Hubungan Game Play to Earn dengan NFT dan 5 Game yang Potensial

Tekno Millenials . February 26, 2022
play to earn untuk mendapatkan bitcoin

Setiap bulan, selalu ada game baru yang diluncurkan. Ada banyak sekali tipe game yang tidak hanya seru, tetapi juga digadang-gadang sebagai sumber penghasilan tambahan yang cukup menarik. Salah satunya adalah play to earn games yang mengadopsi Non-Fungible Token (NFT).

Apa itu Play to Earn Games?

Para gamers mungkin sudah mengenal model bisnis berupa free-to-play games di mana para pemain bisa bebas bermain dan mengakses konten secara gratis. Namun, kini ada juga yang dinamakan play to earn games. Lantas, apa rewards yang didapatkan oleh para pemain? Umumnya, rewards yang ditawarkan berupa uang. Tentunya menarik sekali jika Anda bisa dibayar untuk bermain, bukan?

Dalam praktiknya, mekanisme play to earn games tidak sesederhana itu. Sebagai pemain, aset Anda adalah akun permainan. Semakin tinggi level, maka akun Anda akan semakin berharga. Apalagi jika Anda berhasil memiliki aset lainnya seperti skin, pakaian, perlengkapan, dan aksesoris langka. Kemudian, Anda bisa menjual akun tersebut ke pemain lainnya dengan imbalan uang. Begitulah konsepnya. Beberapa game seperti World of Warcraft, DotA, CS:GO, dan Seal Online BOD mengadopsi model play to earn ini.  

Jadi, play earn games adalah permainan yang mengusung konsep di mana platform memberikan kesempatan kepada player untuk memperoleh serta mengumpulkan aset, dan juga item dalam dunia game yang nantinya aset tersebut bisa ditransfer ke dunia nyata menjadi bentuk uang atau alat tukar bernilai lainnya

Hubungan Play to Earn dengan NFT

Model play to earn games ternyata sangat cocok dengan NFT. Jika biasanya pemain mengumpulkan items seperti skin, heroes, dan aksesoris, play to earn games memungkinkan pemain untuk mengumpulkan in-game items yang juga merupakan NFT. Ya, in-game items ini bisa diperjualbelikan secara bebas sebagai NFT sehingga dapat menguntungkan pemain yang memilikinya. 

Salah satu keunikannya adalah in-game items tersebut cukup langka, sehingga nilai NFT pun punya potensi naik. Hal ini berbeda dengan in-game items pada model games lainnya yang sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan game developer. Ketika Anda mendapatkan atau membeli in-game items berbentuk NFT, maka Anda menjadi pemilik tunggal dari items tersebut.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 23 Februari 2022: Pasar Kripto Tertekan Buat BTC & ETH Lemah

5 Game P2E NFT yang potensial pada 2022

Tertarik untuk bermain play to earn games yang diadopsi NFT? Ada beberapa pilihan games yang bisa Anda nikmati, baik sebagai gamer pemula maupun yang sudah cukup piawai. Berikut ini bahasannya.

1. Axie Infinity

axie infinity game play to earn

Salah satu P2E NFT paling populer dibuat oleh Sky Mavis yang berbasis di Vietnam, dengan 2,7 juta pemain aktif setiap bulannya. Bahkan, banyak juga yang menjadikan game ini sebagai sumber passive income. 

Konsep permainannya mengingatkan kita kepada Pokemon, di mana Anda akan bertarung menggunakan Axies, makhluk imut yang juga merupakan NFT. Setiap Axie memiliki kekuatan dan kelemahan, serta rarity (kelangkaan) tersendiri. Harga satu Axie berkisar antara $60-$300.

2. The Sandbox

aplikasi game play to earn sandbox

The Sandbox dibuat dengan tujuan untuk menjadi versi blockchain dari game Roblox yang begitu terkenal. Game ini memiliki keunggulan berupa aset yang dibuat dalam format 3D voxels. Format tersebut dianggap sebagai aset game yang tergolong mudah untuk dibuat ulang oleh para non-profesional. Dengan begitu, tidak hanya pihak developer yang bisa membuat 3D items sebagai aset game sekaligus NFT, tetapi para pemain juga bisa ikut menciptakan NFT karya mereka sendiri. 

3. DeFi Kingdoms

tampilan game play to earn defi kingdoms
Source by DeFi Kingdoms

Game ini merupakan permainan civilization yang cukup familiar bagi sebagian besar gamers. Untuk bermain dan mengembangkan kerajaan Anda, maka diperlukan yang namanya JEWEL token, sebuah mata uang dalam game yang juga mata uang kripto. Bisa dikatakan, JEWEL token ini membayar semua hal dalam game DeFi Kingdoms, mulai dari karakter heroes, tanah, hingga pets.

4. Mines of Dalarnia

tampilan game play to earn mines of dalaria
Source by Mines of Dalarnia

Sesuai dengan namanya, pemain mengendalikan karakter yang pergi untuk menambang. Setidaknya ada empat area yang bisa dikunjungi, yakni Lava, Darkness, Ice, dan Terra. Tujuan menambang di area-area tersebut adalah untuk mendapatkan items seperti artefak, barang peninggalan, dan sumber daya yang berharga. Tentu saja, Anda perlu membuat atau membeli peralatan dan senjata karena nantinya Anda akan berhadapan dengan berbagai monster. Selain seru, Anda juga bisa melakukan jual-beli menggunakan DAR token dan koleksi NFT Mining Apes.

5. Alien Worlds

tampilan menu game play to earn alien worlds
Source by Alien Worlds

Dalam play to earn ini, Anda akan mengunjungi berbagai planet dan menjalankan sejumlah misi untuk menemukan NFT. Setiap NFT memiliki tingkat rarity yang berbeda, dimulai dari Abundant, Common, Rare, Epic, Legendary, dan Mythical. Uniknya, Alien Worlds dibuat dengan world building yang sangat detail, lengkap dengan sejarah dan legendanya. 

Baca juga: Mirip Animal Crossing, Begini Cara Main Game Alice Crypto

Itu dia beberapa pilihan play to earn games yang juga mengadopsi NFT sebagai mata uang dalam game. Sekarang, Anda pun bisa mengisi waktu luang dengan hiburan yang produktif. Anda juga dapat membuat dan memperjualbelikan NFT sendiri melalui TokoMall!

The post Hubungan Game Play to Earn dengan NFT dan 5 Game yang Potensial appeared first on Tokocrypto News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar