Apa itu NFT Art dan 4 Faktor NFT Art Banyak Dibeli!

Tekno Millenials . March 31, 2022
illustrasi nft art

Saat ini, banyak beredar NFT dengan harga begitu tinggi hingga miliaran Rupiah. Meskipun mungkin terlihat non-affordable, nyatanya tetap saja ada pembelinya. Salah satu contohnya adalah fenomena Ghozali Everyday pada awal Januari 2022 lalu. Meskipun floor price-nya di awal rendah, setelah harganya menjulang masih banyak yang berburu NFT tersebut. Lalu, mengapa NFT art begitu populer hingga meraup nominal selangit? Simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Mengenai Apa Itu NFT Art

Jadi, NFT art adalah salah satu jenis NFT yang diperjualbelikan berupa suatu karya seni, bisa lukisan, seni visual, ilustrasi, hingga foto. Kegiatan jual-beli NFT tersebut dilakukan menggunakan aset kripto, misalnya Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH). Namun, berbeda dari benda atau aset lain, NFT memiliki nilai jual yang tidak sepadan.

NFT biasanya berupa aset digital yang mewakili dunia nyata, meliputi seni, musik, game item, dan lain-lain. Salah satu yang banyak diperjualbelikan adalah seni, yang lebih dikenal dengan NFT art.  

Baca juga: Apa Itu NFT Art? Yuk Kenali Istilah dan Manfaatnya

Selain Ghozali, seorang seniman digital bernama Pak berhasil menjual NFT yang dinamai “The Merge” seharga 91,8 juta Dolar AS atau sekitar Rp1,31 triliun! Berkat nilai jualnya tersebut, “The Merge” menduduki peringkat pertama NFT termahal yang pernah terjual sepanjang tahun 2021, mengalahkan “EVERYDAYS: The First 5000 Days” milik Beeple yang terjual seharga 69,3 juta dolar AS atau setara Rp991 miliar.

tampilan nifty gateway

Nah, nominal yang selangit bukan tanpa alasan. NFT hadir untuk membuat suatu kreasi digital menjadi karya yang orisinal dan diperjualbelikan secara terbatas. 

Sesuai hukum ekonomi, ketika suatu barang tergolong langka, maka permintaan akan naik, sehingga harga barang pun ikut naik. Hal ini memicu orang-orang untuk berambisi memiliki suatu karya seni yang benar-benar asli dari karya digital tersebut.

Ketika membeli sebuah kreasi digital berupa NFT, Anda tidak mendapatkan barang tersebut, melainkan sertifikat autentikasi bawaannya. 

Sertifikat autentikasi bernama “digital bragging rights” ini tercatat di blockchain sebagai bukti validasi kepemilikan, dan kolektor NFT menghargai sertifikat ini lebih dari barang itu sendiri. Itulah yang menjadi daya tarik sehingga menyebabkan banyak orang kini berbondong-bondong membeli NFT art.

4 Faktor Penyebab Suatu NFT Art Banyak Dibeli

illustrasi token nft

Jika dilihat dari histori transaksinya selama ini, berikut ini adalah empat faktor yang menyebabkan suatu NFT art banyak diburu dan dibeli oleh banyak orang.

1. Konten dan seniman di baliknya yang trustworthy

Alasan utama yang menjadikan NFT art kerap menarik hati banyak kolektornya adalah berkat konten NFT itu sendiri. Sebab, dengan NFT, para kreator bisa dengan bebas berkarya dan menemukan audiensnya masing-masing, tidak terpaku pada satu jenis aliran seni saja. Sesaat suatu NFT memiliki nilai keunikan tersendiri, maka akan banyak kolektor yang tertarik. Konten dari NFT art juga tidak terbatas hanya pada lukisan dan ilustrasi saja, tetapi juga bisa foto, kolase, dan lainnya.

Selain itu, seniman alias kreator yang berada di baliknya pun bisa menjadi faktor suatu NFT banyak dibeli. Seperti halnya yang terjadi pada pasar seni konvensional, di mana semakin dikenal luas seorang seniman, maka semakin tinggi pula value yang dimilikinya. Keberadaan seniman di baliknya itulah yang semakin membuat NFT tersebut trustworthy untuk dibeli. 

2. Jumlahnya hanya ada 1 di dunia 

Jika membahas di pasar seni konvensional, karya seni biasanya hanya ada satu yang asli dan lainnya merupakan salinan. Karya asli dapat diidentifikasi berdasarkan data reproduksinya, sedangkan karya salinan banyak digandakan dan diperjualbelikan dengan bebas. Hal ini menyebabkan harga barang dari karya yang asli justru menurun, karena orang bisa mendapatkan karya salinan yang persis sama dengan harga yang jauh lebih murah.

Sementara itu, NFT art menghadirkan karya dalam bentuk digital, sehingga wujudnya berupa file data. Dengan wujud tersebut, justru proses penggandaan akan jauh lebih mudah. Lalu, apa yang membuat NFT berbeda dengan karya seni konvensional? 

Disini diterapkan fungsi kepemilikan yang terletak pada sertifikat autentikasi bawaannya, bukan pada karyanya. Dengan ‘hak milik’ yang jelas validitasnya inilah orang akan cenderung berambisi untuk memilikinya, tidak peduli banyak orang yang kemudian menduplikasinya karena tetap ia lah sang pemilik asli dari karya seni tersebut. 

Selain itu, tiap NFT yang diterbitkan pun hanya terdapat 1 keping saja, alias tidak ada yang sama di dunia. Hal itu juga yang mendorong banyak orang untuk memilikinya.

3. Bersifat original dan transparan

Segala aktivitas transaksi dalam dunia digital memang rawan anonim, meski begitu semuanya tetap dapat terlacak karena sifatnya yang transparan. NFT art selalu dapat dijamin orisinalitasnya karena adanya transparansi tersebut. Seluruh aktivitas transaksi blockchain sepenuhnya tersedia untuk umum, sehingga para kolektor bisa melihat siapakah pemilik dari suatu NFT art saat ini beserta histori transaksinya. 

Meski begitu, tetap penting bagi para kolektor untuk melakukan riset terhadap proyek NFT, ya, sebab tidak sedikit pula para kreator yang melakukan aktivitas copy minting atau menggunakan karya seni orang lain yang sudah ada untuk dijadikan NFT.

4. Dapat dijadikan instrumen investasi 

Baru-baru ini, NFT telah memasuki luxury market dengan aktivitasnya yang semakin merambah ke produk-produk mewah mengutip Futurity. Hal ini pun ditandai dengan banyaknya brand mewah ternama yang terus ikut mengadopsi NFT, seperti Louis Vuitton, Givenchy, dan masih banyak lagi. 

Oleh sebab itu, kini, NFT sudah dianggap sebagai barang mewah yang ada di dunia digital, sehingga banyak orang yang memburunya. 

Berdasarkan hal ini, bagi orang-orang yang menggemari barang mewah, NFT dapat dijadikan sebagai instrumen investasi, karena NFT dianggap punya potensi untuk menjadi lebih besar lagi nilainya di masa depan, apalagi jika diterbitkan oleh seniman yang trustworthy dan konten yang unik dan menarik, berbeda dari aliran seni kebanyakan.
Sekarang, apakah Anda sudah tertarik untuk menjelajahi dunia NFT art? Yuk, mulai eksplorasi di TokoMall! Sebagai salah satu pionir marketplace NFT di Indonesia, Anda bisa membeli dan juga menjual NFT milik Anda, lho! Segera daftarkan diri Anda di TokoMall dan gabung komunitas NFT TokoMall di Telegram dan juga Discord!

The post Apa itu NFT Art dan 4 Faktor NFT Art Banyak Dibeli! appeared first on Tokocrypto News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar