Berikut Ini 3 Manfaat Penerapan KYC dalam Dunia Kripto!

Tekno Millenials . April 01, 2022
ilustrasi kyc

Saat registrasi di suatu exchange kripto, pengguna harus melewati suatu tahap yang disebut KYC atau Know Your Customer. Tahap ini sebenarnya tak hanya dilakukan pada ranah kripto saja, melainkan juga di berbagai bidang bisnis. KYC adalah tahap yang sangat penting, sehingga menjadi pondasi bagi bisnis yang berurusan langsung dengan pelanggan, termasuk dalam dunia kripto. Memangnya, apa itu KYC dan mengapa hal ini penting? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut!

KYC, Prosedur Keamanan dalam Dunia Kripto 

Know Your Customer atau KYC adalah prosedur standar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan guna melindungi kemananan perusahaan sekaligus penggunanya. KYC dilakukan oleh perusahaan dengan cara mengenali lebih dalam mengenai pelanggan atau customer yang akan mendaftar di platformnya. 

Untuk melewati tahap ini, pengguna atau customer harus menyerahkan beberapa dokumen penting, mulai dari KTP, SIM, dan alamat rumah. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang meminta dokumen pendukung lainnya, seperti paspor dan dokumen terkait perpajakan. Semua dokumen ini diperlukan untuk menjamin keamanan, termasuk saat berinvestasi pada bursa.

KYC merupakan proses yang banyak digunakan oleh perusahaan investasi, demikian halnya dalam investasi kripto. Sebelum berselancar bebas di pasar kripto, pengguna harus melewati tahap KYC saat mendaftarkan diri di sebuah exchange kripto. Proses ini pada dasarnya dilakukan dengan tiga tahapan. Yuk, ketahui tahapannya berikut ini!

Baca Juga : Tips Dalam Proses KYC

Cara Kerja KYC

memahami cara kerja kyc

Identifikasi pengguna

Para pengguna yang mendaftar dalam sebuah platform investasi harus menyerahkan dokumen persyaratan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada tahap ini, perusahaan berusaha mengidentifikasi apakah pengguna merupakan orang yang sebenarnya atau fiktif belaka.

Verifikasi identitas

Kedua, setelah perusahaan menerima dokumen-dokumen persyaratan dari pengguna, proses selanjutnya adalah perusahaan menganalisis apakah pengguna tersebut dapat dipercaya dan potensial. Proses ini dilakukan dengan tujuan meminimalisir risiko perusahaan atas perbuatan-perbuatan ilegal yang dilakukan calon pengguna. 

Monitor berkelanjutan

Sesuai dengan namanya, proses ini dilakukan secara berlanjut untuk memantau kinerja pengguna, seperti seberapa aktif pengguna dalam menggunakan platform tersebut, apakah pengguna masih mempunyai tingkat risiko transaksi yang sama dengan pertama kali mendaftar, dan sebagainya. Tahap ini juga digunakan untuk melihat aktivitas yang dilakukan pengguna, apakah mematuhi atau justru melanggar aturan.

3 Manfaat Penerapan KYC dalam Dunia Kripto

manfaat dari menggunakan kyc

Seperti yang telah dijelaskan di atas, KYC bertujuan untuk melindungi pihak perusahaan maupun penggunanya, demikian halnya dalam dunia kripto. Sebelum memulai investasi kripto, data-data Anda akan terlebih dahulu diperiksa oleh pemilik platform sebelum akhirnya bisa bebas jual-beli aset di pasar kripto. Sehingga, terdapat beberapa manfaat yang akan diperoleh dari penerapan KYC dalam dunia kripto, yaitu:

Meningkatkan sistem keamanan

Manfaat pertama dari adanya KYC adalah dapat meningkatkan sistem keamanan saat Anda berinvestasi dalam platform exchange kripto. Meskipun transaksi kripto sudah dibekali dengan teknologi blockchain yang sangat rumit dan memiliki standar keamanan tinggi, KYC dapat menjadi sebuah prosedur standar untuk lebih meningkatkan kepercayaan satu sama lain, terutama antara pemilik platform dan penggunanya. Apabila sebuah platform menjamin keamanan transaksinya, pengguna pasti akan menaruh kepercayaan lebih.

Meminimalisasi terjadinya kejahatan

Proses KYC atau yang juga biasa disebut sebagai Know Your Customer juga bermanfaat untuk meminimalisir tindak kriminal yang mungkin bisa terjadi. Meskipun telah dibekali dengan sistem yang canggih seperti blockchain, KYC memiliki peran penting untuk menyeleksi di awal. Jadi, pemilik platform dapat terhindar dari identitas palsu yang mengarah pada tindak penipuan. 

Memudahkan proses pencatatan identitas dan transaksi

Terakhir, manfaat dari adanya proses KYC adalah memudahkan proses pencatatan identitas dan transaksi yang dilakukan oleh pengguna tersebut. Di zaman yang semakin maju, jejak digital merupakan hal yang sangat penting. Satu tindakan dapat berimbas pada tindakan-tindakan lain yang membuat pengguna mungkin tidak akan diverifikasi saat melakukan proses pendaftaran. Maka dari itu, penting untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan, termasuk dalam investasi kripto.

Jadi, itulah penjelasan mengenai KYC adalah proses yang seperti apa dan ternyata bisa membawa banyak manfaat bagi dunia kripto, baik untuk platform exchange dan juga para investor aset kripto. Untuk itu, pastikan Anda berinvestasi di Tokocrypto, ya, sebagai exchange yang sudah dilengkapi dengan proses KYC yang membuat sistem keamanannya pun meningkat. Yuk, segera selesaikan KYC Anda dan gabung juga dengan Komunitas Resmi Tokocrypto!

The post Berikut Ini 3 Manfaat Penerapan KYC dalam Dunia Kripto! appeared first on Tokocrypto News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar