Harga Koin Kripto Terra LUNA Longsor Hampir 99% Dalam Sehari!

This is why the Terra (LUNA) price crashed by 94
Foto: Blaze Trends


Teknologi.id - Meski beberapa hari ini harga aset kripto rata-rata mengalami penurunan, namun hal sedikit berbeda dialami oleh Terra LUNA Coin (LUNA).

Tak hanya turun, harga aset kripto Terra LUNA bahkan bisa dikatakan longsor dan terjun bebas ke jurang terdalam.

Bagaimana tidak? Berdasarkan data coinmarketcap.com, hari ini Kamis (12/5) pukul 17.30 WIB, harga satu keping koin Terra LUNA menyentuh Rp 807, turun drastis 98,65% dalam kurun waktu 24 jam terakhir, 

Padahal Terra LUNA belum lama ini sempat mencapai harga tertingginya Rp 1,7 juta per koin pada awal April lalu. Itu berarti jika investor membeli 1 koin Terra LUNA sebulan lalu seharga Rp 1,7 juta, hari ini aset mereka hanya bernilai 807 perak saja.

Penurunan harga ke posisi terendah ini lebih mengejutkan karena dulunya Terra LUNA merupakan salah satu konstanta dalam daftar 6 besar kripto teratas di CoinMarketCap, bahkan hingga beberapa hari yang lalu.

Keadaan ini pun cukup mengkhawatirkan dan membuat panik pasar kripto dunia. Meski banyak yang memanfaatkan momen anjloknya harga Terra LUNA untuk meminangnya di harga bawah, namun banyak juga investor yang melakukan panic sell (penjualan panik) untuk meminimalisir kerugian.


Baca juga: Harga NFT Azuki Anjlok Hampir 50% Usai Founder-nya Lakukan Ini

Lantas, apa yang menyebabkan jatuhnya harga koin Terra LUNA secara gila-gilaan tersebut?

Penyebab anjloknya harga koin Terra LUNA ini terjadi setelah token saudaranya yang berjenis stablecoin yakni TerraUSD (UST) mengalami kejatuhan harga hingga menjauhi level psikologisnya di US$ 1.

Sebagai kripto stablecoin, UST seharusnya memiliki pergerakan harga yang lebih stabil ketimbang saudaranya yakni Terra LUNA yang tergolong sebagai kripto alternatif (altcoin). Namun nyatanya, UST tidak mampu mempertahankan gelar stablecoin tersebut.

UST sendiri adalah proyek stablecoin yang dikaitkan dengan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Token ini menawarkan penyimpanan nilai yang lebih baik untuk menghindari volatilitas mata uang kripto. Pengembangnya menawarkan target satu koin setara US$ 1.

Pada perdagangan Rabu kemarin, harga UST sempat anjlok ke 26 sen dolar AS. Bahkan pada hari ini saja, harganya makin bergerak tak karuan, di mana harga UST sempat menembus level 20 sen dolar AS.

Upaya terakhir

Menurut Do Kwon, pencipta koin Terra, beliau sudah melakukan upaya terakhir untuk meningkatkan harga Terra USD ke US$1 per koin sesuai dengan target awal dengan cara meningkatkan pencetakan Terra LUNA per harinya.

Usaha tersebut diharapkan dapat meningkatkan harga Terra USD dan Terra LUNA. Para investor mengharapkan adanya suntikan dana tambahan untuk mendukung proyek tersebut dan para pendukung Terra LUNA sedang berusaha untuk mengumpulkan lebih dari US$1 Miliar untuk menunjang keberlangsungan stablecoin.

Dikutip dari CNBC International pada Rabu (12/5), Do Kwon berkata, "Saya mengerti bahwa 72 jam terakhir sangat sulit bagi Anda semua. Ketahuilah bahwa saya bertekad untuk bekerja dengan Anda semua untuk mengatasi krisis ini, dan kami akan membangun jalan keluar dari ini," ujarnya.

Do Kwon: Terra Protocol Plans to be Largest Single Wallet Holder of Bitcoin  | Cryptoglobe
Do Kwon. Foto: cryptoglobe


Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur NFT Ethereum, Polygon, Solana, dan Flow

Di samping turunnya harga koin Terra LUNA dan Terra USD, nilai produk kripto lainnya juga disinyalir turun di pasaran. Dikutip dari CNN Indonesia, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai kenaikan suku bunga acuan The Fed sebesar 50 basis poin (bps) menjadi faktor utama harga aset kripto lainnya jatuh beberapa waktu terakhir.

"Faktor yang mempengaruhi harga kripto terutama bitcoin turun adalah kenaikan suku bunga di AS untuk menekan inflasi," ujar Ibrahim.

Kenaikan angka inflasi di Amerika Serikat membuat jatuh bebasnya sebagian besar mata uang digital. Bahkan tingkat inflasi sekarang mencapai 8,3 persen yang cukup membuat pemerintah Amerika ketar-ketir. 

Hingga berita ini dibuat, harga koin Terra LUNA masih terus mengalami penurunan bahkan sempat menyentuh angka Rp 734 per koinnya. Para investor pun dibuat uring-uringan dengan melontarkan "kata-kata mutiara" hingga menyebabkan Terra LUNA dan Do Kwon menjadi Trending Topic di media sosial Twitter.

(KSSA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar