Apa Itu Foto NFT? Bagaimana Cara Membuatnya Menjadi Lebih Menarik?

Tekno Millenials . March 31, 2022
camera sebagai pelopor tools foto nft

NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital yang dikembangkan dalam sistem blockchain. NFT bisa diperjualbelikan dan dianggap sebagai salah satu aset berharga, seperti halnya membeli emas batangan sebagai bentuk investasi.

Saat ini, NFT bisa berasal dari berbagai format, mulai dari video, animasi, GIF, hingga karya fotografi. Sebagai salah satu karya seni, foto NFT memiliki tips dan triknya sendiri untuk bisa melenggang di pasaran. Sebelum mengetahui tips menjual foto Anda, simak terlebih dahulu apa itu foto NFT.

Apa Itu Foto NFT?

contoh foto nft

Source: NFT Photography by Justin Aversano

Foto NFT adalah foto yang diperdagangkan dalam bentuk NFT sehingga memiliki sertifikat kepemilikan dan menjadi unik. Sama halnya dengan karya seni yang lain, fotografi juga memiliki tempat dan pasarnya sendiri dalam NFT. Jika dahulu banyak potret fisik diperdagangkan di berbagai tempat, kini saatnya foto NFT diperjualbelikan dalam platform digital yang lebih aman, sederhana, dan efisien melalui sistem operasi blockchain. Artinya, para kreator NFT bisa mendapatkan keuntungan atas karya yang dibuat tanpa perlu takut haknya dirampas oleh orang lain.

Kreator bisa menjual foto NFT secara bebas dari keseluruhan koleksi yang Anda miliki. Selain menjual, Anda juga bisa menggunakannya sebagai koleksi pribadi. Itu artinya, kreator berhak mengunggah karya foto ini ke akun media sosialnya sendiri. 

Lalu, apa format foto yang bisa diperjualbelikan dalam ekosistem NFT?

Jawabannya adalah bebas. Apa pun foto NFT yang dipilih, mulai dari karya foto landscape, portrait, human interest, dan berbagai format foto lainnya, seperti foto animasi dari kreator  MetaGaruda atau GIF, bisa Anda jual di ekosistem ini.

Baca juga: Inilah 4 Mural Artist yang Berhasil Menjual Karyanya Sebagai NFT

Tips untuk Menambah Daya Tarik Foto NFT

Setelah mengetahui apa itu foto NFT, sekarang saatnya untuk mengetahui tips menjualnya. Memperoleh karya fotografi yang baik itu tidak mudah, tetapi akan lebih sulit lagi jika harus menjualnya di ekosistem NFT yang ramai dengan kompetitor lainnya. Berikut adalah sederet tips yang bisa kreator gunakan:

1. Pilih foto yang memiliki keunikan

Tips pertama untuk bisa menjual foto NFT dengan maksimal di ekosistem ini adalah dengan memilih foto yang tak hanya baik secara kualitas, tapi juga unik. Foto yang dapat bersaing di ekosistem NFT adalah foto-foto yang memiliki nilai kelangkaan (rarity) atau keunikan. Semakin langka atau unik sebuah foto, semakin besar pula peluangnya untuk laris di pasaran.

2. Percantik foto menggunakan tools editing

illustrasi tools foto nft

Tips kedua yang bisa creator lakukan adalah dengan memoles foto NFT menggunakan berbagai tools editing. Mengedit foto bukan berarti memberikan sentuhan palsu dalam karya fotografi yang Anda hasilkan, tetapi lebih pada mengoptimalkan kualitas yang dihasilkan. Misalnya, Anda mengedit foto NFT untuk memperoleh HDR atau menaik-turunkan brightness dan kontras pada foto.

Saat ini, sudah banyak sekali tools editing foto yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks seperti Photoshop. Mengedit foto juga bisa membuat foto NFT Anda semakin unik dan memiliki nilai kelangkaan (rarity), sehingga akan lebih banyak dilirik di ekosistem NFT.

3. Terapkan mixed-media

Alih-alih menjual foto NFT yang biasa-biasa saja, Anda juga bisa menerapkan mixed-media, yakni menggabungkan dua foto dalam satu frame sekaligus. Misalnya, Anda ingin memperoleh hasil foto yang unik dan memiliki nilai rarity, maka Anda bisa menggabungkan foto digital dan foto analog dalam satu frame, sehingga foto ini cenderung tidak dimiliki oleh kreator lainnya.

4. Lakukan riset pasar

Tips yang keempat saat ingin menjual foto NFT adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebenarnya, tips ini tak hanya berlaku untuk ekosistem NFT, melainkan juga untuk semua jenis perdagangan. Riset pasar memungkinkan kreator untuk tahu peluang foto yang akan laris dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya untuk wallpaper laptop, presentasi, dan sebagainya.

Setelah mengetahui apa itu foto NFT, kini Anda tahu bagaimana fotografi memiliki pasarnya sendiri. Namun, untuk dapat berkompetisi dengan berbagai kreator lainnya di ekosistem NFT, ada beberapa tips khusus. Empat tips di atas adalah contoh yang bisa Anda terapkan saat ingin menjual karya fotografi dalam ekosistem NFT.

Para kreator bisa mendaftarkan dirinya sebagai Official Partner dan menjual foto NFT terbaik di TokoMall, begitu pula dengan para kolektor  yang ingin mengoleksi berbagai aset digital menarik. Sebelum benar-benar terjun dalam ekosistem NFT, pastikan Anda tahu bagaimana peluang dan risiko yang ditawarkan. Yuk, bergabung dengan komunitas resmi TokoMall di Telegram dan Discord untuk tau lebih banyak informasi mengenai dunia NFT!

The post Apa Itu Foto NFT? Bagaimana Cara Membuatnya Menjadi Lebih Menarik? appeared first on Tokocrypto News.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar