author photo
achmad soheh
December 21, 2020

CRM, Kunci Utama guna Meningkatkan Performance Customer menjadi LOYAL CUSTOMER

Di Era  Industri 4.0, bisa di katakan teknologi  menjadi salah satu strategi yang paling menarik untuk di terapkan dalam sebuah bisnis. Dimana dengan kecanggihan dan keunggulan teknologi yang ada maka teknologi menjadi salah satu kunci  dalam menyukseskan peningkatan kinerja perusahaan.  


Terkait dengan optimalisasi pengelolaan club house, maka salah satu aplikasi teknologi yang sangat membantu adalah seperti aplikasi bisnis CRM. Biasa di sebut sebagai Customer Relationship Management ( CRM ). Aplikasi ini secara fungsi memang mampu menjadikan status customer menjadi loyal customer.  Kondisi itu bisa di ciptakan karena CRM memiliki keunggulan seperti : 1.       CRM dapat dengan mudah menyimpan semua data terkait customer / member clubhouse. 2.       CRM tidak saja menyimpan sekadar data customer, tetapi karakter, perilaku dan semua  hal yang berhubungan dengan customer mampu di simpan dengan  baik. Hal ini penting agar pengelola bisa memberikan “ perlakukan khusus untuk member di clubhouse yang bersangkutan”.  

Contoh sederhananya adalah : misalnya ada seorang member clubhouse pada hari itu sedang berulang tahun. Kemudian pada saat ybs ( yang bersangkutan ) check In di clubhouse tersebut, maka resepsionis atau customer service team memberikan bingkisan begitu ybs  masuk dalam clubhouse. Sekalipun kecil, namun perlakukan khusus tersebut akan sangat berharga bagi member yang bersangkutan.

Sehingga hal itu akan meningkatkan penghargaan dari ybs kepada club house tersebut. Dampak  panjangnya adalah ketika  petugas clubhouse minta sesuatu kepada ybs seperti perpanjangan member atau meminta  referensi untuk kenalannya, maka sudah pasti ybs akan dengan senang hati melayaninya.   Inilah satu contoh di samping  beberapa contoh lain  yang bisa di lakukan oleh pengelola clubhouse dengan menggunakan aplikasi CRM.

Seperti misalnya : memberikan bingkisan khusus karena di ketahui pada  tanggal tersebut member merayakan HUT Pernikahannya. Atau karena member tersebut seorang pelaku bisnis, maka setiap senin pagi pengelola mengirimkan newsletter atau surat kabar yang di butuhkannya. Ke semua hal itu hanya bisa di lakukan ketika pengelola mampu mengelola semua sumber data yang dimiliki member dengan menggunakan aplikasi CRM.  

Pada akhirnya tujuan utama dengan penggunaan CRM adalah untuk meningkatkan responsible customer, kinerja penjualan, serta peningkatan brand image yang dimiliki dari perusahaan yang bersangkutan. Itulah pentingnya CRM  untuk bisnis di bidang clubhouse dan sejenisnya.  

STRATEGI BISNIS MERAIH CUSTOMER DI ERA NEW NORMAL TAHUN 2021

Customer adalah salah satu aset bagi perusahaan. Dimana dalam kondisi seperti saat ini, customer menjadi satu hal yang mesti di perhatikan dan di jaga dengan baik, sehingga customer menjadi  LOYAL CUSTOMER. Itulah strategi yang mesti menjadi tujuan yang harus di capai perusahaan di tahun 2021. 

Kenapa, karena kita tahu kondisi tahun 2021 sudah pasti masih akan tetap sama dengan kondisi di tahun 2020. Sehingga satu hal yang mesti menjadi perhatian semua perusahaan di  tahun depan adalah : (1) Mempertahankan customer lama sehingga menjadi  Loyal Customer (2) Meningkatkan strategi agar bisa menambah  jumlah customer baru sesuai dengan target yang di  harapkan oleh perusahaan. Untuk tujuan itulah, kami dari   BARANTUM bekerja sama dengan ANDAF CORPORATION membuat satu  WEBINAR dengan Tema : STRATEGI BISNIS MERAIH CUSTOMER DI ERA  NEW NORMAL TAHUN 2021. ( Link Pendaftaran klik disini )


discuss-like Suka
icon bagikanBagikan
0 Komentar

Diskusi Populer

Top Mentor

Lihat mentor rank