengembangan investasinya.   Bersyukur saat ini adalah aplikasi bisnis seperti CRM. Dengan beberapa keunggulan yang terdapat di dalam aplikasinya, tools ini mampu menjadi alternatif solusi bagi para pelaku bisnis yang  ingin mengembangkan bisnisnya di luar Jabodetabek.  

Ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat para pelaku bisnis, ketika aplikasi seperti CRM di implementasikan untuk menjadi alat atau tools penunjang operasional bisnis mereka :  

(1)  Pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan cost investasi yang cukup besar. Karena sistem kerja menggunakan CRM  bisa di jalankan dimanapun, termasuk di rumah sekalipun. Karena hanya berbekal HP atau Personal Computer.  

(2)  Pelaku bisnis tidak perlu melakukan kunjungan ke beberapa kota tersebut  hanya sekadar untuk melakukan kontrol. Karena aplikasi CRM sudah mampu menjadi media kontroling yang efektif bagi para pelaku bisnis.  

(3)  Serta yang pasti dengan adanya upgrading / update teknologi yang ada di  CRM seperti CRM Barantum, maka pelaku bisnis bisa di berikan kemudahan dalam melakukan komunikasi. Baik dengan team ataupun dengan calon customer dan customer.

Karena dalam CRM saat ini ada CRM Omnichannel, sehingga beberapa aplikasi media massa telah terintegrasi dalam aplikasi CRM tersebut.   Jadi untuk anda yang saat ini masih bingung menghadapi kondisi  yang ada. Dimana pandemi covid masih terus berlangsung.

Maka implementasi CRM dalam bisnis anda bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Karena dengan aplikasi CRM ini anda tidak perlu takut dimanapun lokasi kantor cabang atau distributor anda akan di tempatkan. Bahkan di kota Papua yang ada di Propinsi Papua sendiri, CRM Barantum sudah ada yang menggunakan untuk mempermudah aktivitas bisnis yang mereka lakukan.

discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank