Manfaat Keamanan 2FA Lindungi Akun dan Transaksi Aset Kripto

Tekno Millenials . January 29, 2022
Manfaat penggunaan keamanan 2FA buat akun dan transaksi aset kripto
Ilustrasi manfaat penggunaan keamanan 2FA buat akun dan transaksi aset kripto.

Sejak adanya COVID-19, hampir semua kegiatan dialihkan ke ranah online atau daring, dan kini masyarakat mulai terbiasa dengan hal tersebut. Seiring dengan ramainya kegiatan online, ternyata meningkatkan aksi kejahatan siber, seperti aksi peretasan atau penipuan.

Untuk menangkal aksi kejahatan siber yang dapat merugikan pengguna, Tokocrypto punya strategi jitu untuk menghalangnya. Hal ini membuat platform ini punya tanggung jawab untuk menjaga keamanannya dengan ketat. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan teknologi keamanan berlapis, Two-Factor Authentication atau 2FA.

Pentingnya Pakai 2FA untuk Keamanan Bertransaksi

Penggunaan 2FA dalam bertransaksi merupakan sebuah hal penting yang harus Anda lakukan. Verfikasi ini akan dilakukan dengan menggunakan pesan singkat (SMS) atau menggunakan Google Authenticator.

Anjuran ini diberikan semata-mata untuk memberikan keamanan tambahan dalam menjaga kerahasiaan data pribadi dan menghindari adanya pihak ketiga yang berniat buruk pada aset dan akun kripto Anda.

Penggunaan 2FA untuk Melindungi Akun dan Aset Kripto.
Ilustrasi penggunaan 2FA untuk Melindungi Akun dan Aset Kripto.

Cara kerja dari fitur 2FA ini, yaitu fitur akan melakukan verifikasi identitas dengan mengirim pesan yang berisi kode OTP (One-time password) atau melakukan generate langsung dari Google Authenticator. Namun, jika ingin lebih aman Anda bisa melakukan verifikasi dengan kedua cara tersebut.

Berdasarkan beberapa informasi yang beredar, verfikasi melalui SMS ini masih kurang efektif untuk menghindari peretasan akun. Karena, para peretas atau hacker bisa saja menebak digit angka yang ada dalam SMS tersebut atau meretas SIM card Anda.

Berbeda halnya dengan verifikasi menggunakan Google Authenticator akan dianggap lebih aman dari ancaman peretasan. Hal ini dikarenakan Google Authenticator memiliki sistem yang disebut enkripsi, dimana kode yang telah di-generate aplikasi tidak akan bergantung pada jaringan pihak ketiga.

Baca Juga Tokocrypto Kampanyekan Edukasi Keamanan, Guna Jaga Data Pengguna

Tips Aman Bertransaksi di Tokocrypto

Berbicara tentang keamanan, rasanya tidak lengkap, jika belum memberikan tips. Karena, tips ini akan sangat berguna bagi para user Tokocrypto untuk menjaga akun dan aset kriptonya dari para hacker. Untuk itu, berikut beberapa tips agar Anda tetap aman bertransaksi di Tokocrypto.

1. Buat Kata Sandi atau Password yang Rumit

Ketika Anda membuat sebuah akun, tentunya akan diminta membuat username dan password. Sebaiknya Anda membuat password yang rumit agar tidak mudah ditebak.

Kata sandi yang rumit ini bisa merupakan gabungan dari huruf dan angka. Anda juga bisa menggunakan kombinasi antara huruf kapital dan huruf kecil agar kata sandi lebih kuat. Gunakan juga beberapa digit angka dan simbol di belakangnya.

Tips aman bertransaksi di Tokocrypto.
Ilustrasi tips aman bertransaksi di Tokocrypto.

2. Jangan Asal Klik Link atau Tautan

Jika ada orang asing yang tiba-tiba mengirimkan sebuah link yang tidak jelas, sebaiknya Anda jangan asal klik atau buka. Apalagi jika di dalamnya ada embel-embel terkait transaksi kripto dan meminta Anda menuliskan password akun kripto Anda. Sudah jelas sekali bahwa link tersebut merupakan Phishing, salah satu modus penipuan yang populer dan mudah mengelabui korbannya.

Link Phishing ini kerap kali digunakan para hacker untuk meretas berbagai akun dengan memancing pengguna untuk membuka link tersebut dan memasukan kata sandi dari akun yang akan diretas. Jadi, sebaiknya hindari link seperti ini.

3. Jangan Berikan Data Pribadi 

Data pribadi tentunya tidak boleh diberikan sembarangan, apalagi pada orang yang tidak dikenal karena dapat digunakan hacker untuk meretas akun kripto Anda. Jika hal ini terjadi, aset kripto Anda bisa dicuri habis-habisan oleh mereka.

Baca Juga Seperti Facebook dan Instagram, YouTube Disebut Akan Menerapkan NFT Ikut Twitter

4. Gunakan Fitur Google Authenticator

Penggunaan fitur Google Authenticator untuk mengamankan akun merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pengguna agar keamanan akun dan aset kripto bisa lebih terjaga. Akan lebih baik lagi, jika menggunakan 2FA ganda SMS dan Google Authenticator untuk keamanan transaksi kripto Anda.

Akun dan aset kripto merupakan barang berharga yang harus dijaga. Meskipun wujudnya tidak terlihat, namun nilainya dapat dipertaruhkan karena bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Untuk itu pastikan Anda menggunakan fitur 2FA untuk bertransaksi.

The post Manfaat Keamanan 2FA Lindungi Akun dan Transaksi Aset Kripto appeared first on Tokocrypto News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar