Begini Cara Investasi Bitcoin dan Konversi ke Rupiah

Tekno Millenials . February 26, 2022
hasil konservi bitcon dalam bentuk rupiah
Ilustrasi tips investasi saat gajian.

Tak bisa dipungkiri, kini investasi kripto menjadi hal yang menarik perhatian banyak orang, baik investor lawas maupun orang awam yang baru berniat untuk bergabung di instrumen investasi ini. Bagi investor lawas, kegiatan jual-beli aset digital kripto tentu tidak lagi menjadi masalah. Namun, ada banyak orang awam yang belum mengetahui bagaimana cara investasi Bitcoin dan menguangkannya. Untuk tahu jawabannya, yuk, simak penjelasan berikut ini!

Bagaimana Cara Investasi Bitcoin?

Jika ingin bergabung dan mulai berinvestasi di dunia kripto, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Nah, inilah langkah-langkahnya:

1. Membuat akun di bursa Bitcoin

Pertama, untuk mulai berinvestasi dalam dunia kripto, Anda harus membuka akun di Bitcoin exchange atau yang disebut sebagai bursa Bitcoin. Platform tersebut menyediakan pertukaran mata uang flat di seluruh dunia dengan salah satu aset digital kripto, yaitu Bitcoin. Bursa Bitcoin bisa diakses melalui website atau melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Store.

Dalam proses membuat akun, Anda perlu melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer). Penerapan KYC ini merupakan standar yang perlu dilakukan oleh bank dan lembaga keuangan untuk mengurangi risiko penggunaan bank/lembaga keuangan untuk pendanaan tindak terorisme dan sebagai tempat pencucian uang.

Oleh karena itu, walaupun exchange yang ada kini beragam, pastikan Anda memilih exchange yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan menerapkan prinsip KYC. Salah satu exchange terpercaya yang bisa kamu pilih adalah Tokocrypto.

Baca juga: Cara Mendaftar Akun Baru di Tokocrypto

2. Melakukan deposit

Sebelum membeli Bitcoin Anda harus terlebih dahulu melakukan deposit di exchange tempat Anda membuat akun tadi. Caranya ada 2, pertama adalah dengan mentransfer mata uang flat Anda (di Indonesia menggunakan Rupiah) ke rekening yang telah ditentukan. Yang ke dua adalah dengan transfer dari wallet bitcoin Anda.  

Untuk transfer Rupiah, uang bisa ditransfer lewat berbagai cara, mulai dari transfer bank hingga e-wallet, seperti GoPay. Biasanya, harga terendah untuk melakukan deposit adalah Rp30.000 sampai Rp50.000. Namun, ada juga beberapa aplikasi yang memiliki standar lebih tinggi. 

Baca juga: Cara Melakukan Deposit di Tokocrypto

3. Memilih pair aset kripto

Langkah selanjutnya adalah memilih aset kripto yang akan di-trading-kan. Aset kripto yang paling umum dipilih adalah Bitcoin. Jadi, Anda harus melihat berapa harga Bitcoin dalam Rupiah. Dengan demikian, Anda tahu harus menyiapkan berapa banyak uang untuk memiliki satu Bitcoin saja, misalnya.

Baca juga: Cara Melakukan Trading di Tokocrypto

4. Saatnya transaksi beli dan jual

Selanjutnya, lakukan transaksi pembelian Bitcoin. Anda bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dibeli, nanti akan muncul berapa Rupiah yang dibutuhkan. Karena harga Bitcoin sangat mahal, Anda bisa memiliki Bitcoin mulai dari 0,00000001 BTC. 

Transaksi tersedia dalam dua pilihan, taker dan maker yang bergantung pada waktu pembeliannya. Taker adalah pilihan jika Anda ingin memproses transaksi secara langsung, sedangkan maker akan menunda transaksi sampai sesuai dengan harga yang diinginkan.

Bagaimana Cara Mengubah Bitcoin Menjadi Uang Tunai?

chart aset kripto

Lalu, apakah investasi aset kripto ini bisa diuangkan? Dan bagaimana kah caranya?

Yaps, kedua pertanyaan tersebut tak jarang ditanyakan oleh para calon investor. Sama seperti instrumen investasi lainnya, investasi kripto juga bisa diuangkan untuk kemudian dibelanjakan. 

Caranya, Anda bisa melakukan penjualan aset kripto melalui aplikasi exchange atau bursa Bitcoin yang sudah diunduh sebelumnya. Aplikasi tersebut pasti sudah terhubung dengan bank, sehingga hasil penjualan Bitcoin akan dikirimkan ke rekening Anda.

Pengiriman uang hasil penjualan Bitcoin akan memakan waktu sekitar 1×24 jam sebelum akhirnya bisa Anda tarik uangnya. Aplikasi exchange juga memiliki kebijakannya masing-masing terkait biaya yang diperlukan untuk penarikan uang hasil penjualan. Maka dari itu, Anda juga harus mempertimbangkan potongan biayanya.

Baca juga: Apa itu Bitcoin? Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Sebagai contoh Anda bisa melihat cara penarikan dana di Tokocrypto di bawah ini.

Selain opsi tersebut, Anda juga bisa melakukan penjualan Bitcoin ke investor lain yang mau membeli pada harga saat penjualan. Ketika mereka sudah setuju untuk membeli aset kripto Anda, maka Bitcoin yang Anda miliki akan dilepaskan ke akun mereka. Kemudian, Anda akan menerima transfer uang dari pembeli tersebut.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara investasi Bitcoin serta menguangkannya. Yuk, lakukan investasi, dan jual beli Bitcoin serta aset kripto lainnya dengan mudah dan aman hanya di Tokocrypto! Tak cuma itu, Anda juga bisa tahu kabar terbaru mengenai perkembangan aset kripto di TokoNews juga, lho! Segera selesaikan KYC Anda sekarang juga!

The post Begini Cara Investasi Bitcoin dan Konversi ke Rupiah appeared first on Tokocrypto News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar