Meta Dilaporkan Membuat 'Zuck Bucks', Apa Itu?

Farrel Yudhistira . April 07, 2022

Foto: Bloomberg


Teknologi.id - Zuck Bucks, yang tampaknya mengambil nama dari pendiri, ketua, dan CEO Meta Mark Zuckerberg, "tidak mungkin" menjadi cryptocurrency. Meta mungkin telah menyerah pada cryptocurrency Diem milik mereka, tetapi perusahaan milik Mark Zuckerberg itu masih mengeksplorasi produk keuangan, menurut laporan baru oleh Financial Times. Perusahaan induk Facebook dan Instagram itu dilaporkan memiliki beberapa masalah, termasuk mata uang virtual yang oleh beberapa karyawannya disebut "Zuck Bucks."


“Sebaliknya, Meta cenderung memperkenalkan token dalam aplikasi yang akan dikontrol secara terpusat oleh perusahaan, mirip dengan yang digunakan dalam aplikasi game seperti mata uang Robux di game anak-anak populer Roblox,” menurut Financial Times. Roblox telah membangun bisnis besar yang menjual Robux, dan Meta dapat mencoba meniru beberapa kesuksesan itu di platformnya sendiri.


Roblox telah ada sejak 2004, tetapi saat ini permainan tersebut hampir menggandakan pengguna hariannya selama sembilan bulan terakhir karena menyediakan ruang sosial tempat para pemainnya yang kebanyakan anak-anak dan remaja. 


Meta belum sepenuhnya menjauhkan diri dari produk blockchain, karena perusahaan juga mencari untuk memposting dan berbagi NFT di Facebook. Financial Times mengatakan bahwa perusahaan itu berencana untuk meluncurkan percontohan untuk melakukan hal itu pada pertengahan Mei, menurut sebuah memo, dan segera setelah itu, Meta akan menguji memungkinkan "keanggotaan grup Facebook berdasarkan kepemilikan NFT dan satu lagi untuk mencetak" NFT. FT sebelumnya melaporkan beberapa rencana NFT Meta untuk Facebook dan Instagram pada bulan Januari, dan Zuckerberg mengumumkan pada bulan Maret bahwa NFT akan datang ke Instagram.


NFT, atau "non fungible token", telah mendapatkan dukungan dengan platform web mapan lainnya dalam beberapa bulan terakhir. Twitter sedang mengerjakan cara untuk menampilkan item yang didukung blockchain tersebut, sementara Reddit meluncurkan koleksi avatar NFT-nya sendiri untuk pengguna.


BACA JUGA: Impian Semua Penggunanya, Kini Cuitan di Twitter Bisa Diedit Lho!


Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Meta akan menambahkan NFT ke Instagram. Meskipun dia tidak menjelaskan dengan tepat seperti apa bentuknya, dia mengatakan selama sesi di South By Southwest bahwa "selama beberapa bulan ke depan, kemampuan untuk membawa beberapa NFT anda, semoga seiring waktu dapat mencetak hal-hal di dalam lingkungannya."


Bagi Meta, menggaet NFT juga dapat membantunya memiliki pengaruh yang lebih besar dalam apa yang disebut perusahaan sebagai metaverse, konsep samar-samar dari dunia virtual yang saling berhubungan, mirip dengan janji alam semesta VR yang dilayangkan pada 1990-an dan sebelumnya. Hal itu berpotensi meningkatkan nilai dan pentingnya NFT sekaligus memusatkan kontrol atas aset.


Selain itu, Meta sedang menjajaki “token sosial” atau “token reputasi”, yang “dapat dikeluarkan sebagai hadiah untuk kontribusi yang berarti di grup Facebook, misalnya,” lapor FT. Meta juga tampaknya mencari layanan keuangan tradisional seperti pinjaman usaha kecil.


"Kami tidak memiliki pembaruan untuk dibagikan hari ini," kata juru bicara Meta Lauren Dickson dalam sebuah pernyataannya. “Kami akan terus mempertimbangkan inovasi produk baru untuk orang, bisnis, dan kreator. Sebagai perusahaan, kami fokus membangun metaverse dan itu mencakup seperti apa pembayaran dan layanan keuangan.”


Kita harus menunggu dan melihat bagaimana Zuck Bucks atau proyek lain yang dikabarkan berjalan dengan baik dan apakah mereka dapat membantu Meta mengatasi beberapa masalah baru-baru ini. Tetapi satu orang terkenal tampaknya menjadi penggemar berat rencana Facebook, yaitu mantan CEO Twitter Jack Dorsey.


(FY)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar